Arti Shabat Versi Nahwu - 8

7.6K 141 28
                                    

Jika sahabat itu bisa diartikan dalam ilmu Nahwu, maka hidupku ingin seperti "Nun Taukid" yang selalu memberikan kekuatan untuk orang lain. Bukan seperti "Mudhof ilaih" hanya bergantung pada orang lain, tapi seperti "qod" yang masuk pada "Fi'il Madli" selalu bersungguh-sungguh. Tidak boleh seperti "amil nawasikh" kerjanya cuma memutus dan merusak persahabatan orang lain. Jadilah seperti "huruf 'athof" yang bisa menyambungkan tali persaudaraan. Bisa juga seperti kalimat isim, persahabatan ini tak lekang oleh waktu. Atau seperti Mubtada Khobar aku akan selalu ada untuk kalian. Seperti Fi'il fa'il juga bisa, tak ada artinya diriku tanpa kehadiranmu wahai sahabatku...
Seperti Jar Majrur kemanapun kau pergi, aku akan selalu menemanimu sekalipun kau sedang berada dalam keterpurukan. Seperti Jawab Syarat, bila kau tak ada, apalah arti hidupku. Dan seperti isim yang mabni, apapun yang terjadi takan pernah merubah pendirianku untuk tetap bersahabat denganmu.

______________________

Dalam sebuah Nadzom alfiyah disebutkan :

وَهَلْ فَتَىً فِيْكُمْ فَمَا خِلٌّ لَنَا # ورجل من الكرام عندنا

Adakah seorang pemuda yang kau jadikan kekasih di sisimu? #
Kami tidak mempunyai seorang kekasih, tapi di sekitar kami ada banyak orang-orang yang mulia yang setia bersama kami (separuh awal bait ke-126).

. . .

Maksud dari bait nadzoman di atas adalah ketika kita ingin melamar seseorang, tanyakan dulu padanya apakah dia sudah mempunyai tambatan hati? Karena banyak sekali dari mereka yang memberikan harapan palsu. Awalnya dia memberi isyarat atau lampu hijau, tapi giliran kita ingin melamar atau menembak, justru mereka menolak kita dengan bahasa yang sangat halus "kami tidak mempunyai seorang kekasih, tapi di sekeliling kami ada banyak laki-laki yang mulia". Kalau kita fahami dari jawabannya dia menolak kita dengan bahasa yang sangat halus, bahkan menganggap banyak laki-laki lain yang lebih baik dari kita. Jadi Kesimpulannya adalah teliti dahulu mereka orang-orang yang menjadi target sasaran kita, barangkali sebenarnya dia hanya ingin memberikan harapan palsu pada kita, setelah kita jatuh hati padanya, ternyata dia meninggalkan kita dengan alasan masih banyak orang yang lebih baik dari kita.

. . .

Bisa juga kita kaitkan dengan persahabatan. Apalah arti seorang pacar? Jika masih ada seorang sahabat yang selalu setia menemanimu. Seorang sahabat jauh lebih baik dari seorang pacar. Tapi jangan sekali-kali kita bersahabat dengan orang lain lalu berujung dengan timbulnya perasaan suka dan sayang. Kau akan sakit hati dibuatnya. Lebih-lebih jika sahabatmu sudah melepas status lajangnya dan berpacaran dengan temanmu.

_______________________________________

Love is....?

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Dec 11, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Sang Pangeran nahwuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang