Alhamdulillah Salah!

1.7K 171 178
                                    

Part ini isinya nggak jauh2 dari SINDIRAN dan CURCOL penuh kebencian. Kalau nggak mau baca silakan skip atau pura2 nggak tahu!

Sebagai manusia, apalagi manusia yg alay... aku juga sering melakukan kesalahan dalam menulis. Istilah lainnya typo. Iya, itu typo salah ketik2 itu lho! Jadi aku sering banget bikin salah itu di bagian nama. Otakku mix sama nama, bingung. Aku siapa, siapa nama ibu bapakku, siapa nama kucing tetangga yg hamil, dan nama-nama lain. Bahkan nama mantan saja aku sering lupa! Soalnya gak penting, sih... Muehehehehe...

Oke, masalah typo ini rupanya cukup pelik! Aku cinta kalian yg dengan teliti dan teruji klinis mampu menemukan salah ketik nama ini di ceritaku. Terutama soal nama, kurang huruf, kurang angka, kurang ajar *eh?

Aku senang karena sesama manusia kan kudu saling mengingatkan. Tapi juga agak gak senang kalau ada yg komentar : Banyak typo, nih! Apaan, nih.. blablabla....

Aku jadi mikir betapa nistanya diriku. Setelah aku tanyain, ternyata typo nama. Aku coba cari, mirisnya... cuma sebiji. Sebiji nama akan membuat kesalahan fatal itu, Nyunyul!! Camkan itu!! Alurmu akan berantakan, lalu ceritamu akan dibinasakan karena nggak mendidik dan penuh dg typo!! Emaaaaakkk.... itu kan human error nggak disengajaaaaaa... *kayang

Kesempurnaan itu ilang!! Tahu, mak... kesempurnaan hanya milik Tuhan semata!

Typo sebiji tapi rutin di tiap chapter? Ngelawak, lu Ndro??? *nah!

Kalau dibilang nyolot, ini part khusus aku nyolot. Suatu hari.. di kala kita duduk di tepi pantat... *abaikan typo-nya!
Oke, jadi ceritaku banyak kesalahan ketik. Apalagi kisah yg Rnb Series tiga season itu (Who, When, Where) jauh banget dari yg namanya layak dikonsumsi manusia. Itu jenis kemunafikan dalam diri! Karena alur yg kesannya mainstrem, karakter yg alay, dan segala anu2nya yg gak bs dipikir dengan logika manusia!

AH LUPA! GAACHAN MAU BAHAS SOAL LOGIKA!

Dulu banget... sebut saja era "Sungkem Sama Masmu!". Aku nulis itu karena revisi juga. Ada akun bala2 yg komentar di cerita itu. Orangnya saya blokir, jd gak bakal bisa komentar ini kok! Komentarnya bikin diriku merangsang. Ah, typo lagi!! Meradang maksudnya. Awalnya aku yg udah alay dan nista ini senang ada komentar seperti itu. Aku mikir : Wah, kayaknya dia paham beutt soal nulis2an! mengingat komentarnya yg waktu itu "Kakak adek yg berantem kayak gitu nggak mungkin bs menimbulkan efek soft."

Aku pernah liat kakak-adek yg berantem mulu kayak eek *curcol* tapi ending2nya bobok bareng lagi, boncengan motor lagi! Apalagi nih kalo adeknya punya rasa terlarang! Iya, kan? Kan?

Lalu aku jawab gitu... panjang deh sampe dia bilang : Belajar lagi, ya! Logika fiksinya mana?

Aku mengernyit. Mikir. Lama. Sampe bertapa di gunung kembar. Tapi aku pulang sama bawa anak tuyul. *iki opose?

Aku kepo kan sama komentator cerdas ini. Aku cek profilnya. Edodoeeeee..... DIA NULIS AJA KAGAK!! Behahahahahaha....

Karena males ucapan larut yg panjang, akhirnya aku nyerah. Aku bilang : Iya, deh! Terserah kamu deh... aku yg salah!

Dipikir lagi soal berantem yg bisa nimbulin efek sweet, aku punya pertanyaan serupa :
1. Lu dipukul sama nyokap lu, lu benci kagak? Bales mukul kagak?
2. Lu gak percaya sama itu ada makhluk berantem tp efeknya soft, lu tau kagak kalo masokist itu juga gak jauh dr logika fiksi lu? Dan lu bilang : Belajar lagi kaidah kepenulisan, ya!
Ane udah muntah2 sama teori, cuy! Otak gua isi sampah!!! Sampah!! *kayang season dua
3. Lu sampe bikin masalah itu jd trending toic pas gua bilang : iya deh kamu bener, aku salah. Susah ngomong sama ginian.
Lu tersinggung, tp lu bawa2 karya gua sebagai korban? Derita apa lagi ini? Masalah lu itu subjektif, karya gua nggak ikutan! Malah seret2 orang laen? Itu namanya gak gentle! Lupa, lu apaan, yak?

Aku terbuka dg saran apapun, entah itu yg penuh taburan gula maupun taburan bon cabe. Tapi aku nggak suka aja kalau akhirnya itu topik jd trend di kalangan logika2 laen. Apalagi kalo udah ngomong, mulut ini nggak bisa berhenti. Ibaratnya nih, kalian nonton sepak bola. Lalu pas bang Messi nendang bola, gak masuk. Kalian teriak2 : Itu mana logikanya? Nendang itu kudu pake logikaaaa..!!
Eh, sorry salah komentar!
Misalnya kalian teriak : Dodol, itu tendang gampang gt gak bisaaaa!!!!

Sekarang, apa kalian bisa melakukannya? Jangan komentar ala bon cabe kalau belom bs melakukan hal itu. Mau jadi penyanyi? Nyanyi dlu, coy! Mau kritik penulis? Nulis dulu, coy!

Jadi karena tragedi itu aku mikir : Apa aku salah, ya? Harusnya aku menanggapi dg dewasa...

Tapi sekarang... nggak lagi! Aku udah tahu cara blokir orang, jd gak mau pusing2 lagi! Terimakasih!

Ah, soal lain lagi!!

Dulu ada anak di fesbuk yg pernah komentar panjang banget sampe bisa jadi novel baru. Komentar kalau katanya cerita itu 70% dialog, 30% deskripsi. Denger dia bilang gt, aku pengen kayang season tiga!

Itu teori darimana? Kalau dia cukup referensi baca novel, nggak ada aturan buat bikin persentase gituan, kan? Aku suka deskripsi panjang, aku juga suka dialog panjang. Tapi kalau dialog 70%, itu nulis skenario drama, yak? *kayang lagi season empat!

Aku yg waktu itu emosi, akhirnya kepoin akun komentator keren satu itu. Apa dia ada di wattpad juga? AKU TUNGGU KOMENTARMU DI SINI, bro!!

Usut punya usut, aku awalnya mikir : Keren nih anak udh bisa komentar ginian! Pinter juga sama teori persentase lu! Dagang dimana, yak?

Aku pun kepoin akun dia!

Aku pasti akan teriak jelek kalo dia nggak nulis. Ah, ternyata aku salah! Dia nulis juga!! Aku kan kaget, aku baca.... dan aku terjengkang!!

Keren!!!

Dialognya nggak ada 70%....

*ini suara jangkrik : krik krik krik

Aku kepo lagi, lalu baca lagi.... Aku bilang sama temenku : Abang, baca cerita ini... penulisnya bilang oneshootku yg judulnya LOVED BY SOMEONE itu dia beri nilai 70, bang!

Abangku ikut *kayang. Dia ngakak, guling2. Abangku netral, tp sebagai seorang pembaca yg juga doyan kritik... dia ngakak gaje.

Saat itu aku sadar : KITA KUDU SEDIA CERMIN DULU KALAU MAU KOMENTARIN MUKA ORANG!

Aku nggak mau menghina cerita "adek" penulis 70% itu, tapi aku cukup menghembuskan nafas dan kembali *kayang. Lagi2 aku yg salah...
Iya, ngerti kok... aku emang hina!

.........................................

Silakan, jadiin bagian ini trending topic lagi!!
Sekian.

Saya terbuka dg haters, commentator, hingga bullyers. Tapi saya nggak suka kalau ucapan mereka nggak ngotaks dulu. Ibaratnya nih pas minum teh nggak disaring dulu! Mau minum sama ampasnya??

Penulis baru...!!

Kalau ada yg hina kalian tp dia nggak nulis, cuekin aja deh! Yg kayak gt gak usah didengerin! Kalian keren, meski masih kurang sempurna tapi kalian mau usaha! Gak cuma omong doang!

Mbak Gaachan pembela kalian!

Semangat!!!

Ini penuh SINDIRAN. Tolong jangan kepo2, saya udah tutup masalah ini! Kecuali akun bala2 itu dg senang hati PM saya!

Saya ada BBM, LINE, WA, FB, HP, sampe IG.

Silakan terong... typo lagi, kan? TEROR! TEROR!

Maaf yg shock karena aku di bagian ini pedes banget! Tapi kalo kalian kenal diriku yg asli, nggak seganas ini kok! Marah2 aja diketawain sama murid sendiri... *nasib

"Buah Bibir Gaachan"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang