2

61 6 1
                                    

TEMPAT: HASTINAPURA SABHA


Saat semua orang di ruang sidang menoleh, saat itulah mereka melihat seorang gadis berusia sekitar 21 tahun melangkah masuk ke ruang sidang. Dia mengenakan sari hijau dengan pinggiran merah yang ditata ala prajurit. Wajahnya begitu memesona. Dia berjalan seperti ratu kerajaan. Hal yang unik dan mempesona adalah matanya yang hijau. Matanya memikat semua orang yang melihatnya. Dia adalah satu-satunya yang memiliki mata hijau di seluruh Aryavartha.


Karna, Suyodhana, Ashwatthama, dan Maharani Gandhari sangat gembira dan terkejut dengan kedatangannya yang lebih awal. Mahamahim dan Mahamantri memasang wajah netral tetapi mereka juga tersenyum melihatnya. Shakuni terkejut dan sedikit takut. Jika setelah Vasudev Krishna, maka hanya dia yang bisa menang melawannya dalam permainan kata-kata. Dia gugup bahwa rencananya akan gagal. Vasudev Krishna memiliki wajah bahagia dengan senyum khasnya.


Ketika Pandawa dan Draupadi melihatnya, Draupadi adalah orang pertama yang mengenalinya. Dia terkejut melihatnya setelah 15 tahun. Ketika Nakula melihat Draupadi berdiri seperti patung beku, dia bertanya, "Panchali, mengapa kamu berdiri seperti patung? Apakah kamu mengenalnya?" Saat itulah Pandawa lainnya menoleh ke arahnya. Drupadnandhini hanya mengucapkan satu kata yang mengguncang hati Pandawa, khususnya Arjuna."Saagnika"


Saat itulah Arjuna dengan saksama memperhatikan putrinya yang mereka tinggalkan 15 tahun lalu dan mengenalinya. 4 Pandawa lainnya juga mengenalinya. Dia telah tumbuh menjadi wanita cantik.


Saagnika alias Vasundhara berjalan di sabha dan dia pergi ke Karna, ayahnya, dan memeluknya. "Kapan kamu kembali dari misimu, Laila (putriku)?" tanya Karna. 

"Aku menyelesaikan tugas dua hari sebelumnya dan aku hanya berkeliaran di negara bagian, Papa." kata Saagnika. Ia menambahkan, "Aku seharusnya mengambil waktu 3 hari lagi, tetapi kupikir aku harus bersama kalian hari ini, terutama dengan Kaka-ku (paman pihak ayah), Suyo." 

Arjuna merasa sedih dan cemburu ketika Saagnika memanggil Karna dengan sebutan papa, bukan dirinya. Namun, ia tahu bahwa ia tidak dapat berbuat apa-apa. Pandawa lainnya juga merasakan hal yang sama seperti Arjuna ketika ia memanggil Suyodhana dengan sebutan Kaka. 

"Aku sangat senang melihatmu sekarang, Zaara-ku , dan aku sangat merindukanmu." Kata Suyodhana dan memeluknya. Ia membalas pelukan itu dan berkata, "Aku juga merindukanmu, Suyo." 

"Kurasa kau tidak merindukanku?" tanya Ashwatthama dengan nada pura-pura terluka. 

"Wah, Kaka Ashwa, aku tidak tahu kau telah menjadi secerdas ini dan memahamiku." kata Saagnika dengan wajah gembira. Duryodhana, Karna, dan beberapa orang yang mendengar ini tertawa. Ashwatthama pergi dan memeluk Saagnika. Ia membalas dengan gembira. Karna memperhatikan ekspresi Pandawa dan Draupadi. Dia menyuruh Saagnika untuk menyapa semua orang. 

Pertama-tama dia pergi menemui Maharaj Dhritirashtra dan meminta restunya. Dhritirashtra benar-benar bahagia dan memberkatinya. Ketika Saagnika hendak memeluk Gandhari, Maharani memelintir telinganya dan berkata, "Mengapa kau tidak memberitahuku sebelum pergi dan mengapa kau tidak makan dengan benar? Lihat betapa kurusnya kau sekarang. Itu sebabnya aku tidak ingin mengusirmu." 

"Aduh.. aduh.. Cantik, tolong tinggalkan telingaku, sakit sekali. Nanti, aku akan mengatakannya dan akan keluar." seru Saagnika. Akhirnya. Gandhari melepaskan telinganya dan memeluk serta mencium keningnya. 

Saagnika tersenyum dan dengan nakal berkata, "Aku benar-benar kasihan pada Maharaj. Aku tidak tahu bagaimana dia masih sehat bahkan setelah dipukuli olehmu." dan berlari pergi. Gandhari tersipu dan Dhritirashtra tertawa terbahak-bahak. Bahkan anggota istana juga tertawa dalam diam. Dia pergi menemui Par-Pitamah Bhishma dan menyapanya. Dia memberkatinya dengan sepenuh hati. Hal yang sama juga terjadi pada Pitamah Vidhur.

Akhirnya, ia pergi ke hadapan Vasudev Krishna sambil tersenyum dan menyapa, "Pranam Yashodanandhan. Apa kabar semua orang di Dwarka?". Jagatpita sangat gembira karena setelah sekian lama seseorang memanggilnya dengan nama kesayangannya. 


"Tetaplah diberkati. Semua orang baik-baik saja di Dwarka, Karnaatmaja." kata Krishna, menekankan kata terakhir sambil menatap Arjuna. Arjuna merasa sedih ketika Madhav-nya memanggil putrinya sebagai putri musuhnya.

Ia pergi menemui Yuddhistira dan menyapanya dengan wajah datar "Pranam Samrat Yuddhistira". Yuddhistira sedih ketika ia menyapanya dengan formal, tetapi ia tahu bahwa Yuddhistira adalah alasan permusuhannya. Ia menyapanya dengan senyuman kecil sambil melipat tangan. 


Ia pergi menemui Bhima dan menyapanya dengan wajah datar "Pranam Yuvraj Bhimasena". Bhima juga merasakan hal yang sama seperti saudaranya dan menyapanya dengan senyuman kecil sambil melipat tangan. 


Dia kemudian pergi ke Madreya dan menyapa mereka dengan wajah serius, "Pranam Rajkumar Nakula dan Rajkumar Sahadev (sadewa)". Mereka juga melakukan hal yang sama seperti kakak laki-laki mereka.


Kemudian dia pergi ke orang-orang yang paling menyakitinya. Wajahnya yang datar berubah menjadi ekspresi yang mengeras. Dia pergi ke ayah kandungnya, Narottam Arjuna yang ditemuinya setelah 15 tahun dan menyapanya "Pranam Senathipati (Panglima Tertinggi) Arjuna." Arjuna memiliki ekspresi kesakitan di wajahnya ketika putrinya sendiri menyambutnya seperti orang asing. 


Dia menenangkan diri dan mencoba menyentuh kepala putrinya untuk memberkatinya. Putrinya hanya menggerakkan kepalanya sedikit ke belakang untuk menghindari sentuhannya. Arjuna hancur secara mental oleh tindakannya.

 Dia berpikir "Apakah aku menyakiti putriku begitu banyak sehingga dia benci disentuh olehku." Tetapi ini bahkan tidak 1% yang dideritanya oleh mereka. Arjuna hanya memberkatinya dengan senyuman yang menyakitkan.

Kemudian dia pergi ke Draupadi yang menangis dalam diam. Dia menyapanya "Pranam Samragyi Draupadi". Agnisutaa memiliki ekspresi bersalah. Dia memberkatinya dengan senyuman dengan tangan terlipat karena dia tahu bahwa putrinya tidak akan suka disentuh olehnya.


 "Apa kabar?" tanya Draupadi.

 "Jika aku memiliki IBUKU VRUSHALI yang akan menjagaku, bagaimana mungkin aku tidak baik-baik saja, Samragyi." seru Vrushaliputri. Draupadi memahami posisinya dalam kehidupan putrinya bahwa dia hanyalah Samragyi baginya dan ibunya adalah Vrushali dalam kalimatnya.

Penguasa tiga dunia, Krishna melihat ini dengan senyum kecil yang menyedihkan. Dia berpikir, "Partha dan Sakhi, kalian berdua akan tahu tentang permata apa yang telah kalian hilangkan. Kalian berdua belum menyaksikan apa yang telah dia derita oleh kalian berdua. Aku tidak tahu apakah dia akan memaafkan kalian semua atau tidak?"


Bersambung.....

PUTRI YANG DIABAIKANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang