PART 6

124 6 0
                                    

Tok, Tok, Tok .....

Siapa sih yang malam-malam ngetok pintu, batin gue menggerutu.

" Siapa di luar ? " . nanya setengah berteriak.

" Gue, Man. Bukain pintu dong !!

" suara cempreng Udin nongol.

Dengan malas-malasan gue ngebukain pintu. Di balik pintu sudah berdiri si Udin sembari ngebawa-bawa senter ma kentongan.

" Emang ada apa Din ? "

" Temenin gue ngeronda Man " Udin memelas

" Haaahh !! Ogah !! gue kira mau ngajakin makan malam "
Udi bengong *ngemut Senter

" Weeew .... jangan nuduh donk !! " sahut Udin mendelik sewot.

Gue balik masuk ke dalam rumah, tak lupa nutup pintu sekeras-kerasnya. Sebelum bener-bener ketutup, tuh pintu masih sempet mampir ke jidat Udin, jadilah buntelan sprei keki berat.

" Hadoooww ... " . Udin tereak kesakitan.

Tok,Tok,Tok ..... pintu kembali diketok.

" Ayo dong Man, gue takut sendirian ". Kata Udin setengah merana dari balik pintu

" Emang yang lain pada kemana" .ngobrol dari balik pintu.

" Sueb kaga bisa jaga karna sakit, Otong ketiduran, Samsul cuti ngelahirin .. eh maksud gue istrinya ngelahirin " .jawab Udin.

Gue bengong, sebel tingkat peranakan. Akhirnya, kaga tega juga ngebiarin si Udin ngeronda sendirian. Takut ngilang aja tuh anak, pindah ke rumah janda Zubaedah. Nah, si Zubaedah nih kakak kandung si Saropah. Gue beranjak dari tempat tidur, lalu pamitan ke Emak

" Mak, Parman ngeronda dulu " Gue nyamperin emak yang lagi tiduran di kamar.

" Hati-hati Man ! kalo ketemu Saropah, lu ngadu aja ke Pak Ustad"

ujar emak ngingetin, meskipun perasaan gue itu sih kaga ngingetin tapi nakut-nakutin.

" Oh ya Man, Lu tadi udah makan ? ". emak nanya.

Gue terharu atas perhatian Emak. Pelan, gue ngangguk hampir nangis sesenggukan.

" Sendoknya masih utuh kan ? kaga ketelen lu ? Bukannya apa-apa, cuman sendok di rumah kan tinggal 2 biji, Emak takut ntar kaga punya sendok lagi buat nyiduk sayur ". gue bengong, sementara si Udin cekikikan ngetawain gue.

Malam yang dingin. Suara jangkrik bersahut-sahutan. Gue jalan beriringan dengan Udin. Mata masih ngantuk tapi demi pertemanan mau kaga mau, gue kepaksa mau. Masih trauma dengan pocong Saropah, jalan gue rada kurang tenang.

Nyampe di pos kamling, gue langsung selonjor nglemesin badan di balai-balai. Sementara Udin duduk di atas sebuah batu besar sambil naikin sarungnya sampe sebatas bahu.

" Kog sepi begini Din, Pak RT mana ? Otong mana ? ". *Nyibak semak-semak.

" Lah nih anak, dah di bilang mereka kaga bisa hadir " jawab udin mangkel.

Gue cuma melengos masa bodo. Sepi banget, kaga tau pada kemana hewan-hewan malam yang biasanya bernyanyi. Tumben kaga ngeluarin suara.
Tiba-tiba dari balik semak ada suara mencurigakan

Kruseeekk ... krussseeekkkkk ...

" Suara apa tuh Man ? ". tanya Udin, gue menggeleng.

" Coba lu tengokin Din ! " perintah gue ngacungin Jari tengah

*Nah Loh !! ...

" Ogah, gue takut ". tolak Udin

" Ah elu, dasar cemen ". jalan ngehampirin semak-semak di belakang pos. Celingak-celinguk mastiin apa yang ada di baliknya. Kosong, gue kaga ngeliat apa-apa kecuali kucing yang lagi kawin. Hadeh !

TALI POCONG [ Tamat ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang