Satu lagi pesta perayaan kecil atas kemenangan Agensi Detektif Bersenjata.
Meskipun kecil-kecilan, mereka sama bahagianya seperti saat berpesta di kapal pesiar mewah pemberian Fitzgerald beberapa tahun lalu. Musik lembut mengalun dan semua orang bersulang atas kerja keras mereka yang tak kenal lelah.
Setelah meneguk habis segelas wishky, Dazai menghampiri hidangan kepiting yang dibumbui dengan saus mentega dan irisan lemon. Dia setengah bercanda merekomendasikan kepiting sebagai menu pesta, dan sekarang, tampaknya, makanan itu hanya diperuntukkan bagi Dazai seorang.
Tentu saja masih banyak makanan enak lain, tapi Dazai dengan senang hati menghabiskan kepitingnya sambil bersandar ke dinding terdekat.
Pesta itu meriah. Para anak remaja yang sekarang mulai beranjak dewasa berkumpul di satu sisi dan membicarakan misi mereka ke sebuah pulau pribadi, beberapa bulan lalu.
Misi itu berubah jadi tamasya karena ternyata, istri seorang pengusaha kaya yang penyewa jasa mereka, hanya sedang diserang kekhawatiran berlebihan akan adanya kelompok sekte misterius dalam pulau kecilnya (menurut Kunikida, wanita yang selera pakaiannya sangat bagus itu kebanyakan membaca cerita misteri).
Para detektif yang bertugas memastikan tidak ada apa pun di sana. Tuan rumah mereka yang baik hati merasa sangat berterima kasih, sehingga membiarkan mereka semua berlibur selama dua hari.
Dazai ingat dia mencoba menenggelamkan diri di laut, tapi tidak ada ombak besar hari itu---semuanya tenang dan menyenangkan.
"Yaah ... itu memang bukan hari yang cocok untuk bunuh diri spesialku." Dazai tersenyum sendiri, mengingat betapa panas matahari waktu itu. Agak menyiksa, tapi akhirnya dia berendam di laut nyaris setengah hari penuh dan bisa meminta apa saja yang diinginkannya, jadi dia tidak terlalu keberatan.
"Aku bersyukur Dazai-san tidak jadi menenggelamkan diri waktu itu," timpal Atsushi, memegang semangkuk chazuke yang dia buat sendiri dengan sepenuh hati.
Kenji menghabiskan seloyang kue; menyimak. Dia tidak ikut pergi ke sana karena harus menemani Yosano pergi belanja.
"Kamu memang anak baik, Atsushi-kun~!" Dazai menggoda juniornya itu, dengan main-main membelai kepala Atsushi---mengacak-acak rambutnya.
Perasaan Dazai jadi sedikit lebih ringan sepanjang tahun ini dan itu benar-benar membuatnya waswas. Namun, menggoda Atsushi adalah menggoda Atsushi. Entah sejak kapan dia menikmati reaksi si manusia harimau yang selalu menyenangkan.
Kyoka berdiri di dekat mereka, semakin mekar dengan kedewasaan. Dia dan Haruno sedang melihat-lihat pamflet dari toko manisan baru di blok sebelah.
Ranpo, dalang utama dari pesta kecil itu, makan puding sambil mendengarkan cerita Poe---yang sekali lagi dia paksa datang secara sepihak, dan tampaknya sudah terbiasa dengan keegoisan Ranpo. Karl ada di pangkuannya, tidur setelah diberi makan enak sampai kenyang.
Semuanya memancarkan cahaya lembut, samar-samar, seperti ilusi. Hangat dan nyaman. Sementara di luar matahari mulai turun ke garis cakrawala.
Puas makan kepiting, si pemboros perban melenggang ke meja hidangan untuk melihat apa lagi yang bisa dia santap. Biasanya Dazai tidak banyak makan, tapi sesekali mengisi perutnya sampai kenyang bukanlah ide yang buruk.
Dia juga ingin mengalihkan diri dari perasaan waswas itu. Tapi semuanya terlalu damai.
Yokohama memang sama seperti biasa, masih ada kejahatan dan kasus yang harus mereka tangani. Hanya saja ... entah kenapa ... rasa senang yang ringan dan melayang-layang ini membuat Dazai takut.
"Orang lemah takut pada kebahagiaan itu sendiri."¹
Di mana dia pernah mendengar kalimat itu?Akhirnya Dazai menerima ajakan minum dari Yosano, yang sudah agak mabuk dan sibuk memaksa Kunikida minum lebih banyak. Dia, dengan senang hati, masuk ke dalam 'sesi menjahili Kunikida' dan tertawa seolah itu berasal dari lubuk hatinya.
Dazai masih menganggap dirinya bukan orang baik. Namun, dia mulai menerima bahwa dirinya pun bagian dari Agensi Detektif Bersenjata, sama seperti Agensi Detektif Bersenjata menerima dia apa adanya. Sekarang mereka bahkan berkumpul seperti ini. Bersama. Rasanya seperti mimpi mengingat kejadian tiga tahun lalu yang hampir pasti menghancurkan Yokohama.
Sekarang semuanya kembali seperti biasa.
Agensi Detektif Bersenjata bangkit dengan dukungan dari banyak pihak. Adalah keajaiban bahwa mereka bisa kembali menjalankan bisnis hanya dalam waktu beberapa bulan---dilihat dari mana pun, itu benar-benar seperti akhir bahagia dari sebuah film.
Semuanya memancarkan cahaya lembut, samar-samar, seperti ilusi. Hangat dan nyaman. Sementara di luar, matahari sempurna tenggelam.
Dan kenyataan itu membuat Dazai semakin ketakutan.
_______
¹ kutipan dari novel No Longer Human karya RL Dazai Osamu
KAMU SEDANG MEMBACA
Delusional Reality [Bungou Stray Dogs!AU]
FanfictionDazai terbangun di atap gedung Agensi Detektif Bersenjata, dan Odasaku berdiri tepat di hadapannya; padahal dia yakin tidak punya indra keenam. Apakah ini yang disebut gila? . . . . . . . © Asagiri Kafka & Harukawa_35 Alur cerita sepenuhnya milik...