<¤¤¤>
"Ahahahahahahahahihihihihihihihihihuhuhuhuhuhuhuhuhehehehehehehehehohohohohohohoho!!!"Gak nggak tau kenapa gue nggak bisa berhenti ngetawain kejadian tadi sore. Ini lucu banget sumpah. Selama ini gue tau kalo mukanya Leito emang tampang-tampang gembel, tapi baru kali ini gue ngeliat muka tololnya yang cupu banget elah. Gue salut sama Opa yang bisa buat Leito bereaksi seperti itu.
"Mi, boleh nggak Leito nenggelemin Laila di air comberan? Berisik amat dari tadi. Nggak robek-robek tuh mulut?" Leito tiba-tiba berbicara setelah udah diam membisu sejak Opa pulang sejam tadi.
"Udah-udah, Ayahanda kan bilang semuanya terserah kamu aja. Lagipula, kamu dikasih waktu satu bulan buat mutusinnya kan? Itu berarti kamu bisa nolak, dong." Mami berusaha menenangkan Leito sambil menyiapkan makan malam buat gue dan Leito.
Gue yang tadinya tidur-tiduran di sofa, kini sudah berpindah ke kursi meja makan. Wah, ternyata selain makanan, gue juga bisa teleportasiin diri sendiri. "Ahahahaha! Gue nggak nyangka Opahanda bakalan ngejodohin lo. Ini kayak jaman Siti Nurbaya aja. Atau kenapa nggak sekalian aja lo ganti nama jadi Siti Nurbaya Daneswara. Wakakakaka!" Gue merasa beruntung banget karena gue enggak dijodohin juga. Emang hari ini hari keberuntungan gue dah.
Leito menghantamkan pisau yang dia pakai untuk memotong sayuran ke meja dapur. "Heh! Lo pengen gue panggilin temen gue, si Joker, buat ngejahitin mulut lo?"
"Hah? Gue tau kalo Joker bisa menjahit. Tapi, sejak kapan dia berubah profesi jadi penjahit?"
Pisau di tangan Leito udah berubah posisi untuk siap menikam gue, sebelum Mami mengambilnya buat memotong daging manus---api maksudnya dan memasukkannya ke penggorengan.
"Ayahanda pasti nggak bermaksud buruk kok, dia hanya pengen kamu mendapatkan yang terbaik. Mungkin dia pikir karena kamu udah mau lulus SMA tahun depan, dan Laila baru aja masuk SMA tahun ini. Makanya, yang dijodohin cuma kamu aja." Wah, ada gunanya juga punya Mami yang normal.
Ekhem. Tolong jangan ada kesalapahaman di sini. Gue nggak terlambat masuk sekolah ataupun ditinggalin, gue dan Leito masuknya berbarengan kok dulu. Tapi, si Leito-nya aja yang suka ngeloncat-loncat dan nggak mau menikmati masa remajanya waktu SMP sampai ke SMA sekarang. Makanya deh, dia lebih senior dua tahun di atas gue. Gue sih nggak pusingin dia mau ngapain kek, asal itu bisa buat gue jauh dari dia gue dengan senang hati mempersilahkannya.
Gue memotong-motong buah apel yang berada di atas meja makan. "Bener tuh kata Mami. Opahanda pasti ngarep banget sama lo sampe-sampe udah nyiapin gue dress buat dipake ke acara pertunangan lo. Duh, udah nggak sabar banget gue makenya." Gue nggak bisa berhenti buat ngebayangin tampang gue yang lagi make hadiah dari Opa. Seperti apa yah? Kendall Jenner kah?
Mangkuk berisikan nasi udah ditaruh Leito di atas meja makan, lalu Mami yang membawa lauk pauknya dan setelah itu membersihkan dapur. Sedangkan gue masih asik berkreasi dengan apel di tangan kiri gue dan pisau di tangan kanan gue. Jadi ingat lagunya J-Rocks deh.
Leito duduk di hadapan gue dengan tampang gembelnya lagi. "Woi, lo motong apel pake pisau atau pake hidung lo? Gue dan Mami udah selesai masak dan lo masih motong tuh apel yang bahkan nggak sampe seperempatnya?"
Nih cupu satu, gue kan jadi refleks mencet-mencet hidung gue deh. "Gue tau hidung gue mancung sampe bisa ngebelah duren, tapi mujinya yang kerenan dikit dong?" Gue langsung teringat akan sesuatu. "Astaga. Lo kan cupu, jadi nggak mungkin ada kata 'keren' dalam kamus lo."
Si cupu cuma masang tampang poker face-nya.
Apel yang udah gue potong malah dirampas sama Leito, duh capek gue motongnya tau. "Heh! Kalo lo juga mau, motong sendiri pake hidung tumpul lo sana. Maen rampas-rampas hak orang aja, ini tuh melanggar undang-undang hak asasi manusia tau?"
"Lo manusia? Gue pikir monyet."
Wah, kayaknya sekarang gue udah gak butuh pisau lagi nih. Tapi, gue butuhnya katana supaya nebasnya nggak macet-macet.
Lah? Ekspresi Leito kok malah berubah bingung. "Nih apel kok bentuknya aneh ya? Mirip tikus-tikus yang sering mangkal di bawah kolong kasur lo." Hah? Nggak salah tuh? Bukannya di dalam lemari pakaian gue ya?
"Udah pake kacamata, masih buta aja lo? Ini tuh bentuk kelinci yang biasa dibuatin Oma waktu kita masih kecil dulu, cu-PUH!" Jengkel gue dia nanya-nanya mulu. Bilang aja kepengen makan apel juga, tapi nggak mau susah-susah motongnya.
Matanya membulat dan mulutnya mangap-mangap menatap gue. "Apa?! Kelinci?! Katarak lo udah stadium berapa? Gue tarik kata-kata gue tadi yang bilang ini mirip tikus. Dibandingin dengan kelinci, ini tuh lebih mirip pupnya Boshi yang selalu gue bersihin."
Hah?! Coba ulangi lima kali?! Mirip pupnya tuh kucing peot? Kalo mirip pupnya Killer sih gue masih bisa maklumin. Tapi, gue nggak pernah mau terima apapun yang berkaitan dengan kucing peot yang gembelnya sama kayak tuh cupu.
Gue berdiri dari kursi sambil nodongin Leito dengan pisau di tangan kanan gue. "Lo tuh jadi makin nyebelin aja ya? Apa karena pengaruh hormon lo yang pengen banget cepet-cepet dijodohin Opahanda?" Mampus lo, gue ingetin lagi.
Leito juga ikutan bangkit dari kursi dan menepis tangan gue. "Nggak usah ngekaitin masalah ini dengan perjodohan gajenya Opa deh. Gue tau kalo lo cuma pengen buat gue risih doang kan?" Cih! Dia sadar rupanya.
Untunglah di saat seperti ini Mami dateng untuk memulai makan malam setelah selesai membersihkan dapur. You are my savior, Mi!
"Nah, daripada habisin waktu buat ngeluarin bahasa tai terus. Lebih baik kalian pake waktu buat mengisi pasokannya." Mami memberikan piring kepada gue dan Leito, lalu duduk di sampingnya Leito. Mami mah, pilih kasih.
Gue dan Leito berdecak bersamaan atau lebih tepatnya dia yang ngikutin gue, dan kembali duduk di kursi makan. Kami memulai makan malam dengan aura mencekam, kayak pendukung capres lagi memperdebatkan hal yang sama sekali nggak gue ngerti di tv-tv.
Tapi setiap kali gue ngeliat tampang gembelnya Leito, gue nggak bisa nahan untuk mengeluarkan tawa mengejek gue ke tuh cupu.
<¤¤¤>
KAMU SEDANG MEMBACA
Misteri Di Antara Laila & Leito
Подростковая литератураLaila: Kenapa sih gue mesti punya saudara kembar kayak tuh si cupu? Ngebayangin gue dan tuh makhluk spesies baru dalam satu rahim udah bikin gue jijik sampai jingkrak-jingkrak pengen cepet-cepet mandi seribu satu kembang. Apalagi nerima kenyataan ba...