Setelah perjumpaan ku dengan arif di jalan tadi,hasilnya setengah ramtang abis di babat olehnya.Anak itu jika ada kemaunnya memang kadang menyusahkan walu dia memang teman yang baik yg membantu tanpa pamrih tapiii...di balik itusemua imbalannya dia kadang minta makan ke tempatku.
Akhirnya sampai sawah juga duh capeknya. Aku berjalan hati2 di jalan setapak pingiran sawah yg berkelok kelok seperti ular. Dari kejauhan aku melihat simbah ku lagi duduk istirahat dan berbincang2 bersama para pekerja lainnya di dalam gubuk di pingir sawah.
"Mbah dek razin es teko lo mbah!" suara bu sri.
"Eeh..tolek" simbahku
Sesampinya di sama aku langsung menyalami semua petani di dalam gubuk itu yang berjumlah 7 orang.
"Imi mbah makanya,tapi maaf mbah tingal setengah karna tadi di jalan aku makan sedikit". kata ku berbohong gara2 arif,mau jujur ngk berani karna ada bunya arif di sini.
"Emm...la pa kamu belom makan tadi sehabis pulang sekolah" kata simbah ku dengan lembut sambil mengelus punggungku.
"Belum mbah" kata ku tapi ini tidak bohong loo.... emng aku jarang makan sehabis pulang sekolah.
"Duh..duhh...padhal saya nak nyicipi lo kok malah dah di cicip sediri" canda bu sumiati yang membuat semua tertawa.
"Kata simbah kamu pinter masak ya zin" tanyabi sumi kepadaku.
"Ahh..endak buk biasa aja" kata ku yang agak malu2.
"Ejeh loo buu... masakane dek azin bener2 enak lo! Saya pernah nyicipin dikit ee...malah saya abisin" kata bu sri yg menambah rasa maluku.
"Woo..la koe ki jan tenan to bu,maem e simbah kok malah dik entek ke" tegor suaminya yang menambah riuh tawa di sini.
"Laa.. gimana lagi too pak wong enak kok" kata bu sri
"Hhh..tersuon ngeh bu pujiannya.. saya pamit dulu ya mbah.. pamit dulu ya buk pak" kata ku semalin berpamitan nak balik pulang dulu.
"O engeh2"kata merema kompakan
"Ati-ati yo le" kata simbah
"Engeh bah" kata ku
Aku pun berjaln balik meningalkan gubuk itu. Balum jauh aku berjaln tiba-tiba aku di pangil oleh seseorang.
"Razin..! Zin..,!!"
Aku pun berbalik menoleh ke arah sumber suara dan betapa terkejut melihat apa yg aku lihat!.