Pt 10 : Dosa-dosa Author Pemula

118 17 4
                                    

WARNING

INI GUE NULISNYA NGEBUT SOALNYA MAU KE UPI, NGELATIH SESUATU. APAAN? Cieee kepo ehe.

----o0o----

Gue ini punya kelebihan dan pula kekurangan, dan elu juga pastinya gitu kan? Engga. A masa? Lu cantik tapi jomblo, itu adalah salah satu bukti nyata kelebihan yang dibarengi kekurangan. Makanya jan sombong kalo cantik tapi masih jomz :v gue dong, udah jomblo, biasa-biasa aja lagi :’v

Iya udah iya, da gue mah apa atuh😌

Hanya jempol dadang konelo yang suka dipake buat ngupil 😔

Jijik😷

Tapi ga deng, bulu ketek gue merinding iywh.😲

Yaudah ah, makin ngaco.😒

Jadi, gue mau bahas apa kali ini?😝

Karena gue dalam tahap pembersihan upil, soalnya gue masih sakit dan ingusan, cerita-cerita yang ngantri mau dikrisar kalem ae. Gue baca koq, tapi belum gue krisar, keknya miinggu depan udah bisa gue posting dimari. So, yang sabar ae, karena sabar itu jidatnya lebar. Ehe.😂

Oke, kenapa gue bikin judulnya “DOSA-DOSA AUTHOR PEMULA” musabab banyak banget dede-dede emes yang mau jadi penulis profesional tapi kagak tau kalo mereka salah, niat hati mau promosiin cerita, eh malah bikin keki pemirsa. Nah, dan gue udah ngeriset perkara ni dari jauh-jauh hari (selama gue sakit, kurang baek dan mulia apa niat gue ini coba?)

Supaya what?

Kalen-kalen yang mau jadi penulis profesional tanpa bikin huru-hara disana-sini, dirumah tetangga, kerabat, rumah mertua, rumah doi, dan rumah kekekalan/? Bisa dapet pencerahan setelah baca petuah-petuah ajaib bin manjur tapi jangan dipercaya/? Dari gue.

“Udah njir, kebanyakan bacot!!”

Ngamuk mulu.😔

Oke dah, gue mulai nih.👌👄

Cekidotz!👄

1. Maksa ceritanya selalu di-vomment

Ini pembahasan pada bab yang ke-1 alesannya di sono baca aja, gue males ngetik lagi, pan intinya sama ae. Ehe.😂👌

Lanjut ke nomer 2

2. Maksa di-follow sama PENULIS PROFESIONAL
GUYS, INI WARNING buat kalen-kalen semua. Jangan pernah maksa penulis yang followers-nya bejibun buat polo your account, apalagi lu maksanya pas banget di cerita dia, yang ada lu malah di hujat abis-abisan.

Why?

Karena itu kagak sopan yaaa, kalo mau di-follow secara terhormat, ya lu pdkt dulu kek sama dia, apa-apa dulu kek, ambil hatinya, dm-dm an. Disini, yang jago ngebaperin + jago ngambil hati, monggo deketin tuh author yang lagi naik daun. And after, both of you are will be closely, lu bisa minta di polo ama dia. But, kalo dia kagak mau, JANGAN MAKSA ya. Sekali lagi, itu kagak sopan.

Buktinya?

Gue pernah ngobrol sama salah satu author yang udah terkenal dan dia kzl sama penulis amatir yang kek gitu (tapi gue lupa nge-ss). Jadi, jangan maksa yaa, kalo niat lu bae-bae, apapun yang lu lakuin juga pasti berbuah baek kok, asal action-nya juga bae. Okay brada?

3. Promosi cerita di sembarang tempat

Ini kekekian yang hakiki, lu kalo promosi cerita niat kagak sih? Kok yaaa.. promosiin cerita di lapak cerita orang, udah gitu, maksa lagi, ah pokoknya kagak sopan dan kagak etis.

Jadi yang bener gimana?

Lu punya LINE kagak?

Noh disono udah ada LINE SQUARE, gue udah gabung 4 grup kepenulisan LINE SQUARE (nama gue Adeerable/ [G’s] Dee) , atau OA-OA yang open member/admin, atau OA-OA yang buka rekomendasi cerita. Disono buaaanyaaaak banget wadah buat lu promosiin cerita.

Di Instagram juga, ada brainlywriters, clevencowriters, wattpad_s_cafe, wattpadrekomendasi, orangewriters dan masih banyak lagi... (GUE RENCANA MAU BIKIN IG WATTPADTERANGKANLAH, tapi gue ragu, ada yang mau bantu gue?)

Di aplikasi ini juga (Wattpad), ada Wattpad Wattpad_Research WClassy_ BrainlyWriters ClevencoWriters teenfictionIndonesia dedicatedrekomendasi HOGWARTSAcademy dan masih banyak lagi cari sendiri yopz

Dan lu gak refleksi diri
Lu ngerasa krisar apalagi kritik pedes orang lain itu kagak bener, lu ngerasa cerita lu enak-enak aja dibaca, lu ngerasa kagak ada yang salah, dan lu ngerasa kalo cerita lu itu ngalahin J.K. Rowling.

So, sehebat apa sih lo brad?

Kalopun misalnya kagak ada yang krisar cerita lu, yaaa tips dikit dari gue, lu endapin dulu cerita lu sehari, besoknya lu baca ulang, nah ntar keliatan mana yang salahnya, lu bisa benerin disitu.

Perbanyak lagi ya baca-baca cerita author yang lain, kalo bisa, lu ikut ngomen juga, jangan takut salah, kalo lu ngoreksi, sama aja kaya lu ngoreksi diri. Saling feedback kalo ada yang minta feedback.



Gue udh ditelpon anak murid gue :’v
Dan gue mau otw ke UPI buat ngelatih.
Ini pembahasan sebenernya masih panjang.
Tapi waktunya mepet banget.
Kalo gue mood, gue terusin lagi.




Udah ah, segitu aja.
See you in next part!
Hanbini
10.20
20.09.17

WATTPAD TERANGKANLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang