Pagi yang cerah ini harus tergantikan dengan sumpah serapah Eshal.
"ASTAGA! Jadi lu kemaren bilang gitu ke Dewa? Aduh Gusti, hamba punya temen bodoh banget masalah ginian."
Alula yang dikatain bodoh oleh Eshal tidak terima.
"Lu yang nyarani gua buat jadi cegil alias cewek gila. Ya gua coba aja bilang kalau gua suka sama dia. Lagian dia gak suka sama gua tau," jelas Alula.
"Lu tau dari mana dia kagak suka sama lu?" tanya Eshal.
"Soalnya dia kagak jawab. Waktu gua ngomong gitu dia malah nawarin gua air putih."
Eshal semakin dibuat sakit kepala oleh Alula.
"Gini loh Alula, gua ngajarin lu buat jadi cegil tapi gak gitu caranya. Lu terlalu gas pol itu namanya. Yang ada ntar lu dirukiyah sama Dewa," ucap Eshal penuh kemarahan.
"Lagian lu jelasin gak sampai selesai yang gua mana tau cegil-cegil itu apaan."
Alula kesal dengan Eshal yang taunya hanya marah saja dengan dirinya.
"Gini deh langkah pertama yang harus lu buat adalah ngasih perhatian lebih ke Dewa," tuturnya.
"Emang selama ini kurang 'kah?"
Eshal tidak tau bagaimana cara lain memberitahu Alula.
"Hadeh.... intinya lu harus bisa dapetin perhatian penuh Sadewa," ucap Eshal penuh penekanan.
"Udah. Dia selalu perhatian sama gua. Gua juga yang selalu diutamakan sama Dewa. Semua saran lu gak bermutu tau, Shal. Pantes lu juga jomblo," cibir Alula.
Eshal menyerah, dia sudah tidak kuat menghadapi Alula.
Sementara di lain sisi Dimas dan juga Dewa sedang berbincang. Mereka memang tengah merencanakan sesuatu.
"Lu yakin Alula suka sama gua?" tanya Dewa memastikan.
"Kita gak bakalan tau kalau belum dicoba. Lumayan 'kan kalau seandainya lu sama Alula jadian, bisa aman hidup gua dan pastinya lu berhutang budi sama gua haha," ledek Dimas.
Dewa memandang geli ke arah Dimas. Bisa-bisanya Dimas memiliki pikiran aneh seperti ini.
"SADEWA ASWANGGA GUA SUKA SAMA LU, AYO PACARAN!"
Tiba-tiba sebuah suara keras keluar dari speaker sekolah. Itu suara Alula, baik Dimas maupun Dewa terperanjat kaget mendengarnya.
"Itu Alula?" tanya Dewa masih tidak percaya.
Bukannya menjawab, Dimas malah diam seribu bahasa. Dia juga sama halnya dengan Dewa, terkejut bukan main mendengar suara gadis itu.
"Gua emang minta Eshal buat nyarani Alula jadi cegil sih, tapi ini kayaknya kelebihan dosis sih," batin Dimas.
"Dimas, lu denger gua kagak?"
Dewa menggucang-guncangkan badan Dimas.
"Ah lu mah gak bisa diharapkan, gua pergi dulu jemput Alula."
Dewa segera berlari ke ruang informatika. Sungguh diluar nalar aksi Alula barusan. Bisa-bisanya dia menggunakan speaker sekolah untuk menyatakan cintanya.
Sesampainya Dewa di depan pintu ruang informatika. Di sana terlihat jelas Alula yang berada tepat di belakang mic dari balik pintu kaca itu.
Dengan wajah yang tidak berdosa Alula melambaikan tangannya ke Dewa.
"Cewek sinting, cewek sinting. Malu banget gua. Dia kesambet apa sih?"
Dewa hendak melangkahkan kakinya ke dalam ruangan itu, namun belum sempat ia menarik tuas pintu itu, suara Alula kembali terdengar.
"SADEWA ASWANGGA, LU MAU JADI PACAR GUA KAGAK? KALAU KAGAK BESOK GUA TANYA LAGI!"
Akibat ulah Alula sekarang ruangan itu sudah dipenuhi dengan lautan manusia. Beberapa dari mereka berbisik-bisik.
Dimas yang masih terengah-engah akibat berlari, menghampiri Dewa.
"Kenapa Alula, kesambet?"
Belum sempat Dewa menjawab pertanyaan Dimas. Eshal juga datang dengan nafas yang terengah-engah.
"Sumpah Dimas! Semua diluar prediksi. Gua kagak ngerti dengan cara berpikir temen lu. Sinting emang!"
Gerombolan dibubarkan oleh guru piket yang datang ke lokasi kejadian. Akibat ulahnya Alula dipanggil ke ruang kepala sekolah. Dewa yang merasa bertanggung jawab atas perbuatan Alula juga menyerahkan diri.
"Jadi apa tujuan kamu buat seperti itu, Alula?" tanya Bu Eni, kepala sekolah.
"Kata Eshal kalau cinta itu harus diungkapkan Bu. Nah masalahnya saya gak tau, saya itu cinta atau tidak sama Dewa, tapi Eshal maksa saya terus buat ngungkapin cinta ke Dewa," jelas Alula.
Sadewa sendiri menyesal mengikuti Alula. Sebaiknya ia membiarkan Alula masuk sendirian ke ruang kepala sekolah. Kalau sudah seperti ini taunya, lebih baik ia tidak menyerahkan diri.
"Lalu kenapa kamu harus menyiarkannya melalui mic di ruang informasi?"
Guru tersebut masih berusaha bersikap lembut menghadapi sikap Alula yang di luar nalar.
"Eshal bilang buat nyari Dewa. Saya sudah nyari ke sana ke mari juga gak ketemu Bu. Udah kayak Ayu Tingting saya Bu, kemana... kemana... kemana... ku harus mencari Dewa kemana ..."
"CUKUP!"
Bu Eni menggebrak meja. Dia sudah muak dengan jawaban Alula.
"Kamu bisa serius?"
Melihat nada suara Bu Eni yang sudah berubah membuat Alula diam seketika.
"Dijawab Alula bukan malah diam."
Alula melirik Dewa yang sedang menunduk sebelum ia akhirnya menjawab.
"Karena Dewa gak ada saya cari Bu, saya inisiatif buat manggil dia di ruang informasi Bu. Jadi gitu ceritanya Bu."
Bu Eni meminjat pangkal hidungnya yang terasa sangat tegang.
"Sudahlah Sadewa, silahkan bawa dia pergi dari ruangan ibu, ibu lelah mendengar celotehan dia."
Dewa pamit dan meraih tangan Alula untuk mengikutinya keluar.
"Lu kenapa kok bisa gitu? Jangan lu coba-coba lagi kaya gitu," nasehat Dewa.
"Ya habisnya gimana ya, gua terlalu penasaran sih. Jadi gak ada salahnya buat gua coba," ujar Alula jujur.
"Lu suka sama gua kagak? Kalau kagak sejam lagi gua tanya deh mana tau lu mendadak suka sama gua," tambahnya.
Dewa menggelengkan kepalanya.
"Gak usah aneh-aneh lu. Satu lagi, jangan dekat-dekat dengan Eshal dan Dimas, mereka mirip pasien rumah sakit jiwa yang kabur."
Dewa hendak melangkah pergi namun Alula membuka suaranya kembali.
"Kalau gua beneran suka sama lu gimana, Dewa?"
***
Kali ini giliran Dewa yang menyidang Dimas dan Eshal.
"Lu berdua apa-apaan sih? Lu bisa kagak jangan ganggu Alula. Biarin gua sama Alula jalani hidup kami kayak gini," ujar Dewa.
"Kenapa sih kalian harus gengsi kalau memang saling suka. Lagian gak ada hukuman buat orang yang saling jatuh cinta. Jangan gengsi doang dibesarin," jawab Eshal.
Dewa yang mendengar itu semakin menajamkan matanya ke arah Eshal.
"Tau apa lu sama perasaan gua ataupun Alula. Urus aja hidup lu sendiri."
Ucapan Dewa benar-benar sangat lepas kendali. Ia ingin meninggalkan bangku taman itu sampai suara Dimas mengintruksikan dia untuk duduk kembali.
"Udah gua bilang juga 'kan ke lu berdua, kalau misalnya lu emang ada rasa itu, ungkapkan. Jangan nanti menyesal di kemudian hari. Penyesalan selalu datang terlambat untuk orang-orang seperti kalian."
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Alula & Her Love Story (Published)
Teen FictionMotto Hidup Alula: apa itu secret admirer kalau gua bisa mencintai lu secara ugal-ugalan! Jatuh cinta dengan sahabat sendiri itu memang beresiko tinggi. Hanya dua hal yang akan terjadi, jika seandainya cinta mu diungkapkan. Pertama, kalian akan menj...