Menangis karena Allah

9.1K 186 4
                                    

Apa yang kamu pikirkan saat shalat? Apa kamu menunaikan shalat dengan mendirikan atau sekedar sujud bangun lalu kembali lagi seperti itu?

Jujur aku sendiri, sebagai anak kecil polos yang sering ngeliat ortu dan kakak sholat, akhirnya secara kebiasaan sholat. Jadi, kalo misalnya ga sholat itu rasa ada yang kurang gitu. Saat itu gak kecil2 amat sih, cuma yaa, anggaplah jaman kelas 6 sd. Nah, waktu itu udh masa nakalnya temen2 sama lingkungan. Tapi entah kenapa, aku gak kena angin2 nakal dari lingkungan maupun temen2. Oke, apa hubungannya lingkungan ama sholat? Jadi gini. Kalo lingkungannya nakal, kan, gak 100% dong mereka bakal khusyu' sholat? Sholat aja, yaa, tergantung orang di rumah juga.

Jadi, ada pertanyaan yang bikin aku gak pengen diem aja. Waktu sd, kakak sekolah di sekolah IT swasta. Aku ngeliat pakaian dia, buku2nya, maybe all of it. Sampai akhirnya sekolah itu bikin aku jatuh hati. Dan pertanyaan "kalo kamu mau masuk ke situ? Kenapa kamu gak berjilbab? Kenapa kamu sholat sekedar ngerjain? Kenapa kamu gak berusaha menuhin kriteria calon siswa di sana?" muncul. Oke, saat itu emang belum berjilbab. Alasan nolaknya lucu, mungkin juga gak mainstream, bukan karena hati gak kebuka ato belum siap atau gimana. Alasan kuatnya itu adalah: jilbab sd waktu itu gak enak banget dipake, bikin pusing, norak gitu.

Fix waktu itu emang gak suka sama model jilbabnya. It's because aku mandang jilbab segi3nya kaka2 smp sama sma itu keren dan lebih remaja. Sebenernya jilbab sd waktu itu gak norak(menurutku saat ini), yang ada talinya trs sama bunga2 di muka sama bawahnya. NAH! Itu. Tapi, karena yaa, namanya juga alasan, apa aja dijadiin, ya, nggak?

Tapi sekarang, aku malah mikir jilbab segi3 itu norak, ribet, gak sreg gitulah. Tapi aku gak bilang loh kalau Islam itu nyusahin. Justru Islam yang sebenarnya itu bikin hidup kita nyaman banget. Aku ga ada niat nge-judge anyone, kay? Jadi gini, mungkin kamu pernah denger/liat kalau, "No tutorials needed, because Syar'i is so simple". Ternyata itu beneran, tau. Ya, awalnya aku, "oh, gitu," gitu aja, gak yang, "wahh" gitu enggak juga. Sampai aku nekad ke sekolah pake jilbab "langsung"(praktis, yg pake tali itu) tapi talinya aku potong, otomatis lebih keliet aura cantinya. It's not because self-confidence or something like that, tapi kenyataannya aku cuma pengen "cantik". Oke, ini aib, tapi who cares? Nobody knows who I really was. Kecuali, sih, temen2 sklh.

Kisah pertamanya, pas masuk SMP agak eteb karena jilbabnya ternyata sama aja kayak SD modelnya, tapi ini lebih panjang, nutup dada. Tapi, karena kerennya masa MOS plus kocaknya temen-temen baru, udah, ngelupain tuh, si jilbab. Pas masuk, jiwa "keABGanku mulai pudar". Eh, tiba2 there's a handsome boy, duh inget bgt dia waktu itu beda baju sendiri sama temen-temennya.

Kebiasaan SD, kalo naksir itu pake modus/efek/filter supaya yg ditaksir ter-notice, lagii, setan mampir. Lalu jadilah aku beli jilbab segi3. Ini curhat gapapa lah, ya..Sejak saat itu aku mungkin bisa dinobatkan sebagai "Cewe Paling Rapi Kalo Pake Jilbab Segi3 Tanpa Kaca" oke, itu kepanjangan. Serius aku tau.

Kenapa gitu? Karena, kakak kelas SMA pun mereka perlu kaca segede2nya supaya tuh jilbab rapi, gak ngelencong sana-sini, rambut gak keliatan. Aku cuma set-set-set, habis lepas mukena langsung beraksi dan cepet banget selesainya. Aku inget banget kakak kelas tatapannya begimane amat, dan ada sebagian yg nunjuk2. Tapi, lagi2, who cares? It's me! Kalo mau diajarin bilang aja, heheh.

Nah baru suatu hari aku merasa kalo aku bener bener nekad ga pake jilbab segi3 buat 1 hariii aja, soalnya aku udh terkenal gak bisa lepas dr jilbab segi3. Dan aku juga mulai capek, si kakak kelas kagak naksir, malah temen2 yg aneh yg naksir. It's not my dreams!

Menangis karena AllahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang