MiHa datang membawa ilustrasi!
Cekidot!!!
(Disarankan menggunakan mode baca bergulir)
1. Teori Democritus
Teori ini adalah teori pertama yang membahas tentang atom.
2. Teori John Dalton
Kelebihan:
Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atomKelemahan:
- Tidak bisa menjelaskan bagaimana cara atom tersebut saling berkaitan.
- Tidak dapat menjelaskan hubungan antara larutan senyawa dengan daya hantar sebuah arus listrik karena atom merupakan bagian terkecil unsur atau benda yang tidak bisa dibagi lagi.
- Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.
- Tidak bisa menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan atom unsur lainnya.3. Teori Thomson
Kelebihan:
- Detail Teori Atom dari Thomson membuktikan bahwa atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Hal ini dikarenakan Thomson menemukan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dan terdapat pada atom.
- Membuktikan bahwa atom bersifat netral yang tersusun dari partikel-partikel yang memiliki muatan positif dan negatif.
- Membuktikan bahwa adanya elektron dalam semua unsur benda.Kelemahan:
- Tidak dapat menjelaskan tentang susunan muatan positif dan jumlah elektron yang terdapat dalam bola.
- Tidak dapat menjelaskan tentang inti dari atom.4. Teori Rutherford
Kelebihan:
- Dapat menggambarkan serta menjelaskan bentuk lintasan elektron yang mengelilingi inti dari atom sehingga mudah dipahami
- Dapat memberikan kesimpulan bahwa atom tersusun dari inti serta elektron yang mengelilingi di mana satu sama lain terpisah oleh ruang hampa
- Dapat menjelaskan pergerakan elektron di sekitar atom.Kelemahan:
- Tidak mampu menjelaskan kenapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti atom sesuai dengan teori fisika klasik.
- Tidak mampu menjelaskan terkait spektrum garis pada atom hidrogen.
- Tidak mampu menjelaskan letak dari elektron dan cara rotasinya terkait inti atom.
- Elektron yang bergerak akan memancarkan energi sehingga secara keseluruhan energi atom tidak stabil.5. Teori Bohr
Kelebihan:
- Dapat menjelaskan tentang spektrum atom hidrogen secara akurat.
- Dapat membuktikan adanya lintasan elektron untuk atom hidrogen.
- Dapat memperbaiki kelemahan dari Teori Atom yang dikemukakan oleh Rutherford.Kekurangan:
- Tidak banyak menjelaskan tentang spektrum warna dari atom yang memiliki banyak elektron atau yang lebih kompleks.
- Tidak dapat menjelaskan tentang adanya garis halus dalam spektrum hidrogen karena elektron dianggap sebagai partikel.
- Model atom Bohr memiliki nilai momentum sudut lintasan ground state yang salah.
- Tidak bisa mengetahui intensitas relatif dari garis spektrum.
- Tidak bisa menjelaskan atom selain atom hidrogen.6. Teori Mekanika Kuantum
Teori ini merupakan teori paling mutakhir mengenai atom.
* * *
Referensi:
Indonesia College. 2019. "Pengertian, Perkembangan dan Ragam Penemu Teori Atom". https://www.indonesiacollege.co.id/pengertian-perkembangan-dan-ragam-penemu-teori-atom/#:~:text=Perkembangan%20mengenai%20Teori%20Atom%20diawali,susunan%20tetap%20atau%20hukum%20Proust. (diakses tanggal 22 Maret 2021)
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan di Kota Kimia - Jilid 1
RandomHai, para Pejuang Kimia! Jika kalian menemukan work ini di antara jutaan cerita di Wattpad, selamat! BERARTI ANDA DIBERI PENCERAHAN UNTUK BELAJAR! Haha! //plak Tulisan yang pernah hiatus kurang lebih empat tahun ini akan kuusahakan untuk dilanjutka...