Pt 11 : Materi Kepenulisan (Dialog Tag)

80 13 6
                                    


Banyak kekeliruan yang terjadi di dunia kepenulisan, apalagi tentang dialog tag (tanda dialog/percakapan). Nah, supaya kekeliruan itu kagak makin ngaco, gue coba buat bantuin lu pada ke jalan yang bener, sapa tau dapet pencerahan, jadi terang jidat/? Lu.

Ini beberapa keluh kesah yang berhubungan sama dialog tag.

"Ka Dee dialog tag yang bener itu kayak gimana sih?!"

"Dee, perasaan dialog tag ribet amat ye."

"Jadi, yang bener, pake koma apa pake titik ae?!"

"Gue dimana? Lagi apa? Dengan siapa?"

-abaikan-

Materi ini jangan di hapal, lu mesti paham. Karena, sekalinya lu paham terus ntar lu coba nulis, gue yakin, ke sononya, tulisan lu makin rapih. Ini sekalian reminder buat gue, supaya gue kagak sok-sokan ngomentar tulisan orang laen taunya yang gue sendiri juga salah ☺

Yang untung siapa? Lu sendiri kan. Makanya, perhatiin bae-bae ok.

But, bentar dulu, materi ini bakal gue sambung-sambung, ntar setiap segmen bakal ada soal-soal yang gue ajuin, terserah lu mau jawab apa kagak, toh ngasah kemampuan lu, seberapa lu paham sama materi dialog tag ini. Oke, yodah itu aje.

Cekidotz brada!

Dialog Tag terdiri atas dua bagian, yaitu 'Dialog Tag ' dan 'Bukan Dialog Tag '. Bedanya dimana? Nih gue kasih contoh, ntar gue jabarin.

Dialog Tag :

"Pakaianmu sudah ku setrika," kata Rina.

Rina berkata, "Pakainmu sudah ku setrika."

Penjelasan : ciri yang paling menonjol di 'Dialog Tag' yang lu bisa liat bener-bern itu, tanda koma yang penempatannya kudu diperhatiin baek-baek.
Tanda koma dipake setelah kalimat selesai, ditutup sama kutip dua. Udah itu, kata kerja yang langsung dilisankan si subjek kudu pake huruf kecil.

Kagak mau tau, kudu ngarti.

Bukan Dialog Tag :

"Pakaianmu sudah ku setrika." Rina menunjuk setumpuk pakaian rapih di atas meja.

Rina menunjuk tumpukan baju di atas meja. "Pakaianmu sudah ku setrika."

Penjelasan : jelas banget bedanya 'kan? Kalimat yang 'Bukan Dialog Tag ' Haram Hukumnya pake tanda koma! Wajib Hukumnya pake tanda TITIK, dikarenakan kalimat ntu KAGAK Langsung dilisankan sama si subjeknya.

Langzooott😎

Dialog Tag di antara Dua Dialog.

Ini yang lumayan banyak ngecoh para penulis :v gue sukak merasa gagaga gugugu kalo baca kalimat yang dipaksa dihubungin, karena emang materi ini kayak yang gampang, tapi kalo lu praktekin, meleset sedikit, udah deh, mau kagak mau, kudu dibenerin.

Contoh 1 :
"Usaha cilok Pak Dudung naik drastis," kata Neneng.

"Kau tahu kenapa?" Neneng mengambil ember sembari berjalan.

Contoh 2 :
"Baju lu kusut amat Bed. Tapi," Jeka berujar, "Hapus tuh belek lu supaya kerenan dikit."

Penjelasan : kalimat pertama, setelah 'kata Neneng' kagak pake koma tapi tanda titik. Kenapa? Coz, kalimat selanjutnya 'BUKAN Dialog Tag ', soalnya kagak keterangan si Neneng nanya, yang ada malah 'Neneng mengambil ember sembari berjalan', Neneng malah ngelakuin hal lain. Jadi, kagak pake tanda koma, tapi titik. Pahamin bener-bener ye.

OKE, SEKARANG WAKTUNYA GUE MAU TAU SEJAUG MANA LU PAHAM SAMA MATERI INI👄

Daftar soal :

1. Yang manakah kalimat Dialog Tag ?

a. "Jadi, kamu yang tidur menghabiskan bakso ku?" Latty menahan kesal.

b. Dengan cemberut, Gema menjawab. "Bukan aku!"

c. Mika kembali dari dapur, mengernyit heran kemudian mencebik, "kembalikan bakso Latty, Gema!"

d. Namun dengan bersungguh-sungguh Gema menggeleng, "Sungguh, bukan aku!"

e. Pengakuan Gema tak digubris Latty. Hening sesaat hingga beberapa menit kemudian Vero mendekati mereka seraya menenteng mangkuk ayam jago dan tersenyum sumringah, iapun berkata, "Ini bakso punya siapa? Enak banget! Cobain deh!"

f. Latty mengepalkan tangannya geram, "Jadi kamu yang ambil bakso ku?!"

2. Yang manakah Dialog Tag di antara Dua Dialog?

a. Kiki terbatuk-batuk membuat Koko kesal, "minum obat gih!"

b. Kiki menggeleng, "Udah minum tadi." Ucapnya, "Minum berapa banyak?" tanya Koko.

c. Namun lagi-lagi Kiki terbatuk. "Sudah berapa lama sakit?" Koko mendekati Kiki kemudian menempelkan tangannya tepat di depan dahi sang adik kembaran, "Entahlah."

d. "Uhuk.. uhuk!!" suara batuk itu semakin keras. Seketika, sekelabt ide muncul di benak Koko. "Ki, tunggu sebentar!" ia pun berlari entah kemana. Tak lama kemudian kembali seraya membawa gelas tupperwere. "Minumlah," titah Koko lembut.

e. "Apa ini?" Kiki penasaran, Koko menggaruk lehernya pelan, "Perasan jeruk nipis sama kecap." Ungkapnya malu-malu.

f. Senang diperhatikan sang kakak, Kiki dengan semangat empat lima menghabiskan ramuan tersebut secepat kilat.

Ayooooo, bisa kagak? Cobain yakz!






Udah ah, segitu aja
See you in next part!
Hanbini,
09.15
26/09/17

WATTPAD TERANGKANLAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang