*ੈ✩‧₊˚༺☆༻*ੈ✩‧₊˚
𝐊𝐚𝐥𝐢𝐦𝐚𝐭 𝐄𝐟𝐞𝐤𝐭𝐢𝐟
𝕹𝖆𝖛𝖎𝖌𝖆𝖙𝖎𝖔𝖓 𝖔𝖋 𝕰𝖋𝖋𝖊𝖈𝖙𝖎𝖛𝖊𝖓𝖊𝖘𝖘
꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷
Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan sesuai dengan apa yang ada di pikiran penulis atau pembicara kepada pembaca/pendengarnya.Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang mudah dipahami pembaca dengan tepat, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Kalimat ini sangat penting digunakan untuk menulis novel supaya pembaca tahu apa yang berusaha disampaikan si Penulis dalam novel yang ditulisnya.
Untuk mengetahuibagaimana dalam sebuah novel terdiri dari kalimat efektif, ada beberapaketentuan yang akan kita bahas, yaitu ciri-ciri dan syaratnya. Ciri-cirikalimat efektif adalah di bawah ini. Sebelum itu, mohon diingat kode [TE] untuk kalimat tidak efektifdan kode [E] untuk kalimat efektif.Oke? Mari kita bahas!
꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷꒦꒷
𝐂𝐢𝐫𝐢-𝐂𝐢𝐫𝐢 𝐊𝐚𝐥𝐢𝐦𝐚𝐭 𝐄𝐟𝐞𝐤𝐭𝐢𝐟
⋆.˚✮🎧✮˚.⋆
➤ 𝟏. 𝐊𝐞𝐬𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐒𝐭𝐫𝐮𝐤𝐭𝐮𝐫
Kesepadanan antara pikiran dan struktur bahasa yang digunakan, yang diperlihatkan dengan keutuhan gagasan atau ide. Kesepadanan ini dapat dicirikan oleh empat hal seperti di bawah ini.
a. Hadirnya subjek (S) dan predikat (P): suatu kalimat harus memiliki S dan P yang jelas. Ketidakjelasan dapat timbul karena adanya kata depan yang terletak di depan subjek.
Contoh:
[TE] Bagi seluruh siswa diharapkan berbaris di lapangan.
[E] Seluruh siswa harap berbaris di lapangan.
b. Tidak hadirnya subjek ganda: suatu klausa atau kalimat tunggal hanya boleh memiliki satu subjek. Jika ada lebih dari satu subjek, subjek yang lain harus dibuang.
Contoh:
[TE] Makanan itu kami dibuatkan oleh koki restoran ini.
[E] Makanan itu dibuatkan oleh koki restoran ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐊𝐞𝐥𝐚𝐬 𝐍𝐨𝐯𝐞𝐥 𝐂𝐚𝐦𝐩 𝐇𝐮𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐀𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐚𝐧 𝟐
General Fiction𝕮𝖆𝖒𝖕 𝕳𝖚𝖓𝖙𝖊𝖗: 𝓙𝓮𝓵𝓪𝓳𝓪𝓱𝓲 𝓓𝓾𝓷𝓲𝓪 𝓒𝓮𝓻𝓲𝓽𝓪 𝔂𝓪𝓷𝓰 𝓛𝓾𝓪𝓻 𝓑𝓲𝓪𝓼𝓪! Selamat datang di 𝕮𝖆𝖒𝖕 𝕳𝖚𝖓𝖙𝖊𝖗--tempat di mana imajinasi kalian berlari bebas dan petualangan menanti di setiap sudut! Apakah kalian siap untuk...