30

8.4K 674 22
                                    

Pukul dua pagi tadi, Aric di bawa kerumah sakit karena mengeluh kakinya sakit. Dia juga demam, sebagai reaksi bagaimana Aric berusaha sekuat tenaga menahan sakit itu. Gika agak terguncang, beberapa minggu belakangan Aric sangat rajin latihan berjalan dan menjalani pengobatan. Aric punya progres yang bagus. Bekas-bekas luka di sepanjang kakinya sudah mulai memudar, makanya Gika menangis hebat ketika Aric harus kembali masuk rumah sakit dan menahan sakitnya.

Gika menemaninya semalaman, ia duduk di kursi dengan posisi membaringkan kepalanya diatas lengan Aric. Itulah mengapa punggungnya seakan nyaris patah di pagi hari ketika ia bangun. Ada mama Salma yang masih menangis diluar meski dokter mengatakan Aric sudah tidak apa-apa. Ada mbak Alea yang menenangkan. Sayangnya, ayah Aric sedang berada di luar kota.

"Kalau begini terus, nanti pasti kamu capek." Aric mengucapkan itu ketika melihat Gika sedang memijat lengannya sendiri.

"Aku enggak capek, ini cuma kebas." Tidur dalam posisi membungkuk lumayan lama, Aric tau Gika pasti lelah. Dan semakin bertambah rasa bersalah dan kadar ketidakpercayaan dirinya. Ia hanya menyusahkan orang lain, hanya membuat orang-orang sekitarnya sedih.

"Mau sampai kapan kaya gini terus?" Aric sudah optimis dia sembuh, setidaknya sampai kemarin. Tapi ketika hari ini ia terbaring lagi dirumah sakit. Rasanya memang ia tidak di takdirkan sembuh.

"Sampai kamu sembuh, kamu dengar kan dokter bilang apa? Peningkatan kamu bagus mas, asal kamu gak nyerah. Jadi__

"Tapi kamu capek, kamu masih muda Gika. Seharusnya di umur kamu sekarang kamu bahagia. Bahkan mungkin seharusnya kamu udah punya anak sekarang, nikah sama saya..cuma menghambat kamu." Aric selalu begini, selalu mudah menyerah ketika dia tumbang. Susah untuknya bangkit ketika sudah jatuh satu kali.

"Kata siapa sih aku gak bahagia? Aku mau punya anak..tapi kalau tuhan gak kasih, ya aku harus kayak gimana? Marah? Menuntut? Atau bagaimana? Bagaimana aku nuntut itu kalau tuhan udah baik sama aku dengan mempertemukan kita?" Aric memalingkan wajahnya menatap langit-langit kamar ruang rawatnya.

Ya. Gika benar, Tuhan baik karena mempertemukannya dengan Gika. Tapi Aric akan bersedia melepaskan itu kalau hanya membuat Gika terhambat.

"Kamu cinta gak sih sama aku? Kamu tuh sebenarnya..cinta gak sih sama istri kamu?" Aric kembali menatap pada Gika. Pertanyaan apa barusan itu?

"Sangat Gika, tapi buat apa kalau saya cuma membebani kamu?" Gika menegakkan tubuhnya, jujur saja ia agak kesal mendengar jawaban Aric barusan.

"Aku enggak pernah menganggap kamu beban, kamu mau sampai kapan sih enggak ngerti kalau aku nerima kamu dan seluruh keadaan kamu?" Aric terdiam. Ia sangat sedih melihat Gika harus menemaninya disini berjam-jam dalam posisi duduk, mama dan kakaknya menangis karenanya, ia ingin mengakhiri itu. Tapi bagaimana caranya?

Meski benar, Aric merasa sakitnya bukan apa-apa ketika Gika memeluk dan mencium kepalanya sepanjang pengobatannya. Dia yang beruntung punya Gika, tapi Gika hanya akan kelelahan mengurusnya.

Karena merasa Aric tidak ingin membalas, Gika kembali melanjutkan.

"Aku enggak pernah mau nyerah, tapi sikap kamu ini rasanya selalu nyuruh aku buat nyerah." Lalu Gika beranjak dari duduknya, Aric juga tidak menahannya. Gika membiarkan mama Salma dan mbak Alea masuk. Ia menuju taman, duduk disana menjauh dari keramaian, menangis sendirian. Ia bukan menangis karena sedih, ia menangis karena kesal. Aric selalu pesimis tiap kali dia gagal. Padahal, gagal itu wajar. Tidak apa gagal, usaha bisa diulang lagi dari awal. Kenapa setiap gagal Aric selalu mengira dirinya ini lelah dan akan pergi? Kenapa dia seolah tidak lihat bahwa Gika tidak peduli pada apapun kondisi Aric, ia akan ada disana meski dia sakit ataupun sehat.

Kenapa sulit sekali membuat pria itu mengerti?

Gika merasa ponselnya yang ia letakkan di saku cardigannya bergetar. Satu pesan dari Aksara. Ia mengirim satu foto. Gika spontan tersenyum menatapnya, itu adalah foto tante Tika yang sudah sadar, beberapa alatnya sepertinya sudah bisa di lepas. Gika membalasnya dengan kalimat syukur dan akan menjenguknya lagi kapan-kapan.

Ia baru akan menyimpan ponselnya kembali ketika ternyata mbak Alea menelponnya. Ia mengatakan Aric mencarinya, dan Gika yang sudah mulai tenang memilih kembali.

"Aric nyuruh kita pulang, dia mau sama pak Arman aja katanya. Mama bingung kenapa anak itu keras kepala banget sih?" Salma merasa frustasi melihat bagaimana Aric keras kepala sekali meski sedang sakit. Ia menolak di temani selain oleh pak Arman.

"Yaudah, mungkin dia juga mau sendiri dulu ma." Alea mengusap bahu mamanya.

"Mama sama mbak pulang aja, aku mau disini." Ucap Gika, ia tidak ingin kemana pun. Lagi pula mana bisa ia istirahat kalau disini saja pikirannya penuh dengan Aric meski laki-laki itu berada di dekatnya?

"Gika..mama bingung mau berterimakasih gimana ke kamu" Gika memeluknya, memberi mama Salma pengertian bahwa; wajar jika ia harus tetap di samping Aric, karena meski pria itu menyebalkan, dia tetap suaminya.

Mama Salma dan mbak Alea pulang, namun Gika tetap berada di luar ruangan hingga siang hari. Ia baru masuk ketika suster mengantar makan siang untuk Aric. Masuknya Gika ke ruangan membuat Aric terkejut, ia sudah mengira Gika sudah dirumah dan mungkin sedang istirahat. Tapi tidak, Gika disini. Di depannya sedang meminta pak Arman untuk keluar dan makan siang.

"Kenapa enggak pulang?" Ucap Aric ketika Gika mendekat dengan makanan yang tadi diantar suster.

"Aku pulang kalo kamu pulang, aku disini kalau kamu disini." Gika menjawab sembari menata makan siang Aric. Mempersiapkan pria itu makan

"Ada Arman, kamu mending pulang aja. Gak papa" walau sebenarnya, Aric juga tidak ingin di tinggal. Tapi ia berusaha untuk tidak egois.

"Kalau aku pulang, aku enggak mau balik lagi ke kamu. Mau?" Gika masih berdiri, menatap Aric serius yang masih duduk diatas tempat tidurnya.

"Lakukan kalau itu bikin kamu bahagia, saya enggak akan menahan orang-orang untuk ikut terjebak dengan saya." Aric membalas sama seriusnya.

"Tapi katanya kamu cinta sama aku" ucap Gika, air matanya turun meski ia sudah menahan.

"Memang iya, tapi__

"Kalau gitu tahan dong! Gimana sih! Jadi cowok enggak peka banget!" Nada suara Gika agak meninggi, ia marah. Tapi juga gemas, gemas ingin menjambak rambut Aric yang mudah sekali goyah ini.

Gika mendekat padanya, ikut duduk dan memeluk pria itu. Dan Aric menerimanya, ia membiarkan Gika menangis membuat baju nya basah.

_____

Gika ikut naik keatas tempat tidur, karena semalam kurang tidur, ia menurut ketika Aric memintanya naik keatas kasur dan tidur bersamanya. Ia memeluk Aric erat meski kedua matanya tertutup rapat, nafasnya teratur. Dan Aric tidak akan bosan memandang wajahnya. Ia kecup berulang kali kening dan seluruh wajah Gika sebagai permintaan maaf karena sudah membuat Gika menangis bahkan memintanya menyerah. Tapi memang. Andai benar Gika ingin, Aric tidak akan keberatan apalagi menahan. Ia biarkan itu, bukan karena tidak cinta. Justru karena ia sangat mencintai Gika, maka ia akan biarkan ia bahagia meski tidak dengannya.

Ponsel Gika yang berada di dekat bantalnya bergetar, Aric mengambilnya berniat meletakkannya diatas nakas. Namun layarnya tidak sengaja ia lihat, ada notif disana yang membuat Aric penasaran. Kontak bernama Aksara mengirim sebuah pesan

Terimakasih Gika, mama katanya juga mau ketemu kamu lagi.

Itu isinya, dan Aric nyaris membanting ponsel Gika setelah membacanya dalam hati. Ia letakkan ponsel itu diatas nakas yang bisa ia jangkau. Sungguh sangat perlu ia menemui Aksara untuk mengatakan dengan tegas pada pria itu untuk tidak terlalu dekat dengan istrinya. Harus

Aric memeluk Gika, mencium puncak kepalanya sembari memejamkan mata, menetralisir kesalnya karena sebagai sesama pria, Aric tau Aksara itu tertarik pada istrinya. Ia tau itu

Tapi bagaimana jika ia biarkan itu. Biarkan Aksara membahagiakan Gika dengan layak? Supaya dia tidak perlu menghabiskan seluruh waktu berharganya untuk dirinya yang cacat? Aksara pasti bisa, membuat Gika jauh lebih bahagia.

BORN TO BE OVERLOVE Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang