“Iya, Mah, iya. Mangkannya sekarang mama buatin surat ijinnya. Pake tanda tangan. Kalo perlu pake materai. Kalo kurang, pake tanda tangannya pak lurah sekalian.”
Rissa benar-benar gemas dengan mamanya yang ribet sendiri untuk menyiapkan dirinya agar besok di acara sepupunya nggak tampil malu-maluin.
Saking gemasnya, tanpa sadar ia memasukan barang belanjaannya dengan kasar ke dalam kulkas. Sampai Mario mengambil alih tugasnya untuk memasukkan sayuran dan buah-buahan ke kulkas. Membuatnya meringis tertahan.
“Ye ! Kamu itu dibilangin juga.”
“Abis mama seh! Ini udah ketiga kalinya mama telepon.”
“Ya biasanya kamu ngaret loh, Kak. Mangkannya mama ngingetin bolak-balik daripada besok kelupaan gimana? Jadi mendingan sekarang kamu buru-buru gih ke rumah Mbak Andin. Biar besok gampang.”
“Ya terus si cowok ini ditinggal gitu? Bukannya mama yang nyuruh aku tanggung jawab?” Sadar atau tidak pertanyaannya itu membuat Mario menoleh dan menatapnya dengan tatapan tak terbaca.
Apa? Tanyanya tanpa suara. Sedangkan yang ditanya hanya menggeleng pelan.
“Ya ditinggal bentar masa nggak bisa? Kan kamu libur Cuma sehari, Sayang. Besok juga udah balik, kan?”
Kalo sudah gini, ia hanya bisa mengalah. “Yaudah-yaudah. Nanti Rissa ke rumah Mbak Andin. Agak maleman tapi.”
“Nah, gitu dong. Nurut kek dari tadi.” Lagi-lagi ia hanya bisa meringis. “Nanti biar dijemput sama Ayah apa adekmu. Kamu tinggal bilang dimana rumahnya temenmu itu.”
“Iya, Mah.”
“Nurut gitu kan enak didengernya.” Rissa hanya bisa meringis –lagi. “Yaudah deh, Mama tutup. Jaga diri loh, Kak. Assalamualaikum.”
“Iya, Waalaikumsalam.”
Dengan gerakan cepat Rissa memutuskan sambungan teleponnya. Kemudian meneguk air putih di hadapannya dengan ganas.
“Kenapa?” Tanya Mario yang tiba-tiba saja sudah duduk disampingnya.
Ia hanya menggeleng pelan sambil menanggalkan blazer hitamnya dan menyisakan kemeja merah jambu miliknya.
“Kayaknya nanti habis buatin kamu makan malem aku mesti pulang deh. Ada acara sampe besok malem. Mana si mama ngebet banget biar aku ikut nginep di rumah budheku lagi.” Ucap Rissa sambil memilih-milih bahan-bahan yang akan dimasaknya nanti.
“Yah, padahal besok gue kepengen ngajakin lo ke acara nikahannya temen gue.”
“Oh ya? Sorry, kebetulan banget kakak sepupuku besok juga lagi punya hajat nikahan.”
“It’s okay. By the way, gue denger dari anak-anak kantor bekal lo hari ini enak banget. Emang lo bawa bekal apa?”
“Enak banget ya?” Ia hanya terkekeh geli. “Nggak ah, mereka pada laper semua sih, mangkannya krengsengan biasa dibilang enak.”
“Boleh dong gue dibuatin.”
“Krengsengan?” Mario hanya mengangguk pasti sambil tersenyum manis –eh kok? “Eng… emang mau?”
“Eits ! Jangan salah, itu juga makanan favorit gue, tau.”
Rissa hanya mencibir geli. “Makanan favorit kok banyak banget macemnya.” Balasnya sambil mengeluarkan ayam yang sudah di fillet dari dalam freezer. “Yaudah deh, tapi khusus kamu tetep ada cekernya.”
“Yah, masa ceker terus sih, Yang?”
“What the– Siapa sih yang kamu panggil ‘Yang’ itu? Hm !?”
KAMU SEDANG MEMBACA
Lovey Dove
RomanceCarissa seorang gadis periang yang hidup mandiri bersama ketiga sahabatnya harus bertemu dengan masalah baru yang ia temui ketika cintanya berpihak pada Mario, pemilik hotel tempatnya menjalankan tugas sebagai mahasiswa magang sebelum skripsinya. Na...