"ayah beneran ngga mau kesini? padahal nenek sama kakek pengen ketemu sama ayah mama juga loh..kasihan mereka"
"maaf ya sayang,ayah belum bisa.mungkin nanti ayah sama mama baru bisa susul kamu mepet dihari ayah jemput kamu"
"kok gitu? padahalkan jeno mau nya ayah sama mama tinggal sementara disini.jeno juga jadi males balik ke kota karena udah nyaman tinggal disini"
"haha,ayah ngerti jeno..tapi gimana sama kuliah kamu? katanya mau lanjut di unversitas yang kamu mau kan? terus kalo kamu tetep pengen tinggal disana kuliah kamu gimana dong?"
"jeno ngga terlalu pentingin itu yah,sekarang jeno udah mikir logis aja.kuliah bisa dimana aja asal masih bisa belajar.tapi kalo soal ayah dan mama yang ngga mau jemput jeno dan tinggal di desa gimana? jeno ngga mau maksa tapi kasihan nenek kakek.diem-diem begitu mereka juga kangen sama kalian"
"iya jeno,maaf ya?"
"ayah jangan terlalu sibuk ya?,kemarin jeno lihat kakek sedih tapi pas jeno tanya kenapa kakek ngga jawab dan malah bilang gini 'nanti kalo nanang udah gede jangan lupa sama orang tua ya? mau sesibuk apapun nanang urus keluarga dan pekerjaan nanang juga harus urus kedua orang tua selagi sempat' begitu yah.."
"a-ayah beneran ngga bisa kesini ya?"
"ayah..ayah bisa kok,tapi nanti ya?"
"kalo nanti kakek nenek udah ngga ada gimana?"
"hust! jangan ngomong gitu dong.."
"ya lagian ayah jahat sama kakek nenek! kasihan tahu kakek nenek.mereka suruh jeno kesini karena rindu sama cucu nya itu cuma pengalihan isu,sebenar nya kakek nenek juga kangen sama ayah"
"udahlah,ayah susah dikasih tahu.jeno bete! bye!"
tutt
"gitu banget ngomong sama ayah sendiri? kamu mau jadi anak durhaka?" tanya jessica.
ya,jessica sedari tadi memang mendengarkan obrolan antara anak dan ayah itu.rasanya sedih juga jika harus menyutujui ucapan anak berusia 18 tahun itu.kakak nya memang jarang pulang setelah menikah dan bekerja di kota.sekarang jessica sudah seperti menjadi anak tunggal setelah ditinggal kakak nya pergi ke kota besar.semua serba jessica yang urus bahkan kedua orang tua nya.ayah jeno hanya mengirim uang untuk membantu kebutuhan keluarga mereka tapi rasanya masih belum cukup jika belum bisa merasakan kehangatan yang seperti dulu lagi.
"kan ayah yang ajarin" jessica tertawa.
"tapikan ngga bagus dicontoh,nanti kalo ayah kamu sakit hati gimana?"
"ngga papa,sekali-kali hehe"
jessica terdiam,tidak mengelak jika ia melihat ada air mata yang menumpuk dipelepuk mata jeno.
"jeno sayang ayah,ngga?" jeno mengangguk.
"sayang,sayang banget malah.tapi kadang jeno sebel sama ayah tan,tiap jeno ajak main atau pergi jalan-jalan keluar ayah selalu bilang 'ngga bisa' . apalagi mama,mama sibuk ngajar itupun kalo udah pulang mama masih harus lanjut belajar. andai aja tante mau tinggal di kota bareng jeno pasti jeno ngga akan kesepian"
"loh? emang jeno ngga punya temen?" jeno menggeleng.
"jeno ngga mau punya temen,temen-temen jeno disekolah selalu ceritain keluarga nya yang tiap hari kumpul-kumpul terus weekend nya pergi jalan-jalan ke mall atau ngga kebun binatang.jeno ngga mau sakit hati kalo denger mereka cerita kayak gitu,tan"
"aduh..ponakan tante yang gemoy ini kasihan banget ya?" jessica memeluk tubuh jeno dan jeno langsung membalas pelukan jessica kencang.
"enakan jadi tante,tiap hari selalu ketemu nenek kakek.ngga pernah ditinggal jauh dan selalu ditemanin main sampe sekarang"