10

115 9 2
                                    


Gue ngegandeng pocong, bukan Udin. Karung beras sesungguhnya masih ada di dalam kamar bareng bang Jono. Justru pocong Saropahlah yang kepegang tangan gue dan ngajakin keluar rumah. Beruntung tuh pocong kaga nyulik gue.

Dendam, sakit hati dan sebel karena terus-terusan di teror juga dipermainkan, bikin gue nekad pulang kampung sendirian tanpa sepengetahuan bang Jono dan Udin. Gue yang bikin ulah, dan gue pun yang harus nyelesain.

Saat yang di nanti telah tiba, Saropah harus benar-benar musnah malam hari ini. Jadilah hari itu gue nglaksanain hajat besar-besaran yang bagi sebagian orang mustahil.
Pukul 11 malam gue bersiap-siap ke kuburan Saropah. Peralatan seadanya gue bawa. Sebelum berangkat kaga lupa gue pamit ma Emak.

“ Parman, nih emak cuman mau nitip obat nyamuk bakar “ kata Emak sembari nyerahin duit lima ribuan.

“ Maaakkk, gue mau ke kuburan bukan mau ke warung “ .protes gue. Emak tetep cuek lalu nerusin kalimatnya …

“ Jangan lupa beli koreknya sekalian ! Lu pinjem deh, kaga apa-apa. Karena kata kakek buyut elu, pocong takut sama yang namanya api “ .Emak melengos, kaga peduli sama muka gue yang udah kelipet-lipet.

Akhirnya dengan berat hati, gue nurutin kemauan emak. Setelah mampir ke warung sebentar, perjalanan kearah makampun langsung gue terusin. Jarak dari rumah ke kuburan emang kaga seberapa jauh, hanya sekitar 10 menit. Saat hampir nyampe area makam, gue ketemu dengan pemuda asing. Agaknya tuh orang datang dari jauh. Kelihatan dari tas ransel besar yang ada di punggungnya. Pemuda tersebut berhenti pas di depan gue saat berpapasan

“ Permisi bang, rumahnya Zubaedah sebelah mana ya ? “ tanyanya..

“ Lu lurus aja, ada pertigaan belok kiri “ .jawab gue singkat. Pemuda itu manggut-manggut.

“ Terima kasih bang “ .pemuda itu tersenyum

“ Lu siapanya si Baedah ? “

“ Saya sepupu dari almarhum suami Baedah bang “ .jawab pemuda itu kalem. Gue ngelirik curiga.

“ Ya udah, saya jalan dulu … tapi sebelumnya mau nanya lagi nih bang, emang mau kemana malam-malam begini ? “

“ Mau tau urusan orang aja lu ! “ jawab gue kurang senang.

“ Bukan gitu, soalnya perempuan yang ada di belakang abang kog keliatan jutek amat. Ya udah, permisi dulu, mariii … “ .pemuda tersebut berlalu.

Gue berfikir sejenak, begitu nyadar gue buru-buru ngejar pemuda tersebut.

“ Wooee tunggu ! apa’an yang elu liat ? “ .tanya gue mengintrograsi. Sang pemuda ngejulurin tangannya …

“ Kenalin ! Nama saya Ivan. Saya cuman ngliat penampakan di belakang abang … karena saya punya indra ke enam jadi bisa melihatnya dengan mudah “ jawab pemuda tadi sembari nyalamin gue.

“ Sepertinya abang punya masalah dengan salah satu penghuni makam itu “

Gue bengong, dari mana Ivan tau ?? Tanpa di minta, gue nyeritain tentang pocong Saropah yang hari demi hari terus-terusan neror siang malam gue. Ivan cuman ngerutin dahi dan sesekali manggut-manggut ngedenger penjelasan gue.

“ Apa sekarang dia masih di belakang gue ? “
Pemuda itu menggeleng sembari tersenyum.

Tiba-tiba angin berhembus kencang. Dahan pohon bambu bergoyang saling bergesekan, nimbulin suara yang menggelikan telinga. Gue ngrapetin badan ke Ivan.

“ Dia muncul “ .pelan suara ivan setengah berbisik.

Gue semakin merapatkan badan ke Ivan. Keberanian yang tadinya berkobar-kobar, seketika sirna saat terdengar suara tawa khas kuntilanak, dari balik pohon bambu. Bersamaan dengan itu, muncul sesosok pocong keluar dari area kuburan lalu ngilang … nongol lagi di tempat yang berbeda lalu ngilang lagi, begitu seterusnya.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 22, 2017 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

TALI POCONG [ Tamat ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang