Dunia & Akhirat Harus Seimbang,Benarkah?

2.6K 51 2
                                    

Katanya, kita harus SEIMBANG antara mencari dunia dan mencari akhirat. Padahal Allah berpesan untuk lebih mendahulukan dan mementingkan akhirat. Renungkanlah firman-Nya:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

“Carilah negeri AKHIRAT pada nikmat yang diberikan Allah kepadamu, tapi jangan kamu lupakan bagianmu dari dunia”. (QS. Al-Qosos: 77).

Dalam ayat ini, Allah memerintahkan kita agar memanfaatkan nikmat dunia yang Allah berikan, untuk meraih kemuliaan akhirat. Arti simpelnya:korbankanlah duniamu, untuk meraih akhiratmu!

Lalu Allah katakan, jangan kamu lupakan BAGIANMU dari dunia. Ya, “bagianmu”, yakni bagian kecil dari duniamu, bukan setengahnya, apalagi semuanya. Jelas sekali dari ayat ini, bahwa kita harusnya mementingkan akherat, bukan seimbang dengan dunia, apalagi mendahulukan dunia.

Jujurlah, sudahkah kita semua menyeimbangkan antara dunia dan akhirat? Sungguh, seakan itu hal yang mustahil. Yang ada ialah mendahulukan dunia, atau mendahulukan akhirat. Dan yang terakhir inilah yang Allah perintahkan.

Makanya, Allah berfirman dalam ayat lain:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Aku tidaklah ciptakan jin dan manusia, melainkan agar mereka beribadah hanya kepada-Ku”. (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Ayat ini menunjukkan bahwa ibadah adalah tujuan UTAMA kita diciptakan. Jika demikian, pantaskah kita menyeimbangkan antara tujuan utama dengan yang lainnya?

Jadi , Antara Dunia dan Akhirat. Maka, kejarlah Akhirat, dunia akan kau dapatkan.
Tetapi apabila kita memilih untuk terus mengejar Dunia , maka Akhirat akan meninggalkanmu...






Penulis : @Ribypratama
{10 Oktober 2020}

Quotes Hijrah Cinta & MotivasiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang