#8 Life is't just about Theory !

416 14 3
                                    

Hidup bukan sekedar teori.

Dalam hidup, kita semua melakukan sesuatu. Beraktifitas, makan, minum, belajar, nonton bioskop, belanja dll. Semuanya itu PRAKTIK.

Dalam kehidupan akademik, dari mulai sekolah dasar sampai kuliah sebagian besar yang kita dapatkan setiap hari adalah teori. Kita belajar teori Evolusi, teori relativitas, dan teori-teori lainnya. Padahal dalam dunia karja, hal yang paling penting adalah skill. Kemampuan yang kita dapatkan dari berlatih secara praktik. Sementara teori adalah dasar yang digunakan untuk melakukan suatu praktik. Tanpa teori praktik jadi gak punya arah dan tujuan, sementara tanpa praktik, teori  akan jadi sia-sia.

Coba lihat diri kamu saat ini. Kira-kira skill apa, potensi apa yang secara praktikal kamu punya. Nah, kalau kamu sudah mendapatkannya alangkah lebih baik kalau kamu memaksimalkan potensi itu, sedini mungkin.

Misalnya kamu suka membuat cerita. Kamu bisa ambil jurusan sastra untuk memperkuat teorinya. Tapi ingat, ketika kuliah jangan hanya sibuk dengan tugas kuliah. Lanjutkan pengembangan skill kamu. Lanjutkan walau kamu harus berlelah-lelah setelah menyelesaikan tugas kuliah, karena hal ini akan sangat membantu.

Kalau kamu punya potensi lain, misalnya Fotografi tapi kamu ingin mengambil jurusan lain dengan alasan lain tetaplah melatih potensimu selama kuliah. Hal ini akan sangat berguna ketika lulus. Kamu bisa mengkolaborasikan jurusan yang kamu pilih dengan potensi yang kamu miliki.

Kuliah jangan sekedar kuliah ya :)

Me laff yuu :)

TAKUT SALAH JURUSANWhere stories live. Discover now