Gue terpaksa berada di perpustakaan sekolah hari ini. Bukan apa-apa, gue lagi dihukum sama guru kesayangan gue, Pak Sooman. Gue disuruh naruh semua buku-buku yang tergeletak di sudut perpustakaan, gara-gara gue belum ngerjain PR Matematika. Iya, Pak Sooman guru matematika, yang punya sahabat guru seni budaya. Bisa bayangin? Pak Sooman ngasih PR suruh ngerjain soal matematika 10 halaman sambil nyanyi. Keren kan? Ironisnya, temen-temen sekelas gue ngga ada yang ngga ngerjain. Bahkan sahabat gue, Kai sama Chanyeol juga ngerjain. Gue tuh, heran gitu, mereka semangat banget ngerjain PR nya Pak Sooman. Biasanya juga liat aja kagak. Dasar. Ya ginilah gue, di perpustakaan terjebak bersama Baekhyun, cabe merah sekolah gue.
Ngga, dia manusia, bukan cabe.
Baekhyun ini ngga bisa dibilang sahabat gue. Tapi, gimana? Dia selalu ikut gue, Kai, sama Chanyeol. Kita bisa apa? Kalo tadi gue bilang temen sekelas gue ngerjain PRnya Pak Sooman, iya bener. Baekhyun 'kan bukan temen gue. Dia cuma makhluk yang ada di kelas gue. Ya gitu, dia juga ngga ngerjain. Ini namanya sudah jatuh tertimpa tangga.
Ngga, dia ngga seburuk itu, kok.
Gue harus disini sampe semua buku yang jumlahnya empat kardus itu, ketata semua di rak buku. Gue langsung aja ngambil kereta yang buat naruh buku-buku itu sementara, gue bukan anak perpustakaan ya, jadi gue ga tau itu namanya apaan.
"Hun, lo yang naruh di atas-atas ya," ujar si Baekhyun. Maklum, gue tinggi, dan rak buku juga tinggi. Jodoh kayaknya.
"Makanya tinggi-in tuh badan!" Gue menghina Baekhyun dengan sengaja. Disambut suara 'ssst' yang menandakan gue berisik banget. Ah, perasaan cuma ngomong biasa. Lagi pms kali ya ibu perpustakaan-nya? Bodo ah.
Gue sebenernya ngga ikhlas disuruh si Baekhyun naruh buku di rak atas. Masalahnya, setinggi-tingginya gue, rak atas itu jauh lebih tinggi daripada gue. Jadi gue harus naik turun tangga, karena bukunya banyak. Kaki gue pasti rasanya mau patah.
"Semangat, Sehun,"
"Malah ngeledek gue, dasar babi," gue mengarahkan kata-kata gue tepat di muka Baekhyun yang cuma disambut cengiran menjijikannya. Untung gue akuin temen ya, Baek.
Gue ngambil tiga buku, yang tebel banget. Kayaknya buku ensiklopedi. Siapa juga sih yang mau pinjem buku ensiklopedi? Lagian setau gue ga boleh dibawa pulang 'kan buku beginian? Kenapa ga dibalikin aja? Gue ngomel sendiri dalem hati udah kayak orang gila.
Gue masih waras, jadi gue mengakhiri perang saraf dengan diri gue sendiri. Gue langsung manjat tangga, terus naruh buku di rak atas. Gitu terus, selama 15 menit. Dan baru 10 buku yang gue taroh. Sementara si Baekhyun, kayaknya kebingungan naruh buku dimana. Karena rak bawah selalu penuh. Alamat dia minta tolong ke gue nih.
"Hun," duh, suaranya aja bikin gue pengen muntah. "Rak bawah udah penuh, lo yang naruh di atas ya, hehe,"
Tuh, kan.
"Lah lo ngapain? Bantuin gue aja mending. Nyalurin buku ke gue,"
Sial, udah tidur tuh anak.
Pengen gue golok. Lah ini masih sekitar 50 buku, gue mau naik turun tangga sampe kapan? Bangke lo, Baek.
Gue pengen bangunin dia. Tapi ga tega, wajahnya terlalu melas. Gue masih berjiwa kemanusiaan, ya.
Ya udah, gue ngalah. Gue ambil lagi buku, naik tangga, naruh di rak, turun tangga, ambil lagi, gitu terus.
Gue fokus, sampe gue liat sohib gue, yang juga tumben-tumbenan ke perpus. Bukan. Bukan Chanyeol atau Kai. Udah gue bilang mereka tu paling semangat ikut pelajarannya Pak Sooman 'kan? Kalaupun mereka bolos, mereka ga akan pilih perpus sebagai destinasi pembolosan. Itu namanya bodoh.