Pt 5 : "Mengenal Dunia Fanfiction"

179 26 31
                                    

WARNING : BANYAK ISTILAH ASING DAN BELUM DIREVISI. MOHON MAKLUM, REVISI MENYUSUL ❤❤❤

HAPPY READING~








Lu Kpopers? Jpopers? Atau Indianers? (maksa banget xD)

Dan lu suka berimajinasi kalo idola lu itu pacaran sama lu, atau pacaran sama orang yang menurut lu cocok, atau punya kisah percintaan yang unik kek di khayalan lu?

Nah beb, imajinasi lu itu, kalo lu tulis dan jadi sebuah cerita, itu disebutnya epep, maaf ralat, maksud gue FF (Fans Fiction atau bisa juga Fanfiction). Masih belum paham? Yodah gue kasih tau pengertian ff dah.

"FF yaitu sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film, komik, novel, seelebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang, sejumlah fanfict menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak." (Han Tae Sun. 12 September 2013. Apa arti Fanfiction..? dan istilalh-istilah dalam Fanfiction Lengkap (Rating,Genre,istilah lainnya). [Online], sumber dari : https://hantaesun.wordpress.com/2013/09/12/apa-arti-fanfiction-dan-istilah-istilah-dalam-fanfiction-lengkap-ratinggenreistilah-lainnya/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7821167160 . [28 Agu. 17]

Gue yakin, mau lu suka atau kagak suka, seenggaknya lu pasti udah kagak asing sama FF-kan?

But, lu Cuma tau permukaan FF doang, 'kan? Cuma tau tokohnya kebanyakan diambil dari idola si penggemar doang, 'kan? Dan lu bermonolog sendiri, 'Ah, imajinasi kek gitumah gue juga bisa nulis kale!' emang, setiap penulis pasti bisa bikin ff, entah siapapun pemerannya. Fyi, nulis gak sekedar nulis doang, nulis itu perlu pake seni supaya hasil yang lu dapet seindah senyum doi yang jauh disana.

Bukan hanya seni, nulis juga kudu pake aturan.

Siapa yang pernah belajar unsur intrinsik sama unsur ekstrinsik nulis cerpen/novel? Kalo belum ada, kapan-kapan gue jabarin daah~

Dan gak semua dari penulis paham sama unsur-unsur FF, apa-apa aja yang ada di ff, kamus-kamus, bahkan hal-hal yang gak kita ketahui-karena pemikiran 'ff hanya nuangin imajinasi sang idola'-jadi gak jarang banyak yang ngerendahin ff, makanya ff kadang gak bisa setenar atau sepantaran sama novel-novel sejenis karya penulis terkenal.

Ok, itu menurut gue ya, soalnya gue belum nemu sama ff yang ceritanya udah di pilemin, kalo diterbitin sama penulis sih udah biasa, tapi kalo masuk dunia film, gue belum nemu. Kalo lu udah nemu, bagi tau gue yaks. Wks.

Oke, langsung aja gue bahas atu-atu ye.

Rating, ini dipake buat ngebeda-bedain penggunaan bahasa, adegan cerita, dan juga unsur-unsur lainnya. Rating yang biasa ada di ff ntu ada :
General = General (Dari orok yang bisa baca sampe kakek-nenek yang masih kuat matanye, boleh kok baca itu ff)

PG-13 = Parent's Guidance (Kalo di Indo, istilahnye BU [Bimbingan Orangtua] dan minimal pembacanye 13 tahun)

PP-15 = Parent's Guidance (BU, dan minimal anak yang baca umurnya 15 tahun. Jarang sih nemu buku buat bacaan anak 15 tahun, soalnye rata-rata banyak penulis ngasih baca kea anak minimal umur 13 tahun)

NC-17 = Not Child 17 (Pembaca DIBAWAH umur 17 tahun, DILARANG kera untuk membaca. Tapi ya, gue pengalaman pribadi, SMP suka demen buka yang ada NC-17, lebih ena. Ehe. Jangan ditiru)

NC-21 = Not Child 21 (Ini lebih mantab ketimbang NC-17 :'v. Karena penulisnya bener-bener profesional. Fyi, seorang author yang gue kenal, sebut saja namanya 'Kembang Desa', waktu itu gue baca di blog pribadinya, dia minta maaf belum bisa lanjut cerita karena kurang nge-feel, nah trus disono juga dia bilang sampe ngoleksi Jav dan Iav supaya bisa mendalami adegan haha-hihi buat para pemain. Njir, patut diacungi lima jempol :'v)

WATTPAD TERANGKANLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang