Teka teki Nahwu - 7

9.7K 158 12
                                    

Keunikan Nahwu disamping bisa dikaitkan dengan puisi cinta juga bisa dijadikan tebak-tebakan unik loh...

Berikut penjabarannya...

Jika ada kalimat seperti ini bagaimana ya cara membacanya? Dan artinya apa?

رجل رجل رجل رجل رجل

Kalu dilihat sepintas memang seperti tak bermakna dan tak berarti, tapi jika dipelajari dari sisi keilmuan Nahwu, itu sangat bernilai sastra sekali loh.

Apakah anda juga termasuk orang yang membaca "rojulun rojulun rojulun rojulun rojulun"? Jika iya berarti jawaban anda kurang tepat.

Jawaban yang betul adalah :

رَجَلَ رَجُل رِجْلَ رَجُلٍ رَجِل

َUntuk arti perkatanya adalah sebagai berikut :
رَجَلَ : mengikat
رَجُلٌ : seorang laki-laki
رِجْلَ رَجُلٍ : kaki seorang laki-laki
.رَجِلَ : yang sedang berjalan

Jadi arti yang sesungguhnya adalah
"Seorang laki-laki mengikat kaki laki-laki lainnya yang sedang berjalan".

______________________

Ada sebuah kalimat yang berbunyi:

أَنَّ مُحَمَّدٌ كَرِيْمٍ
Kenapa lafadz محمد dibaca dhommah ya? Padahal disitu sudah jelas kemasukan 'amil nawasikh ان yang beramal menashobkan isimnya dan merofa'kan khobarnya?
Dan kenapa lafadz كريم dibaca kasroh? Harusnya kan dibaca dhommah? Sebab lafadz كريم menjadi khobarnya ان?

Oke deh kalo bingung saya kasih tau jawabannya. . .

Lafadz ان dalam lafadz ان محمد كريم adalah fi'il madhi sob, yang artinya merintih, bukan 'amil nawasikh. Dan lafadz محمد menjadi fa'ilnya ان, makanya dibaca dhommah. Sedangkan lafadz كريم terdiri dari dua kata, yaitu ك (huruf jer), dan lafadz ريم yang artinya kijang. Jadi kalo kita artikan semuanya kurang lebih akan seperti ini "Muhammad merintih seperti kijang".

Oke lah sampai di situ dulu teka-teki Nahwunya ya, salam buat kalian yang mengerti tentang nahwu,,, dan terimakasih sudah membaca goresan pena yang tiada arti dari saya.

_______________________________________
ت

علموا اللغة العربية لانه لغة اهل الجنة في الجنة

"Belajarlah B.Arab, karena sesungguhnya B.Arab adalah bahasanya penduduk surga di dalam surga.

Hargai tulisannya, jangan asal copas ya, copas boleh2 aja, tapi tolong sertakan juga sumber referensinya.

Sang Pangeran nahwuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang