Namaku Naya. Aku tinggal di desa salah satu pulau di ujung Sumatera. Dulu waktu aku kecil. Aku selalu berpikir kalo yang banyak uang dan bisa bawa mobil itu orang yang kerja pakai seragam. Orang yang kerja pakai seragam itu orang yang kuliah. Dan orang yang kuliah itu banyak uang. Karena kuliah = mahal. Bayar kuliahnya mahal, bayar ke tempat kuliahnya mahal. Secara kalo dari tempatku harus keluar kota. Kalo keluar kota berarti naik pesawat. Yang naik pesawat itu biasanya orang kaya.
Yang artinya kuliah itu buat yang banyak duit.
Karena aku lahir di keluarga yang maaf, ayahku tamatan SMP ibuku tamatan SD. Maka, kuliah itu udah kayak tinggiiiiiiiiiiiiiiiiii bangett kek planet neptunus. Tapi si kecil yang suka banyak khayalan ini suka banget ngekhayalin macem – macem. Dan salah satu khayalannya itu buat jadi dokter dan kuliah.
Perjalanan SD ku lancar kayak selancar Alhamdulillah. Tiga tahun melewati SMP pun mulus J. Makin yakin dan semangat buat ngejar cita – cita yang sempet berubah – ubah. Pengen jadi dokter apa pramugari apa pilot apa astronot :D buset dah. Tapi tetep aja pokoknya harus kuliah.
Masuk lah ke SMA , masa dimana hidup makin terasa indah dan penuh warna. Awal masuk kelas 1 SMA kepsek ngomong kalo tahun kemarin pemerintah ngasih beasiswa kedokteran buat anak – anaknya dengan syarat pertama nilai rapot gak boleh <80 dan jumlah nilai gak boleh turun. Dengan semangat menggebu – gebu buat dapetin tiket emas tersebut. Siang malam belajar sungguh – sungguh. Tiap bagi rapot deg – degan harap – harap cemas takut ada satu nilai dibawah 80.
Alhamdulillah sampai masuk kelas 2 nilai rapot masih aman. Sampai akhirnya di akhir semester 4. Waktu itu lagi mau ujian praktek kenaikan kelas Bahasa Indonesia. Kami satu kelas disuruh ngasih penampilan drama. Waktu itu aku dapet peran sebagai pemeran utama. Saat lagi adegan buat pingsan tiba – tiba aja temenku yang perannya harusnya nangkep aku malah diem. Alhasil kepalaku kebentur kursi sampe kepala bocor. Setelah bangun pegang kepala dan di tangan penuh darah. Akhirnya adegan pingsan yang harusnya cuma boongan menjadi pingsan beneran. Sejak itu mulai sadar kalo cita – cita buat jadi dokter sirna sudah karna phobia darah :'( ya Allah.
Akhirnya setelah masuk kelas 3, mulai bingung mau ambil kuliah jurusan apa. Dan beasiswa kedokteran pun tak kunjung datang jugaa. Setelah mantap akhirnya mau tes SNMPTN di Teknik Industri Pertanian, Insitut Pertanian Bogor. Setelah mantap orang tua pun ngomong " kak maaf ayah mungkin gak bisa nguliahin kakak" jleebbb darah berasa tumpah – tumpah ilang harapan yang udah disusun semenjak kecil dan taunyaaa. Sebenarnya hal ini harusnya gak bikin keterkejutan karena dari awal udah tau keadaan keluarga gimana. Namun karena semangat pengen kuliah hal itu jadi kayak terlupakan. Dan karena sadar diri akhirnya cuma bisa berdoa supaya diberikan jalan yang terbaik.
Tiga bulan sebelum UN akhirnya guru BP ngasih tau ada penerimaan beasiswa. Bukan main semenjak pengumuman itu, hal – hal indah di hidup ku lainnya seakan sirna. Bukan beasiswa kedokteran tetapi karena ini kesempatan buat kuliah akhirnya hari – hari cuma temenan sama buku dan soal demi ngejar beasiswa. Pelajaran yang harusnya dipelajari buat UN ada enam. Dua lainnya dianggap biasa karena fokus ke tes beasiswa yang butuh nilai empat pelajaran UN. Siang malam pagi sore cuma Fisika, Kimia, Matematika, Bahasa Inggris udah gitu aja terus. Cuma berenti buat pipis , pup, sholat , makan sama tidur doang. Setelah dinyatakan lulus beasiswa. Akhirnya berjuang buat dapetin kunci lulus universitas.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ketika Cahaya Menyapa
Teen FictionDimulai dari kunci , kau lalu akan mencari lubang kunci nya, ketika kau mendapatkan lubang kunci kau akan memasukan kunci dan menggerakkan tanganmu untuk membuka kunci itu, setelah itu kau akan menarik gagang kunci hingga pintu terbuka, setelah pint...