Pengantar

1.7K 103 40
                                    

1. Mengapa "Catatan di Kota Kimia" dibuat? Dan bagaimana awal dari pembuatannya?

Cerita/Buku ini awalnya hanya dibuat untuk memudahkan penulis (Miha) dalam mengingat dan mempelajari salah satu mapel wajib jurusan IPA, yaitu kimia—khususnya untuk kelas 10 SMA. Namun, Miha sendiri ingin menyebar-luaskan materi yang telah dipelajari itu dan belajar bersama dengan para pembaca. (walaupun aku yakin banyak banget kekuranganku dalam pelajaran yang satu ini).

Nah, awalnya Miha akan membuat catatan ini seperti buku pelajaran yang biasa kita pelajari, tapi kayanya itu hanya membuat kalian—khususnya aku sendiri—jenuh. Dan akhirnya jadilah sebuah buku rangkuman kimia ini dalam bentuk cerita yang mudah-mudahan dapat dipelajari dengan mudah.

Mungkin cerita ini akan absurd (kaya yang buatnya #plak), tapi aku berusaha untuk menyisipkan hal-hal penting di setiap materi dengan bumbu-bumbu humor yang—kayanya—tidak menyimpang.

2. Inspirasi membuat cerita ini dari mana?

Seperti kalimat yang dikutip seseorang, "Inspirasi bisa datang dari mana saja" mungkin akan menjadi awal yang pas untuk menjawab pertanyaan ini. //eaksss

Ya, awal inspirasi membuat cerita ini ketika aku lagi ngga mood, tapi harus belajar kimia karena lusanya ulangan (alasan yang aneh, ya? Wkwk).

Terus aku inget sama kejadian waktu guru kimiaku ngelawak—kayanya stand up comedy lebih pas—tentang tabel periodik unsur. Beliau bilang, "Lihat, unsur-unsur di golongan 4 itu multitalent. Unsur-unsur tersebut bisa melepas atau menerima elektron untuk memenuhi aturan oktet. Jadi, masa kalian kalah sama unsur?"

Oke, kalau kalian ngga ketawa maafkan. Tapi menurutku itu lucu dan bener juga. Ngerti, kan? :v #plak

Jadi akhirnya karena ternyata unsur-unsur itu memiliki banyak sifat yang bisa kita samakan dengan manusia, aku bisa memodifikasinya dengan "cukup mudah".

3. Apa harapan dari cerita/buku ini?

Okey, time to be serious. //plak

Harapanku adalah menciptakan rasa minat dan mempermudah para pembaca dalam mempelajari materi kimia dengan metode yang saya sebut sebagai "Fun Learning Kimia". //tsah

Dengan cerita ini, aku juga mengharapkan pembaca dapat menikmati sekaligus belajar materi kimia. Intinya, lets study together :3

Aku yakin banyak kekeliruanku atau bisa dibilang minimnya pengetahuanku dalam pelajaran ini. Jadi, aku harap kalian memberi tahu letak kesalahan itu dimana  ^^

Mungkin hanya itu yang dapat Miha sampaikan untuk pembuka buku ini.

Selamat menikmati sekaligus belajar! ^^

Cirebon, 25 Maret 2017

Catatan di Kota Kimia - Jilid 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang