Murid baru

28 2 1
                                    

Part 5
Oktober, 2'17

    Pagi yang cerah milik Runa harus diusik Ipal yang seret-seret Runa cuma buat liatin adik kelas baru. Runa masih gondok setengah mati, karena Ipal seret tangannya tiba-tiba keluar dari kantin yang berujung Runa harus merelakan soto babat miliknya.

   Runa ngga tau lagi deh, dapet kabar darimana sih Ipal ini tentang adanya adik kelas baru?

    "Gue liat dia tadi pas di parkiran sekolah. Dia turun dari angkot Run!"

    Runa memutar matanya kesal. "Ya terus kenapa gitu sama dia yang turun dari angkot? lebay banget sih lo Pal. Kalo bidadari yang turun dari langit, lo boleh tuh bilang eaaaa. Lah cewek turun dari angkot lo mau bilang apa? neng kiri neng. Gitu?"

    Ipal menghentikan langkahnya dan menatap horror ke arah Runa. "Kok lo garing banget sih Run?" tanya Ipal sambil mendengus. "Nih ya, jaman sekarang banyak cewek lebay Run. Ngga mau desek-desekkan di angkot. Takut panas lah, sumpek, gerah, atau apalah itu. Apalagi udah ada Taksi online atau ojek mobil online. Wah makin jarang Run gue liat cewek turun dari angkot kecuali ibu-ibu sama nenek-nenek," lanjut Ipal.

    Ih, terus Ipal nyindir Runa gitu? Itu sih alesan Runa banget kalau Ipal udah males buat jemput Runa atau anterin Runa kemana-mana dan nyuruh Runa naik angkutan umum, walau ngga pernah Runa mengiyakan.

    "Tapi lo lebay banget!" Runa menabok pundak Ipal. "Nyindir gue pula lagi, halah."

    Ipal tertawa kecil, lalu berucap, "Ngga kok ngga pengecualian buat lo karena lo istimewa macem martabak. Tapi beneran Run, dia cakep banget dah ebuset gue gangerti cewek sebening dia mau naik angkot."

    Runa menyerah. Maklumin Ipal aja deh ya, kan jarang-jarang Ipal mau lirik cewek. Gimana mau lirik cewek, kalau kemana-mana ngebuntutin Runa terus? Runa mendengus inget itu. Pantesan, baik Runa atau Ipal belum ada yang punya pacar.

    "Terus lo tau dia anak baru darimana?" tanya Runa sambil melanjutkan perjalanan. Padahal mah Runa ngga tau mau dibawa kemana sama Ipal.

    Ipal tersenyum. "Dari Ilma, adeknya Abay. Ilma bilang tu cewek anak baru yang baru masuk dua hari lalu."

    Runa hanya meng-ohkan aja. Ngomong-ngomong anak baru, sepupu Ipal yang baru pindah kemarin itu bakal jadi anak baru di sekolah ini juga ngga ya?

    Runa melirik Ipal yang matanya jelalatan di koridor kelas sepuluh. Dalam hati Runa gatel banget pengin tanya soal Tiar. Tapi daripada diledekin Ipal karena nanyain sepupunya itu lebih baik Runa diem aja deh. Lagi pula ngga penting juga kan buat Runa tau? Runa kan cuma kepo.

    Masa sih Run?

    Iya.

    "Eh Run!" Ipal berseru dan menarik lengan Runa dengan sedikit kasar. "Run, itu dia Run." Ipal menunjuk-nunjuk satu kumpulan cewek-cewek yang menurut penglihatan Runa pasti lagi ghibahin orang. Eh kata Mama ngga boleh suudzan.

    Karena jengah tapi penasaran Runa ikut-ikutan melongokan kepalanya. "Yang mana sih? Disitu ada banyak cewek kali Pal," gumam Runa.

    Sekitar lima atau enam cewek yang ada di depan kelas itu. Semua adik kelasnya. Yaiyalah! Mereka ada di kawasan kelas sepuluh.

    Duh Runa jadi bingung sendiri. Pasalnya, mereka seperti penguntit saja di sini. Lihat dong, Runa itu kelas sebelas semester dua, tapi dengan randomnya ada di koridor kelas sepuluh. Seragam batik yang sedang dipakai hari ini juga berbeda antara angkatan Runa dengan adik kelas, jadinya Runa sama Ipal keliatan banget kakak kelasnya!

    Apalagi dari tadi, ada saja adik kelas yang menyapa mereka berdua, "Permisi kak." sampai telinga Runa bosan mendengarnya.

    "Itu tuh yang pake kacamata. Gila gemesin banget ngga sih dia?"

    "Iya iya gemesin. Udah kan? Ayo ah balik ke kelas. Malu nih gue." Runa menarik-narik belakang baju Ipal. Merengek meminta kembali ke kelas mereka, atau paling ngga cabut dari koridor kelas sepuluh ini.

    "Sebentar," Ipal mengeluarkan handphonenya dari dalam saku celana lalu memotret adik kelas itu secara diam-diam. "Selesai, ayo Run," lanjut Ipal setelahnya. Ipal menggandeng tangan Runa untuk pergi dari tempat tadi.

    Runa bernafas lega.

***

    Setelah mengantar Ipal menjelajah koridor kelas sepuluh hanya untuk melihat dan mendapatkan satu jepretan photo adik kelas baru itu, Runa langsung ngicir dan lari ke kantin.

    Soto babat Runa belum abis. Sayang.

    Tapi harapan tinggal harapan, Runa pikir Soto babatnya masih ada di meja tadi. Tapi ternyata, mangkuknya aja udah diangkut sama yang punya warung.

    "Ibu kok soto Runa diberesin sih?" kesal Runa sambil menekuk bibirnya ke bawah. "Runa belum selesai makannya tau."

    "Yah neng Runa, maaf ya. Ibu kira eneng udah ngga mau makan lagi. Yaudah deh Ibu beresin aja mangkuknya."

    Runa menghembuskan nafas kesalnya. Ini semua gara-gara Ipal! Pokoknya Ipal harus ganti uang enam ribu Runa. Harus. Runa ngga mau tau.

    Karena dirasa ngga ada keperluan lagi di kantin, Runa langsung pergi ke kelas. Tapi tanpa diduga, sesosok cowok yang sempat melintas dipikirannya tadi benar-benar melintas di hadapannya.

    Runa berhenti, membalikkan tubuhnya. Memastikan apa yang dilihatnya tadi salah -benar maksud Runa. Dan ternyata, memang dia! Oh Mama betapa hari-hari Runa harus dipenuhi kejutan tak terduga.

    Tiar ada disini?!

    Runa menatap ragu kearah Tiar. Cowok itu masih memakai hoodienya dan tas punggungnya. Jadi bener nih, Tiar sepupunya Ipal bakal satu sekolah sama Runa? Ck. Runa berdecak dalam hati, kenapa gitu lho dia harus ketemu sama cowok-cowok yang menyebalkan?

    "Udah liatinnya?" Runa mengerjap beberapa kali saat mendengar suara yang udah ngga asing lagi di telinganya.

    "Ha? uh...anu," Ini Runa bego banget sih, pake keliatan gugup segala. Kan ketauan banget kalo ke gap abis ngeliatinnya. "Apaansi lo? geer banget," akhirnya, malah suara ketus Runa yang keluar.

    "Bukan geer, tapi dari tadi Runa emang liatin Tiar," Tiar berkata sesantai itu. Santai banget. Ngga tau apa kalo Runa lagi atur nafas gara-gara cowok jangkung di hadapannya ini.

    "Sebodo amat," Runa berujar sembari memutar langkahnya. Runa milih buat keluar dari kantin aja. Malu tau.

    Tapi, saat Runa ingin melangkah. Tangannya dicekal dari belakang. "Run," panggil Tiar lembut.

    Apa tadi katanya? Run? Eh apa-apaan si cowok satu ini. Tapi tunggu, ini dia lagi pegang tangan Runa kan? dan kenapa suaranya tadi lembut banget? sebelas dua belas sama suara Mingyu Seventeen.

   Untuk menjaga harga diri, Runa mengatur mimik wajahnya agar kembali jutek. "Eh lo tu ya batu banget jadi cowok. Nama gue Runa. Run bukan Run," kata Runa sambil menghentak-hentakkan kakinya kesal. Padahal dalam hati Runa, Runa seneng gitu si Tiar manggil Runa lembut banget.

    "Mau bantu Tiar? cari kelas sebelas IPA 3?"

    Eh? Runa membelalakan matanya.

   Woi itu kelas gue! Kampret!

TIARUNATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang