Nyontek itu bikin kita gak pinter. Lo cuma bisa nyalin tulisan temen lo kayak anak SD belajar nulis. Mau itu jawabannya bener, ato lirik lagu kesempurnaan cinta situlis ulang di lembar jawaban ujian, yang bisa pcontek lakuin cuma nyalin. Nggak bange, deh! Tap, mau gimana lagi? Temen-temen gue udah berusaha ngebikinin contekan bat gue. Gak mungkin kan gue tolak? Gue sanagt menghargauli silaturahmi, Men! Gue berusaha menghargai perjuangan mereka. Sekali lagi gue tegaskan, gue bukannya gak bisa ngerjain soal ujian, tapi gue menjaga tali silaturahmi.
Waktu ngerjain ulangan tunggal setengah jam lagi. Soal yang berhasil gue jawab masih nol. Contekan yang gue dapat juga masih nol. Duit gue disaku juga nol. Detik ini hidup gue serba nol.
Meski gue sering gak bisa ngerjain soal ujian, gue gak pernah ngepek! Ngepek adalah istilah dalam dunia hitam untuk siswa yang membawa buku, atau bikin contekan, buat dibaca saat ujian. Kebenaran jawaban dari hasil ngepek mendapat jaminan dari penerbit. Tapi, buat apa kita sekolah kalo tiap ujian ngepek? Apa bedanya kita sama maling yang ngambil barang orang sambil sembunyi-sembunyi? Yang lebih parah, setelah lulus sekolah bukan kecerdasan yang kita yang meningkat, tapi kemampuan kita melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi. KITA SEKOLAH MAU PINTER, APA JADI MALING? Intinya gue gak pernah ngepek, Bro. Paling kepepet, gue nyontek jawaban temen gue yang ngepek.
Kenapa? Gue kan gak ngepek. Tangan gue bersihSementara gue komentar, waktu ujian tinggal 25 menit. Gue mulai harus mengambil tindakan cepat. Tapi gue harus tetap berhati-hati. Penjaga ujian kali ini Bu A. Keahlian menjaga ujiannya udah gak diragukan lagi. Dia pasti lebih jago dari Doraemon. Gue harus ekstra hati-hati.
"Pssst, pssst...". Gue manggil nadia kayak ular kobra manggil emaknya.
Karena nadia biasa hidup disawah yang banyak ularnya, dia pun tidak merespons kode panggilan jiwa gue ini."Uhuk, uhuk". Gue pun melancarkan strategi batuk-batuk cap kakek-kakek lagi ajojing.
Karena dia kerja sambilan di panti jompo, diapun tidak merespons kode panggilan ini juga. Apa gue harus kentut keras-keras biar Nadia noleh ke gue? Tapi gue gak boleh gegabah. Bisa gawat kalo temen-temen kelas pingsan semua gara-gara kentut gue."Nad!". Gue pun memberanikan diri untuk manggil Nadia.
Nadia pun akhirnya menoleh ke gue. Yuliah juga ikutan noleh ke gue. Temen-temen yang lainnya juga ikut noleh. Bu A juga noleh ke gue. Cicak di dinding juga noleh ke gue.
Mampus.
Gue noleh kesiapa, dong?
"Pi... pinjem Tip-Ex...". Gue berusaha meredam suasana menjadi normal kembali.Nyontek tanpa ketahuan itu gak segampang membalikan telapak kaki, Bro! Apalagi telapak meja. #taplak ada berbagai pentangan yang gak boleh lo laakuin saat lo lagi nyontek. Menurut kabar ayam yang gue pernah dengar,
.
.HAYOO... APA YANG DIKABARIN AYAM KE GUE? MAU TAU GAK?
.
.
VOTE, COMMENT AND SUBSCRIBE DULU CERITA GUE :)
.
HARI INI 2 AJA YA :)
KAMU SEDANG MEMBACA
KISAH BEON DISEKOLAH
HumorGak tau mau nge deskripsiin apaan yang penting baca aja yak :)