Maudy POV
Ini gue. Adinda Maudy Fauziah. Maudy, seorang anak kyai besar. Tapi, dia gak pernah jadi orang bener, itu gue tau dari orang-orang.
Gue seneng kalo ada ngomongin gue gak bener. Kadang lucu juga. Emang yang nentuin orang baik atau buruk itu manusia? Setau gue bukannn.
Ini gue yang seperti preman. Dari dulu gue mikir, kenapa gue bisa se-menyedihkan gini? Udah gak punya umi terus abi yang jarang banget baik sama gue. Dan satu lagi, banyak yang gue kenal. Tapi orang itu bukan temen gue. Karena mereka cuma datang saat butuh, jadi gak ikhlas. Apa perlu gue jabarin makna dari surat an-nisa ayat 146 mengenai berbuat ikhlas? Gue tau kalian pasti apal kok. Gue aja yang urakan gini bisa;)
Anak kyai itu harus syar'i, menurut gue pernyataan itu basi. Ini gue. Gue belum bisa untuk berhijab, karena menurut gue memutuskan berhijab itu besar. Memutuskan berhijab itu perlu kesadaran dan keikhlasan.
Btw, gue emang tinggal di lingkungan pesantren. Tapi, gue kuliah disalah satu universitas ternama.
Nama abi gue KH. Hasan Fatullah. Gue punya kakak, namanya Rendy Fatahillah. Dan gue punya adik, namanya Zahra Nabila Rahma. Sedangkan nama umi gue, gue gak tau. Mukanya gimana gue gak akan tauu.
Dan alasan kenapa gue benci abi selain karena gak ngasih tau umi adalah abi tinggalin gue saat umur gue 3 tahun gitu. Gue sakit, dan abi gak ada disamping gue. Waktu itu ada Kak Rendy, yang usianya sekitar 6 tahun. Sadis gak? Gue diceritain sama nenek, dan setelah itu gue gak tau apa yang terjadi.
Banyak yang mau gue tanyain. Salah satunya, Apa umi gak pernah sayang pada anak yang dulu ada dirahimnya sehingga ia pergi begitu saja? Dan satu keinginan gue, bisa belajar jadi cewek solehah sama umi. Tapi itu keinginan, karena pada dasarnya gue gak punya umi. Uhh.. malang abisssttt.
Hobby gue bukan masak di dapur pesantren. Hobby gue aneh, yaitu gue suka balapan. Apa salahnya balapan? Rio Haryanto masuk F1 indonesia gempar. F1 kan ajang balapan. So, gue gak boleh balapan kea Rio Hatyanto gitu? Kalo gak boleh berarti gak adil. Gue tau gue cewek, tapi ini udah jaman emansipasi. Cowok dan cewek sama derajatnya.
Seharusnya gue bisa tau gimanaa muka umi gue. Tapi gue malah gak tau. Sebenernya kemana umi gue? Kalo meninggal, dimana kuburnya? Kalo cerai, abi tau cerai itu hal yang dibenci Allah. Dan kalo umi pergi, apa umi gak berfikir kalo disini ada seseorang yang merindukan kasih sayangnya? Lagi pula apa sebab jika umi pergi?
Kak Rendy itu ustadz dipesantren. Abi punya pesantren. Gue pengen berbakti sama umi tapi, gue gak punya umi.
Gue gak percaya cinta, meskipun gue tau pasti gue ada karena cinta. Tapi gue gak percaya cinta, cinta itu mitos bagi gue. Gue benci cowok karena kebanyakan cowok itu bisanya cuma nyakitin. Maka dari itu, gue gak pernah kenal cowok pake rasa.
Dan ini gue. Adinda Maudy Fauziah, ngerti agama, anak kyai tapi penampilan urakan. Yang tau hati gue hanya Allah. Mungkin sekarang beku. Tapi dilubuk hati gue, gue cuma puny satu mimpi yaitu, pertemukan gue sama umi sebelum gue dipanggil untuk ke akhirat nanti. Dan ya itu mimpi. Jangan terlalu berharap sama mimpi, karena mimpi bukan janji.
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Kyai
RandomPinter tajwid, khatam al-qur'an, hafal hadist, semua mengikuti kriteria "Anak Kyai" tapi perawakan dan sifatnya berbeda. Meskipun mengerti hukum islam, tapi Maudy tetaplah Maudy. Dia mengamalkan dengan perawakan yang gaul abis. Alasannya hanya satu...