Menurut cerita, konon hantu pocong/hantu bungkus sering menganggu rumah-rumah warga yang berada di dekat kuburan dan tempat-tempat keramat. Karena sosok ini merupakan perwujudan mayat maka sering diceritakan bahwa hantu pocong sering mendatangi sanak keluarganya, karena ada suatu hal yang belum selesai selama hidupnya.
Sosok menyeramkan yang sering digambarkan berkulit wajah pucat kebiru-biruan lebam atau kehijauan serta sorot mata tajam lengkap dengan rongga hitam di sekitar bola matanya ini cukup membuat orang-orang kapok bersinggungan dengan mahluk ini. Bagaimana tidak? bayangkan saja, sosok pocong ini sering terlihat melayang terbang dari pohon ke pohon, melompat-lompat dan bahkan bisa mengejar kamu!
Menurut cerita yang beredar, sebab sosok pocong menghantui manusia bertujuan meminta dibukakan tali pocong yang berada di atas kepala serta kakinya. Nah, berangkat dari kisah tersebut maka beberapa mitos tentang tali pocong pun banyak merebak di kalangan masyarakat. Konon, saat hantu pocong mendatangimu dan meminta pertolongan untuk dibukakakan tali dan kamu berani melakukannya lalu menyimpan tali pocong tersebut maka kamu akan mendapatkan keberuntungan dalam hidup, misalnya kekayaan yang melimpah.
Nah, mitos ini juga berkembang menjadi cara-cara sesat yang dilakukan sebagian orang yang memang dengan sengaja menggali kuburan seseorang lalu mencuri tali pocong nya sebagai jimat keberuntungan dan bahkan dijadikan salah satu syarat ilmu pelet (menarik hati lawan jenis). Seram ya!
Ada juga mitos yang masih dipercaya sebagian masyarakat, yaitu saat mayat yang telah di kafani pocong dan belum sempat dikuburkan maka harus di jaga dengan ketat, karena mereka percaya apabila mayat pocong sampai dilompati oleh seekor kucing yang memang sering berkeliaran maka mayat tersebut akan bangkit dan mengejar orang-orang untuk ikut bersamanya ke alam baka.
Maka dari itu ketika ada orang yang meninggal dan sedang dilakukan ritual-ritual di rumahnya, sanak saudara dan para tetangga akan menjaga pintu-pintu masuk demi menghindari hal tersebut.Konon apabila pocong tersebut terlanjur bangkit kembali, harus segera dilempar dengan sebuah bantal maka ia akan kembali seperti sedia kala. Mitos tentang kucing dan pocong tersebut konon berangkat dari kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa kucing memiliki “sembilan nyawa”.
Menurut legendanya, hantu pocong merupakan hantu dari perwujudan roh penasaran yang muncul karena kedua atau salah satu tali pocong nya tidak atau lupa di bukakan saat dimakamkan. Konon sang roh tidak bisa keluar dari jasad karena tertutupnya pintu keluar akibat tali yang masih mengikatnya tersebut.
KAMU SEDANG MEMBACA
Urban Legend Dunia
HorrorCerita Urband Legend daerah yang menyeramkan dan tentunya membuat bulu kuduk anda berdiri . . Urband legend dunia Ini adalah cerita ketiga gue