Futakuchi Onna atau wanita bermulut dua merupakan cerita hantu dari Jepang tentang seorang wanita yang dikutuk memiliki dua mulut, satu didepan dan satunya lagi tersembunyi dibagian belakang kepalanya. Tengkoraknya terpisah atau terbelah, dan membentuk sebuah mulut, gigi dan lidah. Sehingga menciptakan mulut kedua yang dapat digunakan.
Futakuchi Onna juga membuat rambutnya mirip seperti tentakel sehingga bisa mengambil makanan dan memasukan makanan tersebut kearah mulut yang berada dibagian belakang. Sosok ini juga memakan makanan melewati bibir normal, namun mulut dibagian belakang kepalanya mengkonsumsi dua kali lipat. Konon ada orang yang pernah bertemu langsung dan melihat sosok Futakuchi Onna.
Di sebuah desa kecil hiduplah seseorang yang kikir dan pelit, karena dia tidak bisa menanggung beban untuk membayar makanan untuk istri, jadi dia hanya tinggal sendiri. Suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita yang tidak pernah makan apa pun, lalu dia segera membawanya pulang untuk dijadikan istrinya. Karena wanita ini tidak pernah makan sesuatu, dan seorang pekerja keras, dan juga orang tua yang kikir itu sangat senang dengan dia. Tapi disisi lain dia mulai bertanya-tanya mengapa stok beras ditokonya terus berkurang setiap harinya.
Suatu hari seorang yang kikir itu pura-pura berangkat kerja, lalu memata-matai istri barunya. Setelah melihat istrinya dari sebuah celah dinding tokonya, dia pun sangat terkejut. Dia melihat dibagian belakang rambut istrinya, sesuatu mulai terbuka lebar seperti membentuk sebuah mulut yang menganga. Lalu rambutnya yang seperti tentakel mengambil beras dan menaruh beras tersebut kedalam mulut dibelakang kepalanya.
Ketika mengetahui bahwa suaminya sedang memata-matainya, wanita itu langsung menyerang suaminya dan mencoba mencekiknya. Namun suaminya ini langsung berpikir untuk melarikan diri dan bersembunyi diatas gunung. Beberapa minggu kemudian, ketika suaminya ini berpikir untuk kembali kerumahnya, dia tidak menemukan wanita itu lagi didalam rumahnya. Akhirnya dia memutuskan untuk tidak akan pernah menikah.
Kisah lainnya, seorang duda yang telah memiliki anak perempuan ini memutuskan untuk menikah. Namun istri barunya ini merupakan seorang pendiam dan juga pendendam. Akhirnya mereka dikaruniai seorang perempuan dari pernikahan mereka. Namun, mereka miskin dan hanya ada sedikit makanan untuk dimakan. Istri barunya itu memutuskan untuk memberikan makan kepada anak perempuannya, sementara anak perempuan yang pertama tidak diberikan makan. Akhirnya anak perempuan pertama itu meninggal kelaparan.
Tidak lama kemudian, pria itu sedang berada di kebun. Membelah kayu untuk dijadikan kayu bakar, dia kemudian mengayunkan kapaknya kearah yang salah, dan mengenai kepala dibagian belakang istri barunya. Terlihat banyak darah mengalir dari kepala bagian belakang istrinya, dan suaminya ini mengira istrinya akan meninggal.
Namun istrinya selamat, akan tetapi luka dibagian belakang kepalanya tidak pernah sembuh dan akhirnya membentuk sebuah mulut, gigi dan hidung. Istrinya merasakan sakit yang luar biasa dan hanya dengan cara memakan melalui mulut belakangnya maka rasa sakitnya akan hilang. Hanya dengan memakan melalui mulut belakangnya dia akan merasa terobati. Suatu hari disaat istrinya sedang tertidur, tidak lama kemudian mulut belakangnya berbicara kepada suaminya “aku telah dikutuk karena aku telah membiarkan anak perempuan pertamamu meninggal karena kelaparan”.
Konon wanita bermulut dua atau Futakuchi Onna legenda nyata dari Jepang dan dialami oleh beberapa orang yang pernah melihatnya secara langsung. Wanita bermulut dua ini jarang keluar dari rumah dan ketika keluar rumah mereka selalu menggunakan penutup dibagian belakang kepalanya untuk menutup mulut bagian belakangnya.