• 26

625 172 15
                                    

Hari ini esha nganterin kafka pergi mengaji. Sengaja esha daftarin sebelum sekolah karena umur segitu mumpung masih gampang diajarinnya. Pikirannya belum terdistraksi sama yang lain-lain.

"adek masuk ya? mama tungguin disitu" esha nunjuk tempat duduk yang sudah diisi sama beberapa ibu-ibu yang juga nungguin anaknya.

"eum! mama tungguin adek ya?" kata kafka.

"iyaa, nanti tapi adek harus berani sendiri ya? abis mama antar mama pulang terus nanti pas adek pulang mama jemput" kafka mengangguk.

"aduh pinter banget anak mama" kata esha sambil elus kepalanya kafka.

Kemudian kafka lari masuk ke dalam kelasnya setelah lepas sandalnya. Esha terus jalan ke tempat yang biasanya dipakai buat nungguin anaknya sama para ibu-ibu.

"permisi ya bu" sapa esha sebelum duduk.

"oh iya silahkan, eh mbaknya baru ya? kok baru keliatan" kata ibu-ibu yang kayaknya umurnya tuh gak beda jauh sama esha, atau mungkin sepantaran sama suaminya?

"iya nih mbak, baru tiga hari anaknya di sini" jelas esha.

"oh begitu, kenalin saya yessica"

"saya esha, salam kenal ya mbak yessica"

"panggil mbak yessi aja ya esha"

"oke mbak"

Dan dari situ obrolan mereka semakin intens dan semakin seru. Esha baru tau kalau mbak yessi itu sepantaran sama reksa. Mbak yessi ini cuma di rumah aja ngurusin anak-anaknya. Btw anaknya mbak yessi udah tiga biji ya dengan anak sulungnya yang udah mau masuk SMP. Terus yang bungsu udah masuk tk.

Mereka cuma asik ngobrol berdua karena ibu-ibu yang lain udah bersama sirkelnya masing-masing. Dan mbak yessi ini tipikal orang yang gak mau berinteraksi sama orang ruwet kayak mereka. Biasalah, yang tiap kumpul selalu gibahin orang yang gak ikut kumpul. Mbak yessi malas menanggapi soalnya.

Gak terasa anak kelas pra udah keluar dan esha nahan gemes karena mereka semua kecil-kecil kayak butiran beras pas keluar dari kelasnya.

"mbak yes saya duluan ya, anak saya udah keluar soalnya"

"hati-hati ya esha"

"mari mbak"

Esha jalan mendekat dan senyumnya terbit saat liat kafka udah akrab sama temen sekelasnya dan lagi bercandaan pas berebutan ambil sendalnya masing-masing.

"mama!" kafka langsung lari dan meluk kaki esha.

"halo sayang, ayo pulang" kata esha.

"gak mau pulang~" rengek kafka sambil ndongak dan melukin pahanya esha erat-erat.

"emang adek mau kemana kalau gak pulang hm?" esha ngusap keningnya kafka.

"mau beli smoothie~" bujuk kafka sambil kedip kedip manja bikin esha ketawa.

"ya ampunnn~ iya kita beli, tapi gak boleh sering-sering ya? soalnya terlalu manis nanti gigi adek cepet bolongnya, adek mau giginya bolong terus ompong?"

Kafka gelengin kepalanya heboh "ndak mauuu!!"

"jadi abis minum smoothie langsung apa?"

"gosok gigi!"

"iya pinter, dah ayo katanya mau beli smoothie"

***

"yang, sini liat deh!"

"apaan dah?"

"udah sini buruan!"

Esha yang baru aja parkirin motornya udah dipanggil aja sama reksa yang lagi ngintip tetangga rese kayaknya. Ya soalnya reksa mepet tembok yang jadi pembatas rumah mereka sambil kepalanya gerak-gerak nyari view yang pas.

Alhasil Esha nurut aja sama pak suami dan ninggalin smoothie stroberi punya dia dan pisang punya kanaya teronggok digantungan motor.

Karena penasaran akhirnya Esha nyusulin reksa dan dengan bantuan reksa Esha berhasil ngintip walaupun pakai acara manjat tembok segala sih.

"kamu tuh gimana sih pi! kok bisa bisanya dipecat dari kantor! apa kata tetangga kalau kamu pengangguran! masa kita kalah dari petani kismin sama istri pembantunya itu! aku gak mau tau ya pokoknya kamu harus segera dapet kerjaan baru!"

Esha sama reksa saling pandang kemudian ketawa pelan. Reksa bantuin Esha lagi buat turun setelah tau duduk masalahnya.

"bisa bisanya abang kepikiran buat ngintip" kata Esha sambil bawa smoothie nya masuk.

Reksa terkekeh "ya abisnya mereka berantem kenceng banget suaranya, ya abang penasaran dong. Mana tadi sempet ada adegan kekerasan pas mereka lagi di teras"

"kekerasan apa?"

"ya itu lakinya kena pukul sama istrinya gara-gara pulang naik motor doang, soalnya mobilnya udah gak ada. Eh ternyata mobil yang selama ini dia pakai tuh ternyata mobil kantor dan ketika dipecat dia balik pakai motornya yang selama ini dia simpen di kantornya" jelas reksa.

"kasian juga ya bang lakinya punya bini darah tinggi gitu"

"iya kasian, mau abang kasih kerjaan tapi abang malah takut duluan. Takut disabotase"

Esha duduk di sofa ruang tengah kemudian nyedot smoothie stroberinya. Disusul reksa yang duduk di sebelah Esha yang agak terheran-heran.

"sejak kapan kamu doyan smoothie stroberi? biasanya juga beli yang mangga atau pisang?"

"eh? iya juga ya, tapi gak tau kenapa pas liat kok keliatan seger gitu jadi mau beli deh. Abang mau coba gak?" Esha yang awalnya kaget juga sama kayak reksa tapi ya Esha bodoamat karena cuaca lagi panas-panasnya.

"enggak deh, abang gak suka stroberi" kata reksa sebelum ngeraih remote tv buat nonton entah apaan yang seru.

"mama~ kakak lupa ngasih ini ke mama"

Tiba-tiba kanaya dateng sambil bawa selembar kertas yang isinya undangan buat wali murid agar datang ke acara sekolah yang mana acaranya tuh santunan anak yatim piatu dan doa bersama dalam rangka ulang tahun sekolahnya kanaya.

"ini nyumbang juga kan ya?" kanaya ngangguk ngangguk.

Esha dan reksa saling pandang "berapa bang?"

"kayak biasanya aja"

"oke"

Setelah itu Esha balik fokus ke kanaya "nanti uangnya biar mama yang bawa ya? atau boleh transfer ke rekening yayasannya?"

"kakak gak tau sih ma, tapi besok kakak tanya deh ke bu guru"

"yaudah besok tanyain ya..."

"okeeenggg~"



ʕ •ᴥ•ʔ

lama juga ya aku gak update disini🥲
btw aku kayaknya jatuh cinta lagi deh sama plot ini🥰

sabtu, 23/11/2024
09:04 p.m

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: 2 days ago ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

a new era of me • MH GSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang