14🦸🏻ketenangan

3 0 0
                                    

"sejauh mana pun kamu lari, masalah tetap ada di depan mu, tapi ingat dimana pun kamu berada, di mana pun kamu pergi, tetap ingat bahwa kamu masih punya tuhan. Kamu boleh nangis boleh teriak boleh juga kamu ngeluh tapi jangan sekali kamu membuat orang lain bahkan diri kamu sendiri rugi dengan apa yang sudah kamu lakukan" ujar hati ku.

"Dikit lagi, melangkah lagi, dikit lagi, sebentar lagi sampai pada titik yang kamu inginkan. Kamu mau kan jadi wanita punya karir, punya perusahaan,punya usaha banyak cabang, pengen keliling Indonesia kan. Kalau kamu mau itu ayoo lari yang lebih cepat tapi hati hati tidak semua jalan itu halus mulus seperti ucapan mantan. Semua pasti ada lubang lubang dan kamu jangan sampai masuk ke lubang itu" ujar pikiran ku.

"Sampai mana kamu mau berlari? Jangan berlari terlalu cepat nanti kmu jatuh. Aku capee ayo istirahat dulu aku ingin istirahat sebentar, dunia terlalu cepat berjalan hingga aku cape mengejar. Pelan pelan pasti kamu bisa, kamu bisa meraih apa yang kamu mau tapi jangan lupa sama kewajiban kamu" ujar kaki ku.

"Aku mau kamu bawa kemana? AYOOO muraja'ah ingat perjuangan kamu menghafalkan diri ku. Masa iya kamu biarin aku, semangat walaupun banyak orang yang tidak percaya dengan mu. Kamu pasti bisa mengingat aku lagi. Kasih niat belajar in syaa Allah kamu bisa" ujar hafalan yang udah aku tangisin.

"Ayo bangkit lagi, dulu kamu rajin,pintar, cerdas, kreatif, gak semalas ini. Dimana kamu yang dulu? Apa yang buat kamu berubah? Apa kamu tidak ada rasa kangen sama hidup mu dulu? Kenapa kamu berubah? Dimana semangat mu biar ku cari, aku muak di injak injak kayak gini. Ayo bangun sudah banyak manusia berubah karna dunia. Apa kamu masih ingin seperti ini terus? Apa kamu tidak cape selalu di banding bandingkan?" Ujar jiwa ku.

"Jadi anak jangan cengeng udah gede masih nangisan, nggak malu sama temannya. Apasih yang kamu tangisin, duduk diam nangis,mau tidur nangis,mau makan nangis,di suruh nangis,di bentak dikit nangis,marah sama orang pun kamu nangis. Itu semua masih menjadi misteri orang sekitar ku karena mereka tau aku menangis bukan alasan ku menangis" ujar tangisan ku.

Apapun kalimat itu berasal dari mana itu terus menghantui pikiran ku. Aku capeeee di kejar kejar terus, kapan aku bisa beristirahat sebentar untuk berhenti dari semuanya? Bukan aku tak bersyukur tapi aku cape. Tak ada kata selain cape dalam hidup ku.

Di depan mana sudah ada masa depan Setelah lulus sekolah antara kuliah dan kerja. Kata orang "kerja sambil kuliah aja" pada nyatanya tidak semua orang bisa melakukannya,tidak semua orang mampu menjalankan nya. Ucapan tak semudah di jelaskan, dilaksanakan, dikerjakan, dilakukan.

Semua orang bisa berkata apapun tapi mereka semua tidak bisa melakukan apapun. Takdir bisa kita ubah jika tuhan berkehendak,jangan pernah salahkan takdir dan juga jangan salah kan diri kamu sendiri. Sabar dan ikhlas, jangan lupa bersyukur di bawah kita masih ada yang lebih bawah dari kita, di atas kita masih ada yang lebih tinggi dari kita.

"Tak perlu merenungi semuanya, semua akan berjalan pada jalannya. Kamu tau kan kereta api lewat jalan rel kereta, pesawat terbang di langit, mobil jalan di tanah/aspal tapi tujuan mereka tetap satu yaitu maju"

Bagaikan perjalanan semua orang ingin menuju kesuksesan tetapi tidak semua orang menjalankan keinginannya dengan cara yang sama. Contohnya sebentar lagi lebaran para pemudik asal Gresik - Jawa timur menuju ke Jogja - Jawa tengah. Tetapi pemudik ini memiliki pilihan dan alasan masing masing ada yang mau naik pesawat alasannya biar cepat, ada juga yang naik kereta api alasannya karna orang ini sudah bisa berpergian dengan transportasi lain atau dia ingin mencoba hal baru, ada juga yang ingin naik mobil karna ingin berjalan santai layaknya liburan, ada juga yang naik sepeda motor alasannya karna hanya itu yang dia miliki. Berbeda beda bukan? Tapi tujuan mereka tetap sama begitulah dengan perjalanan manusia.

*****

Terimakasih buat yang udah mau mampir
jangan lupa
vote - komen - share ke teman-teman kalian.

Yang mau lanjutkan silakan penuhi komentar. Kasih pesan dong buat pembaca lainnya xixixi

See you next chapter

short story moyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang