PART 1
Maret, 31'17***
BUNYI gemericik hujan menemani sepi Runa. Sudah beribu kali jarum jam panjang berpindah tempat, terhitung Runa menunggu lebih dari dua jam lamanya, di kantin sekolah.
Entahlah, rasanya Runa lagi malas masuk kelas. Apalagi dengan keadaan hujan yang lumayan deras. Kalo lari dari kantin ke kelas, dijamin deh baju seragam Runa bakal setengah basah.
Saat asyik mendengarkan bunyi hujan, Runa merasakan handphone di sakunya bergetar.
Ipal: Lo dmn? ayo masuk kls
Runa mendengus.
Runa bangkit dan berlalu dari kantin. Di pintu kantin, Runa berhenti. "Hujan, kalau kamu takdir ku, aku rela deh berdiri di bawah dan kena tumpahan air kamu. Tapi sayangnya, jatuhnya kamu bikin aku sakit kelak," gumam Runa.
Runa berlari dan menembus hujan yang entah kenapa, Runa ngga suka.
Sampai di kelas Runa bernafas lega. Untung deh Bu Ari guru ekonomi itu belum masuk kelas. Jadinya Runa ngga perlu repot-repot cari alasan ngga penting buat ngelak dari tuduhan Bu Ari. Runa bisa aja sih kabur kelas, tapi rasanya Runa ngga bakal tega bikin ulah di masa-masa bunting tuanya guru ekonomi itu.
"Runa woy gila apa lo ya?! Dari mana lo?" Ipal yang lagi corat-coret nama sosial medianya di papan tulis langsung meneriaki Runa, "Ejugile itu seragam apa cucian basah?"
Runa mendelik, "Pal pinjem jaket lo coba. Dingin," ujar Runa sambil berjalan ke tempat duduknya. "Ipal jaket lo mana?"
"Lha gua kan ngga bawa jaket. Jaket gua bau bekas iler lo kemarin molor," teriak Ipal sambil terkikik-kikik menggoda temannya. Teman sekelas lainnya juga ikut menertawakan ceplosan Ipal.
"IPAAAL APA LO KATA? BAB-"
"Pake ini aja."
Baru saja Runa mau melontarkan kata kasar dan melempar tempat pensilnya ke arah Ipal. Tapi sebuah tangan menyerahkan jaket navy polos ke depannya.
"Seragam lo basah. Pake ini." Ruma melongok melihat tingkah laku Abay. Teman cowok sekelasnya. Jaket navy polos itu diletakkan diatas meja Runa.
Duh Runa yakin banget, mukanya sekarang pasti lagi tablo-tablonya. Runa berdoa, semoga paparazzi kelas ini ngga ambil gambar muka cengonya terus di share ke grup anak kelas. Tapi beneran deh! Ini Runa ngga nyangka banget Abay mau kasih pinjem jaketnya dia buat Runa.
"Heh cewek penyamun! Sadar tu komuk sebelas dua belas sama mukanya Petruk!"
Ipal berteriak lebih kencang, omong-omong Petruk itu kebudayaan wayang yang mukanya aduh ngga banget buat Runa. Bukannya menghina tapi Runa emang agak risih liat mukanya.
"Ngaca dong! Komuk lo tu, komuknya para pedofil!" Runa balik berteriak.
"Lha kan gua demennya elo tong. Emang lo bocah?"
"Banyak omong!" Runa mendengus dan menghiraukan Ipal.
Diliriknya Abay yang lagi santai duduk di kursinya. Itu Abay ngga lagi kesambet hantu rawa sekolah kan ya. Kok tumben baik sama Runa, dan sok belaga santai pula. Runa sih oke aja dipinjemin jaket, tapi ini yang minjemin Abay lho! Cowok yang keliatannya paling anti sama makhluk macam Runa gini.
"Bay," Runa memanggil Abay. "Makasih ya." Runa menggigit bibir bawahnya. Sepecicilan apapun Runa kalau dihadapin manusia macam Abay juga bakal menciut.
Abay ngga balas ucapan terimakasih Runa, boro-boro bilang sama-sama ngelirik Runa aja ngga. Rasanya sia-sia deh bilang makasih.
***
Aruna Naladhipa; Runa
Nival Mishael; Ipal
Akbar Tajalil; Abay***
KAMU SEDANG MEMBACA
TIARUNA
Teen FictionRuna cuma punya satu sahabat baik. Nival Mashael yang punya panggilan kece; Ipal. Bagi Runa punya teman macam Ipal udah lebih dari cukup. Tapi ternyata nggak. Runa butuh seseorang yang bisa singgah di hati kosongnya. Karena lama-kelamaan Runa merasa...