Jimin.
Aku melangkah mundur dan menjauh dari pintu untuk mempersilakannya masuk lalu mengikutinya ke meja. Yeorin bangkit dari tempat duduknya saat wanita tua itu mendekat.
“Nyonya Han, ada apa? Apa yang Anda lakukan di sini dalam cuaca buruk ini?”
Aku menarik kursi untuk wanita tua itu dan membantunya duduk setelah melepaskan salah satu dari banyak lapisan pakaian yang tampaknya dikenakannya. Dia duduk dan menatap kami berdua setelah aku duduk.
“Kurasa sekarang kalian berdua bertanya-tanya apa yang terjadi.”
“Pernyataan yang meremehkan tahun ini.”
“Baiklah, aku di sini untuk menceritakan sebagian kepadamu dan kukira itu akan memberimu informasi yang lain.” Dia menunjuk amplop yang masih kupegang di tanganku.
Lalu melanjutkan cerita yang paling tidak masuk akal yang pernah kudengar.
“Kakekmu dan neneknya Yeorin saling mencintai sejak lama sekali. Mereka menjadi buah bibir di sekitar sini, sekitar enam puluh tahun yang lalu, menurutku sekarang. Semua orang mengira mereka akan menikah dan hidup bersama, tapi…” Dia menarik napas dalam-dalam dan bahunya terkulai.
“Kakekmu adalah pria yang keras. Dia tidak melihat anak-anaknya sebagai darah daging, melainkan komoditas. Mereka berdua berencana untuk bersama, dia sudah membelikan cincin untuknya. Lalu salah satu mitra bisnis kakekmu, atau pria yang ingin dia jadikan mitra, datang untuk akhir pekan dan membawa serta putrinya.”
“Tidak seorang pun tahu apa yang terjadi, tapi wanita muda itu hanya melihat sekilas kakekmu dan langsung jatuh cinta padanya. Kasihan Choi Taejun, dia berusaha keras untuk menyingkirkan wanita itu, tetapi tidak ada gunanya. Tidak peduli seberapa dia mengabaikannya sepanjang akhir pekan itu, wanita itu tetap menempel padanya seperti tanaman merambat.”
“Singkat cerita, untuk menutup kesepakatan dengan pria yang akan melakukan apa saja demi putrinya, dia memaksa kakekmu untuk memutuskan hubungan dengan Park Subin (nenek Yeorin) yang malang. Itu menghancurkan hatinya berkeping-keping, semua orang melihatnya.”
Di sini, Nyonya Han menarik napas dalam-dalam lagi saat raut kesedihan membayangi wajahnya.
“Bagaimanapun, itulah yang akan dibicarakan orang selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, sementara Subin-ssi yang malang mencoba melanjutkan hidupnya. Beberapa dari kita berpikir dia harus pindah, memulai hidup baru, tetapi dia hanya bersembunyi di dalam rumah ini. Di sinilah dia tumbuh bersama orang tuanya dan nenekmu, Yeorin.”
“Mereka menggelar pesta pernikahan besar di sini sekitar enam bulan kemudian dan Subin-ssi yang malang menghilang begitu saja dari pandangan, dia tidak pindah, tidak pernah meninggalkan rumah lagi padahal dia gadis yang cantik lahir dan batin.”
“Taejun-ssi sangat menderita, semua orang bisa melihatnya, dan keadaan seperti itu terus berlangsung selama berbulan-bulan. Saat itu perceraian tidak mungkin terjadi dan meskipun jelas bahwa Taejun-ssi tidak mencintai istrinya, tidak ada yang bisa dia lakukan untuk itu.”
“Subin-ssi mulai muncul lagi setelah sekitar satu tahun, dia melanjutkan sekolah dan memperoleh gelarnya lalu mulai bekerja di perpustakaan. Aku tidak tahu bagaimana dia melakukannya karena semua orang di kota selalu keluar masuk tempat itu.”
“Bagaimanapun, aku tidak tahu bagaimana nenekmu (Yang Seokun) mengetahui tentang hubungan cinta masa lalu Subin-ssi dan dia menjadi sangat jahat. Tidak ada yang tahu Seokun-ssi memiliki sifat itu, dia tampak seperti orang yang paling sopan, yang membuat semua orang merasa kasihan padanya, bahwa suaminya telah jatuh cinta dengan orang lain.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Nocturnal Love
Historia CortaDi kota kecil Daegok hal-hal aneh sedang terjadi. Dia datang kepadaku di malam hari. Ketika aku pindah ke kota kecil yang sepi untuk mewarisi rumah yang ditinggalkan oleh seorang bibi buyut yang sudah lama terlupakan, aku tidak pernah menyangka hid...