Jess Conte as Delmora Renata
Dia bukannlah gadis yang seperti arti namanya, Seseorang yang terlahir sebagai laut. Hidupnya jauh dari kata tenang selayaknya laut, hari-harinya tidak selembut saat angin menyentuh setiap lapisan kulit, bahkan mungkin bisa dikatakan penderitaan hidupnya lebih riuh dari sekedar gemuruh ombak. Seorang gadis dengan usia 17 tahun, masih sangat dini untuk menjadi setegar apa ia sekarang. Mungkin, kehidupan yang ia perliahatkan di depan layar sandiwaranya menjadi hidup impian siapa pun gadis di dunia ini. Primadona sekolah, cantik, ramah bahkan berprestasi, siapa yang tidak ingin terlahir seperti Delmora?. Namun, indah itu rekayasa, cantik itu buatan, ramah itu skenario, dan prestasinya hanyalah bentuk pembelaan dirinya agar tak dianggap remeh oleh siswa lain. Siapa Delmora?, apa yang membuatnya memiliki celah sementara hidupnya terlihat begitu sempurna?, entah dia pun masih berpikir, siapa dirinya?.
Delmora Renata
Gabs Ventur as Azka Aldric
Sosok Badboy yang pada umumnya tergambar dalam sebuah novel remaja. Malas belajar, pembuat onar, bahkan menjadi musuh semua guru, namun anehnya dia seolah menjadi pria idaman semua siswi, statusnya sebagai Trouble Maker seolah menjadi daya tariknya, dan ditambah dengan wajah tampan dan merupakan pemimpin dai kumpulan coga-cogan sekolah. Tidak ada yang tidak mau menyandang status sebagai pacar seorang Azka, pria itu ketika memilih seorang wanita untuk menjadi miliknya ia akan selalu menjaga dan membuat wanita itu menjadi satu-satunya manusia yang berhak bahagia.
Azka Aldric
Jess Conte as Felita Lucy
Seorang gadis yang tidak terlahir, tidak pernah menampakkan bagaimana sebenarnya sosoknya. Dalam sebuah kasus medis, ia disebut dengan Alter, sebuah kepribadian yang muncul dalam sosok orang lain. Ia adalah penyakit sekaligus kutukan bagi penderitanya, dan sialnya penderita penyakit DID(Dissociative Identity Disorder, a.k.a kepribadian ganda) itu adalah Delmora. Feli tidak bermaksud menyiksa Delmora dengan kehadirannya, melainkan Delmoralah yang menciptakan sosoknya sebagai pertahanan dan pelarian dari masa lalunya yang keras. Bukan salahnya ketika ia muncul dan menggantikan sosok Delmora yang terlalu lemah, bukan salahnya juga ketika ia mulai nyaman dengan sosoknya yang hadir di dalam raga Delmora, dan sekali lagi bukan salahnya ketika ia mulai menanam rasa untuk orang yang pada kenyataannya tak mampu menjadi milikinya.
Felita Lucy
Jacko Brazier as Awan Sinatra
Cowok humble, cerdas, wajahnya tampan, dan anak tunggal dari seorang panglima TNI, apa lagi yang dibutuhkan oleh seorang Awan?, hidupnya sudah lengkap dengan kebahagiaan. Namun, semua kebahagiaan itu menjadi pudar ketika ia kembali bertemu dengan salah-satu orang yang berharga dalam hidupnya namun kini harus menjadi musuh yang amat ia benci. Dendam masa lalu itu akhirnya terbuka kembali, Azka dan Awan mereka sahabat yang saling bermusuhan. Pesahabatan mereka kembali di uji dengan 'cinta', persahabatan mereka kembali menjadi taruhan untuk sebuah perasaan 'suka'.
Awan Sinatra
Oke, sebelum kita ke cerita inti. Karena mengingat work ini mengangkat tentang kisah pederita DID(Author mau jelasin dikit tentang DID(Dissociative Identity Disorder, a.k.a kepribadian ganda), maka dari itu Author akan menjelaskan apa itu DID secara singkat dan mudah-mudahan jelas.
Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda dapat didefinisikan sebagai kelainan mental dimana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian (alter) yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda.
Orang awam mengartikan penyakit ini (saya memilih menyebutnya penyakit karena ini adalah sesuatu yang dipicu sesuatu dan dapat disembuhkan) sebagai suatu keadaan dimana sesorang memiliki lebih dari satu kepribadian, misalnya yang satu berkepribadian pendiam, sementara kepribadian satunya orangnya cerewet dan lain sebagainya.
Tidak salah juga, tapi belum benar sepenuhnya. Karena kepribadian ganda atau nama ilmiahnya DID (Dissociative Identity Disorder) lebih kompleks dari sekedar 'memiliki kepribadian satu lagi'. Kebanyakan DID dipicu oleh rasa trauma masa kecil atau masa remaja, yang membuat penderita berusaha membentengi diri mereka dari rasa sakit dengan menciptakan satu sosok lain dalam diri mereka. Pada beberapa kasus yang telah diteliti dari dulu, kepribadian lain dari penderita DID bisa berjumlah lebih dari satu, bahkan saya pernah baca ada yang memiliki 16 kepribadian yang berlainan.
Ciri-ciri pengidap kepribadian ganda:
1. Harus ada dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda di dalam diri orang tersebut.
2. Kepribadian-kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut (Switching).
3. Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa.
4. Gangguan-gangguan yang terjadi ini tidak terjadi karena efek psikologis dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis seperti demam.
Dari empat poin ini, poin nomor 3 memegang peranan sangat penting. 98% mereka yang mengidap DID mengalami amnesia ketika sebuah identitas muncul (switching). Ketika kepribadian utama berhasil mengambil alih kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi ketika identitas sebelumnya berkuasa.
Walaupun sebagian besar psikolog telah mengakui adanya kelainan kepribadian ganda ini, namun sebagian lainnya menolak mengakui keberadaannya. Setiap kepribadian dapat bersifat cukup kompleks, memiliki pola perilaku, memori dan hubungan tersendiri; masing-masing menetukan karakter dan tindakan individu bila sedang memegang kendali. Biasanya masing-masing kepribadian tersebut cukup berbeda, bahkan saling bertentangan.
Kalau kalian pernah nonton Film Hollywood Split (2017), atau Drama Korea Kill Me Heal Me, atau Hyde Jekyll Me kalian akan lebih mudah buat baca cerita ini. Tapi nggak usah khawatir kalau belum nonton, karena Author akan kasih beberapa informasi/penjelasan tentang DID dibeberapa adegan dalam cerita ini. Jadi stay tune yah guyss..jangan bosen-bosen bacanya.
Jangan Lupa Votmment!
KAMU SEDANG MEMBACA
DELMORA
FantasyDelmora, Seorang gadis penderita DID (Dissociative Identity Disorder) atau kepribadian ganda. Hidup dan berpura-pura bahagia dengan takdir seperti ini bukannlah hal yang mudah. Satu tubuh dengan dua sosok kepribadian yang sangat berbeda membuat Feli...