part 5

183 6 0
                                    

Jono ngilang, gue panik ... Udin juga .. Emakpun kaga kalah paniknya gara-gara obat nyamuk pesenannya belum ketahuan nasibnya.

Sambil ngajak Udin, akhirnya gue pergi ke warungnya mak Minah. Gue kagak peduli ma Udin yang mencak-mencak gara-gara gue tarik kolornya. Yang ada di pikiran gue waktu itu, secepatnya musti nanya gimana kronologisnya hingga Jono raib.

Sesampainya di warung ...
Sengaja gue diem-diem,an aja nyari Jono ... malu ketauan, gimana ceritanya sampe bos preman bisa di culik pocong.
Gue masuk dan duduk, Udin ngikutin. Gue naikin kaki di bangku kayu, Udinpun ngikutin. Terakhir, gue ngebuka bungkusan rokok, menyalakannya lalu nyedot hingga dalam dan penuh kenikmatan, dan Udinpun ...... gigit jari.

Beruntung masih ada sedotan di sebelah Udin ...
Semua yang ada di warung situ, memperhatikan tingkah laku kami. Penduduk setempat emang sudah mengenal gue, dan apa yang dikerjakan dikota. Sedikit banyak mereka takut.
Kadang gue kaga ngerti, Kenapa lebih seneng punya predikat preman.

Bukannya lebih enak di sebut tukang tambal ban dari pada di panggil preman ? tapi terkadang juga gue mikir, bukannya nama gue kaga jauh beda ma nama preman.
Sama-sama berawalan ' P ' dan berakhiran ' aN ' ?.
Astaga, baru nyadar kalo ternyata masyarakat kaga salah sebut nama panggilan gue " Man".
Argh, kog malah jadi ribet sih mikirin yang begituan ?? …

" No, kesini bentar ! Lu tau kaga kemana perginya temen gue ? " tanya gue ke penjaga warung

" Temen yang mana to mas? " tanya Tarno balik

" Yang item legam, kumisan dan bertato gambar kupu-kupu itu loh kang " Udin nyaut

" Oh yang tadi datang sama kamu itu to Din ? " Udin manggut-manggut kayak marmut

" Tadi waktu Udin mesen rokok, dianya keluar warung mas, trus kayak nemuin seorang cewek gitu. Trus jalan ke arah selatan ngikutin itu cewek " terang Tarno.

" Lah itu kan arah makam ? “ sahut gue dengan dahi mengkerut agar terkesan rada sangaran dikit.

" Iya mas, betul dia kearah makam "

Gue manggut-manggut, Udinpun ikutan manggut-manggut ... Gue berfikir sejenak, Udin pun ikutan mikir ... kesel ma gerakannya, reflek gue sikut tuh karung beras. Udin meringis kesakitan.
Sampe penjaga warung ikutan ngeri ngliat gerakan gue. Lalu buru-buru nunduk, mukanya memucat, tatapannya ke bawah meja.

Gue bengong, penasaran dengan apa yang diliat pemuda itu. Kecewa ! karena gue cuman nemuin adanya seekor kucing di bawah meja. kucing itu mandaeg gue, gue bales memandang tuh kucing.Sedih, kenapa Tarno lebih mempercayakan pandangannya ke kucing dari pada ke muka gue. Sebegitu parahkah muka gue ??

Berbekal informasi dari Tarno, buru-buru gue ngajak Udin ke makam. Kaga lupa gue ma Udin nyamperin seorang Ustad yang amat terkenal di kampung. Panjang lebar gue bercerita tentang jalan sesat yang dah gue tempuh

" Astagfirullahaladzim¬, kenapa sampai melakukan hal seperti itu mas Parman ? " tanya pak Ustad

" Gue khilaf pak Ustad, maka dari itu gue pingin tobat. Tapi tolong, bantuin nyariin temen gue pak Ustad " rengek gue memelas.
Alhamdulillah dengan segala pertimbangan, akhirnya tuh Ustad nyanggupin

" Ya sudah, mas Parman ma Udin pergi dulu ke makam. Pancing arwahnya si Saropah buat nemuin mas Parman. Saya akan segera datang ke TKP beserta keluarga Saropah "

" Ah , aku kaga ikut Man " tolak Udin sembari begidik ngeri

" Lu harus ikut Din, nemenin gue ke makam " paksa gue

" Tapi Man, aku udah ada janji mau nganterin tetangga kampung sebelah mau beranak " Udin beralasan

" Mang apa hubungan lu ma tetangga kampung sebelah Din ?

TALI POCONG [ Tamat ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang