Maaf

40 1 0
                                    

Hembus angin malam menepis kabut diwajahku. Pancaran purnama menerangi sudut hati yang gelap. Dingin. Sunyi. Tanpa kabar. Tak dapat memahami kerinduan yang kian hari kian membuncah.

“Hilya, masuk yuk! Dingin, sudah larut malam juga.”

Aku masih disini, duduk termenung seorang diri. Menikmati dinginnya malam, gemerlap lampu kota, dan bising kendaraan yang masih juga ramai. Bandung seolah tak pernah tidur.

“Duluan aja Naz. Masih pengen disini hehehe.”

Tiba-tiba saja dia menghampiriku, merungkupkan jaket di punggungku.

“Makasih Naz.”

“Kenapa lagi Hilya? Ayolah...”

“Gapapa Naz. Inget sama bunda. Ayah sama Bunda lagi ngapain ya disana?”

“Sudahlah Hil, mereka pasti baik-baik saja. Lu gak usah khawatir. Kalo ada waktu senggang pasti mereka bakal ngabarin lu lagi. Percaya deh sama gua.”

“Hehe iya Naz. Btw Fatih apa kabar ya?”

“Loh kok?”

“Hehehehe.”

“Baik-baik aja sih kayaknya dia. Emangnya kalian gak chat?”

“Sini deh Naz, duduk temenin gua disini. Lihat! Dilangit bintangnya banyak banget. Indah.”

Aku dan Syahnaz. Kami disini menatap langit yang sama. Gelap, namun indah dihiasi bintang yang bertaburan. Semoga dirimu disana juga melakukan hal serupa. Agar bisa kusampaikan rinduku ini pada gemerlapnya.

“Lama banget kita gak komunikasi Naz, semenjak kejadian waktu itu.”

“Waktu dia jalan sama sepupunya kah?”

“Iya Naz, padahal nyatanya kita cuma salah faham kan.”

“Gua rasa dia juga kangen deh sama lu.”

“Tapi lu tau darimana Naz?”

“Ya logikanya aja sih ya, secara kalian tuh udah deket cukup lama dan tiba-tiba aja salah satu dari kalian menghilang tanpa alasan. Dan sekarang kalian malah sama-sama gengsi buat memperbaiki keadaan. Jangan suka mengedepankan ego Hil. Ribet. Kasian hati sama pikiran lu. Sampe kapan lu mau bohongin diri lu sendiri? Gua tau lu masih ada rasa kan sama Fatih. Dan sekarang lu malah menutup diri dari dia.”

“Gua bingung sama perasaan gua sendiri Naz.”

“Bingung gimana Hilya? Nunggu apa lagi? Yang gua baca tuh kalian emang sama-sama nyimpen rasa kan? Gak peduli status kalian apa. Tapi gua bener-bener pro deh.”

“Tapi Naz, gimana respond Fatih kalo sampe dia tau kalo gua dapet kiriman boneka dari orang lain?”

“Yakali kan kita gak tau siapa yang ngirim boneka itu sama lu. Kali aja cewek kan? Lu kan tau sendiri sapen lu betebaran dimana-mana.”

“Iya sih Naz. Terus sekarang gua harus ngapain?”

“Ya menurut gua si sebaiknya lu minta maaf balik aja sama dia. Sebelum dia gak chat lu lagi, dia sempet bilang kan kalo dia kasih lu waktu biar bisa maafin dia lagi. Nah sekarang rasanya udah tepat tuh buat minta maaf.”

“Eh bentar Naz. Handphone gua bunyi.” Kulihat dilayar tercantum nama pemanggil disana “Fatih”

“Angkat aja hil.”

Akhirnya aku memberanikan diri untuk menerima telpon darinya. Walau hatiku tak karuan. Ingin sekali menangis rasanya.

Assalamu’alaikum Hilya.”

“Wa’alaikumussalam.”

Malem Hil, makasih udah mau terima telpon dariku. Disini aku cuma mau minta maaf soal kejadian yang lalu. Aku tau aku salah. Tapi itu beneran bukan siapa-siapa Hil, dia adik sepupuku yang baru pulang dari pondok, gak sengaja aja lagi main ke Bandung.”

“Iya Fath, lupain aja. Udah aku maafin. Minta maaf juga.”

“Makasih Hil, kalo gitu aku tinggal dulu ya. Masih banyak yang harus diselesaikan. Assalamu’alaikum.”

“Iya Fath, wa’alaikumussalam.”

Aku refleks menangis dan memeluk Syahnaz.

“Tuh kan gua bilang juga apa Hil? Udah dong, dapet telpon kok malah sedih sih.”

“Gua gak tau harus seneng apa sedih Naz. yang jelas sekarang gua bener-bener lagi perang bathin. Gua takut terjebak sama perasaan yang salah.”

“Udahlah Hil, yang namanya suka itu emang Fitrah. Tinggal bagaimana kamu menjaganya agar Fitrah itu gak berubah menjadi Fitnah.”

“Nyesek Naz, disaat kayak gini juga selalu aja dia bawa-bawa kesibukannya.”

“Eh kan gua bilang juga apa? Manage perasaan lu Hil, gua tau lu pasti kangen banget sama dia. Tapi yang perlu diinget, lu sama dia tuh belum jadi siapa-siapa Hil. Jangan sampe rasa kagum lu ke dia melebihi kecintaan lu sama Allah. Berlarut-larut mikirin dia sampe lupa segalanya. Gak baik juga lagi.”

“Sampe sekarang gua gak pernah ngerti Naz. Gua tau kita cuma temenan. Tapi hati kecil gua selalu berharap kalo kita bisa lebih dari sekedar temen. Gua hampir gak bisa ngeliat kekurangan dari Fatih Naz. Gua juga takut kalo gua bakal sakit hati sama pengharapan yang gua ciptain sendiri.”

“Nah itu tau. Gak baik terlalu ngarep sama manusia Hil. Ketetapan terbaik pasti datang.”

“Iya Naz, bantu gua buat ngenetralin semuanya ya.”

“Iya Hil, gak usah khawatir gua pasti selalu nemenin lu. Tenang aja.”

Tak terasa hari semakin larut malam. Udara semakin dingin dan kerinduan itu sedikit terobati. Tiba-tiba saja tante Shara menghampiri kami.

“Duh, anak gadis malem-malem gini masih diem diluar. Ayo ah masuk, nanti masuk angin hayo.”

“Hehehe iya tante.”

Akhirnya kami masuk kedalam rumah, suasana berubah menjadi hangat. Sesak menjadi ikhlas. Sendu menjelma bahagia. Atas rasa syukurku. Untuk nikmat yang sedikit maupun banyak. Alhamdulillah.

Atas nama bintang yang memancar dengan sinar yang paling terang,

Kutitipkan kerlap-kerlip rinduku padanya,

Dalam persaksian milyaran jarak,

Do’a dan kerinduan ini tak kan pernah selesai.

JarakTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang