Setelah menyusuri pulau Sumatera sampai ke Sulawesi. Kita pun terbang ke kepulauan berikutnya alias perjalanan berikutnya akan kita mulai!
****
Hari Keenam
Tak terasa perjalanan kita telah sampai pada hari keenam. Berikutnya kita akan pergi ke Maluku nih. Rencananya sih kita akan ke dua tempat yang pertama itu Banda Neira dan selanjutnya kita akan ke Gunung Gamalama di Maluku Utara.
Pertama sih kita ke Banda Neira, iya kita ke pantai lagi. Banda Neira tuh salah satu surganya pantai gitu di Indonesia Timur. Kali ini sih, kita nyobain makanan lokalnya yang enak dan mata kita yang dimanjakan dengan pemandangan yang sungguh mempesona.
Kemudian, kita melanjutkan ke Gunung Gamalama. Nah gunung itu terletak di Ternate nih. Akhirnya, kita kembali menemukan gunung yang menyajikan pepohonan yang menyelimuti gunungnya. Pokoknya, juara banget bagusnya. Di sini juga ada tradisi unik, yaitu festival legu gam dan budayanya masih sangat kental. Dari sini juga kita bisa melihat pemandangan yang indah seperti di uang seribu rupiah itu loh, yap namanya pulau Maitara.
Paket lengkap deh, bisa menikmati pegunungan dan pantai sekaligus. Pokoknya, Indonesia kaya banget.
Perjalanan pun kita lanjutkan ke Papua Barat, rencananya kita akan berkunjung ke banyak tempat di sana. Pertama, kita akan ke Manokwari untuk menikmati papeda. Iya, makanan khas papua yang terkenal itu loh. Kemudian, di lanjutkan ke Cagar Alam Wondiwoy, untuk melihat keanekaragaman flora dan fauna. Iya, fauna yang paling khas yaitu burung Cendrawasih.
Terakhir, kita menikmati keindahan sunset di Raja Ampat. Iya, keindahan Raja Ampat sudah terkenal ke seluruh dunia loh. Paling wow, karena akhirnya tim Jelajah Nusantara dapat menginjakkan kaki disini.
"Pokoknya awesome" begitulah kata kelompok kita.
****
Hari Ketujuh
Perjalanan di pulau Papua masih dilanjutkan sebelum kita kembali ke Jakarta. Pertama, kita menikmati keindahan sunrise nya di Taman Nasional Lorentz. Di sini kita bisa melihat suku asli Papua yaitu suku Dani, sama suku Asmat gitu deh. Nah, kalo kenal pegunungan Jayawijaya di sinilah tempatnya. Tempat ini juga termasuk situs warisan dunia UNESCO juga. Kan keren, di tempat yang tropis, tapi ada wilayahnya yang bersalju. Paket lengkap deh ada hutan tropis sekaligus diselimuti oleh salju abadi.
"Menakjubkan!"
Perjalanan pun dilanjutkan ke Danau Sentani, iya di sini kita melihat keindahan danau gitu deh, dan ada festival yang menarik banget, iya tari perang namanya!
Setelah itu, kita akhirnya menyudahi perjalanan tim Jelajah Nusantara karena hari ini kita akan kembali ke Jakarta. Sempat mengalami kesulitan dalam proses pembuatan dokumenter, apalagi videonya harus sudah rapi pada hari ini.
"Untung ada Mas Alde." kata Ica.
"Iya dong, Aldebaran gitu loh."kata Alde.
"Ada Davin juga kan kak Ica." lanjut Davin.
"Oh iya, lupa ada abang Davin." jawab Ica sambil tertawa.
Perjalanan kembali ke Jakarta
"Sedih banget sih, udahan aja jalan-jalannya." kata Betel.
"Padahal ga ikutan ya, Bet." kata Kelvin sambil tertawa.
"Iya, lu Betel." sambung Arctur.
"Jangan gitu sama Betel." kata Indah.
Pokoknya selama seminggu kemarin rasanya sangat indah mengarungi Indonesia. Rasanya sangat enak. Enak banget.
"Indonesia bagus banget ya!" seru Dio.
"Iya bang Di, gue setuju!" kata Lena.
"Apalagi dijadiin dokumenter. Bagus banget jadinya." kata Sienna.
Video yang diedit oleh Alde dan Davin telah jadi. Panjang videonya sih cuman 10 menit. Tapi, untuk mengambil gambarnya harus butuh seminggu.
"Done!" kata Alde.
"Keren banget Alde!" kata Ica.
"Iya, Davin juga jago tuh!" kata Alde.
Sampai di Jakarta, kita kembali berkumpul di kantor tempat pertama tim Jelajah Nusantara bersatu. Dan kali ini, karena tugas kita sudah selesai. Maka, tim Jelajah Nusantara akhirnya dibubarkan.
Sedih.
Iya, liburan kita semua akan berakhir pada pekan depan.
"Tim Jelajah Nusantara akhirnya berhasil menyelesaikan tugas dengan baik!, Beri ucapan Selamat!" kata Mas Agus.
Kita semua pun bersorak-sorai. Kemudian, kita semua diberikan piagam penghargaan sebagai tim Jelajah Nusantara, tuker-tukeran kado sambil makan-makan bersama.
Perjalanan kami pun ditutup oleh sunset Jakarta dan pukulan gong gitu deh sambil memutarkan dokumenter yang telah kami buat.
Sedih rasanya untuk mengakhirinya apalagi Milky Way harus kembali ke Eropa esok hari.
"Yah, kita bakalan LDR nih, Ga!" kata Sienna.
"Iya nih" kata Vega sambil berpelukan.
"Tunggu kita belum mengumumkan siapa ketua terbaik dan anggota tim terbaik." kata Mas Agus.
"Ada hadiahnya mas?" kata Arctur.
"Bisa ae lu gendut!" balas Dio.
"Lah lu juga Di!" jawab Arctur membalas Dio.
"Sudah.. sudah... " lerai Kelvin.
Mas Agus pun mengumumkan, ketua terbaik jatuh kepada mas Kelvin karena dia turut membantu tim Nusantara. Untuk anggota tim Jelajah jatuh kepada Aldebaran dan anggota tim Nusantara adalah Betelgeuse. Meskipun Betel paling banyak takutnya, tapi dia paling bertahan dibanding teman-temannya.
Akhirnya, prosesi ditutup dengan pesta perayaan gitu sambil memutar lagu-lagu yang biasa diputar pas perpisahan.
"Saling keep in touch ya..."
"Iya...."
Setelah hari ini, kita semua akan kembali menjalankan aktivitas masing-masing dan kembali ke kota masing-masing.
Milky Way?
Iya, cuman tim ini yang akan kembali ke Eropa.
Salam Perpisahan dari tim Jelajah Nusantara ya!
KAMU SEDANG MEMBACA
The Adventure Of Milky Way
Phiêu lưu[ON GOING] Kali ini, Alde, Betel, Vega dan Arctur mengikuti sebuah lomba, yang dinamakan The National Project, yang temanya itu seputar kebahagiaan dan keceriaan. Awalnya, mereka berkumpul hanya membicarakan mimpi mereka berempat aja. Tapi, kebetul...