Kalo tadi kan, kita udah bikin petanya. Baru deh, sekarang diseriusin projectnya. Segala daftar benda yang dibutuhkan kita bikin.
Planning...
Oh iya, buat detailnya dahulu sih, kita mau bikin project, simpel aja sih sebenernya. Jadi, rencananya kita bakal pergi kaya tempat di pulau gitu atau dimana aja deh. Bener-bener mau eksplorasi aja sih.
Nah, kalo disana ada kaya macam penduduk atau apanya lah. Kita mau bikin acara cerita gitu, pokoknya berbagi "kebahagiaan" buat orang lain, intinya. Ya, pokoknya siapapun yang kita temui deh.
"Kalo dibikin dokumenter, bagus juga sih." ide Alde.
"Mantap lah, De. Tumben pinter!" balas Vega.
Pasti deh, habis ini bakal berantem lagi nih anak dua. Tapi, kalo lagi ribut-ribut berdua, kalian lucu sih sebenernya.
"Ntar lu naksir engga ama Alde," celetuk Arctur sambil ketawa.
"Merusak suasana aja lu, Mas." balas Vega, terus langsung nyubit pipinya Arctur.
Oke, lanjut aja.
Nah, project yang kita bikin ini, gak sembarangan asal bikin aja sih. Kebetulan, ada semacam kompetisi gitu, khusus buat anak remaja seumuran kita, lumayan tingkat Nasional.
Yaudah, karena kita pengen jadi juaranya. Cus, kita garap aja nih project sekalian mengisi liburan. Jadi ini, sangatlah lumayan worth it.
Biasa deh, ini awalnya ulah si Betel, yang doyan banget ikut lomba buat iseng-iseng aja. Dia penganut "ikut aja, siapa tau iseng-iseng berhadiah."
" Geng ikutan ini yuk. The National Project, ini kompetisi lumayan besar juga hadiahnya."
" The National apaan dah? Itu acara apaan emangnya," balas si Arctur.
"The National Project, itu kaya kompetisi buat anak-anak muda ngembangin proyek gitu bebas aja, temanya sih tentang The Power of Happiness. Mungkin, sama peta yang kita bikin gitu pas dah kalo diikutin lomba. Siapa tau menang!" kata Betel sambil promosi gitu deh.
"Ah, bisa aja sih, tapi mungkin bakal menang gak ya. " balas Alde
"Cemen lu ah, De. Ikutan aja yuk, bikin sesimpel mungkin tapi yang worth it." kata Vega yang sambil candain Alde.
"Aha! Gue ada ide!" celetuk Arctur tiba-tiba.
Oke, jadi deh kita ngomongin project ini, namanya Honest Project. Tujuannya simpel aja sih, mau bikin orang-orang tersenyum, tapi kita melakukannya harus dengan kejujuran. Gaboleh maksa orang buat senyum. Karena, kita anaknya suka petualangan gitu, digabung sekalian buat project nya.
Buat tempatnya di pantai gitu deh, terus nyambung ke pulau-pulau gitu. Pas liburan kan, banyak orang tuh pada kesana, yaudah deh. Itu yang bakal jadi sasarannya.
Cara bikin orang senyum atau boleh ketawanya, bebas aja. Terserah kita, asal kita jujur ngelakuinnya. Kira-kira, kita mau bikin seratus orang bisa merasa bahagia, dengan kehadiran kita. Simpel aja sih, sebenernya.
Nah, buat hasil akhirnya, bakal kita jadiin dokumenter gitu. Kalo soal video, mulai editing nya sampai proses poles memolesnya, udah jadi makanannya Alde. Kalo soal tempat-tempatnya, mulai dari makan, tempat yang bagus dan semacamnya, udah jadi teman akrabnya Betel.
Nah, kalo soal urusan yang kaitannya sama "sosial" banget, itu udah jadi miliknya Vega. Terus, buat modal lainnya gimana?. Tenang aja, itu udah urusannya Arctur. "Kalo soal nyumbang-nyumbang apa aja, gue bisa bantu." begitu katanya.
Jadi, semuanya komplit dah. Kita kan sahabat sekaligus teman satu Tim.
Kita yakin buat menangin lombanya.
Karena udah yakin. Kita siapin deh perlengkapannya, mulai dari A-Z, dibuat list sekalian ama petanya, semua dibawa. Buat menuju ke tempatnya, juga udah kita siapin. Segala macamnya dah kita siapin. Agar terwujud sesuai dengan rencana. Ya, namanya juga bikin project, ya harus digarap dengan serius kan.
Semua udah lengkap! Apalagi yang kita tunggu!!
Yes!
Ngumpul kali ini sangatlah bermanfaat.
Enggak lupa sambil ditutup pake yel-yel ala-ala gitu deh. Namanya juga biar keliatan kekinian dan teman-temannya.
" I believe, we can do it."
"Till finish."
Ya, buat yel-yelnya kira-kira begitu deh. Biar makin seru aja sih, sebenernya. Biar rame sekalian, deh kayanya.
****
Karena semua udah beberes. Langsung aja kita cus.
Kita bakal mulai berpetualang!!!
Yaudah, kita pergi deh, naik pesawat, karena tempatnya cukup jauh, dan waktunya juga lumayan terbatas kalo naik kendaraan lain.
"Jangan lupa kita ada flight pagi jam 9, no ngaret ya!" pesan Vega.
"Iye, kekasihnya Styles." balas Arctur
"Iye, bawel." balas Alde
"Siap, cantik." balas Betel.
Nah, udah tuh kita berangkat naik pesawat.
Setibanya disana.
Oh iya untuk tempatnya emang udah terkenal buat tempat wisata gitu. Seringlah, di promosiin, dan masuk keajaiban dunia kalo ga salah. Iya, kita bertualang di alam. Kita selain ngerjain project, kita sekalian seru-seruan ngabisin waktu liburan. Daripada ke mall terus, ya bosen juga sih. (Pasti kalian tau deh, dimana, pernah masuk acara TV yang adventure gitu deh.)
Biasa deh, kita jalan-jalan di Bali!
"Bagus banget!"
"Kerennnnnnnnn."
" Seneng banget bisa kesini."
Iya, itu kata-kata yang menggambarkan kami sekarang ini.
Karena tempatnya cukup jauh dan kayanya kita pada capek juga. Jadinya, ya kita istirahat dulu sebentar di penginapan. Iya, tadinya mau kaya backpacker gitu, kayanya agak gagal deh. Lumayan lah, yang penting kan bareng-bareng.
****
Sebenernya, awalnya sih gak percaya. Kita akhirnya liburan bareng sekalian ngerjain project juga. Kek, yang kita pikir cuman ah bakalan wacana doang. Tapi, modal keyakinan aja, kaya orang-orang setipe ama Betel mah, kita jadi ikutan yakin juga.
Seneng sih.
Entahlah sepertinya kita kehabisan kata-kata.
SEMOGA PROJECTNYA LANCAR, SEMOGA LIBURANNYA LANCAR JUGA.
Semua ini bisa diwujudin karena satu kata,
Yakin.
Karena satu kata ini, yang membawa kami berani untuk mewujudkan project yang kayanya bakalan aneh lah, ga penting lah, ga guna lah, dan kata-kata negatif lainnya. Tapi, kita mah yakin aja.
"Semua bakal bisa terwujud kok, kalo kalian mau." kalo katanya Betel. Nih orang udah cocok deh, jadi motivator gitu. Diantara kita berempat, emang dia yang paling sering ngomong kaya gini.
" I believe, we can do it."
KAMU SEDANG MEMBACA
The Adventure Of Milky Way
Adventure[ON GOING] Kali ini, Alde, Betel, Vega dan Arctur mengikuti sebuah lomba, yang dinamakan The National Project, yang temanya itu seputar kebahagiaan dan keceriaan. Awalnya, mereka berkumpul hanya membicarakan mimpi mereka berempat aja. Tapi, kebetul...