Hujan di Bulan Oktober

8 2 0
                                    

Selepas Amin dan Juni memesan makanan, erdengar hujan mulai turun ke bumi membasahi permukaannya. Tanah-tanah mulai basah akan tetesan air hujan hingga menimbulkan bau khasnya. Aku suka bau itu. Aku juga suka kenangan tentang hujan, terlebih lagi kenangan tentang hujan dan Dewa. Tepat di hujan pertama di bulan Oktober tahun lalu, untuk petama kalinya Dewa mengajakku bertemu dengan mamanya. Sungguh, hatiku berdegup sangat kencang. Bekali-kali aku bertanya pada Dewa apa pernampilanku terlihat baik dan berkali-kali pula Dewa mengatakan bahwa aku terlihat baik.

Pertemuanku dengan Mama Dewa berjalan cukup baik hingga tak terasa malam telah tiba. Aku berpamitan untuk pulang dan Dewa mengantarkanku.
“Aduuuh Ninda, maaf ya sampai malem gini. Nggak dimarahin mama kamu, kan ?”

“Nggak kok, Tante. Ninda juga sudah izin ke Bunda,”

“Salam ke bunda ya. Dewa cepet anterin Ninda pulang,”

“Iya, Ma. Ini lagi ambil jaket,”

“Kalau begitu permisi tante. Ninda Pamit dulu,”

“Iya, Ninda. Hati-hati kamu nyetirnya, Dew. Jangan ngebut, kasihan anak cantik ini,”

“Mana pernah sih aku ngebut Ma, tanya Ninda deh kalo nggak percaya,”

“Udah deh nggak usah ngajak Mama debat, langsung cus berangkat,”

“Siap, bawel amat sih,”

“Kurang ajar banget sih jadi anak, udah sana Hati-hati kaliaaan,”

Kini tinggal aku dan Dewa di atas motor varionya. Seperti pada bulan-bulan di musim penghujan lainnya, udara malam itu terasa panas. Entah apa karena memang faktor lingkungan atau faktor setelah bertemu calon mertua hingga hawa di sekitar ini terasa panas. Dewa terlihat diam, tidak mau membuka pembicaraan. Ya, Dewa memang sudah biasa seperti ini. Tapi, Keheningan ini sudah berjalan cukup lama hingga hujan menyuruh Dewa untuk membuka pembicaraan.
“Nin, maaf aku lupa nggak bawa jas hujan. Neduh bentar ya di Indomaret,” Aku hanya mengangguk ntah Dewa dapat melihat anggukanku atau tidak. Sesampainya di Indomaret, aku memberanikan diri untuk bertanya.

“Dewa daritadi kenapa diem aja sih,”

“Aku kepikiran banyak hal,”

“Kepikiran apa ? harusnya aku yang mikir dong, kira-kira mama kamu suka sama aku apa nggak,”

“Aku juga mikir tau. Aku takut mama ngomong aneh-aneh dan malah bikin kamu nggak nyaman. Apalagi kamu udah lihat betapa bawelnya Mama aku,” Disitu aku tertawa.

“Dewa, mama kamu tuh seru banget. Aku malah yang takut mama kamu nggak suka sama aku. Aku bayangin kalo mama kamu nggak suka sama aku, dia bakal nyuruh kita berdua putus...,”

“Nggak bakal kejadian kayak gitu,”

“Yakin banget ?”

“Yakinlah. Aku sama mama itu setipe. Dia nggak bakal kuat lihat cewek semungil dan selucu kamu,”

“Bentar, aku nggak mungil ya, Dew. Aku ini 148,5 cm, udah naik 13 cm dari kelas 5 SD,”

“Dengerin dulu anjir. Aku tuh mau ngomong yang manis-manis ke kamu,”

“Iyadeh, lanjut mas hehe,” jawabku sambil tersenyum jahil.

“Dari awal kamu masuk ke rumah, aku tau mama bakal langsung tertarik sama kamu. Kayak aku dulu waktu lihat kamu masuk ke sekret bawa proposal yang tebel. Tau nggak sih, Nin, dari situ aku langsung mikirin kamu, dan aku langsung pengen jagain kamu,” Keheningan terjadi beberapa saat. Hanya terdengar rintikan hujan. Aku tidak berani membalas pernyataan Dewa saat itu. Aku terlalu gugup untuk membalasnya. Dewa sangat jarang mengatakan hal manis seperti ini, karena itu aku benar-benar mengingat perkataan Dewa saat itu.

“Nin, udah agak redaan, nih,"

“Yaudah ayo, daripada kemaleman,”

“Mau pake jaket, nggak ?”

“Nggak bawa,”

“Ya maksudnya pake jaketku, ntar kamu pake kan jadi kegedean, mayan buat ngangetin badan,”

“Nggak deh, kamu pake aja. Lagian kan aku dibelakang kamu, jadi enggak kena angin kok, Dew,”

“Yakin gapapa ?”

“Iya Dewaaa. Kalo kamu tanya sekali lagi, mending aku naik gojek,”

“Jangan, ntar kalo mas-mas gojeknya suka kamu. Akunya yang repot,” Aku hanya terkekeh mendengar jawaban Dewa. Setelah hujan mengguyur kota Bandung, hawa di sekitarnya terasa sejuk. Tapi, entah mengapa atmosfer diantara aku dan Dewa terasa hangat dan menenangkan. Aku sibuk melingkarkan tanganku di badan Dewa sambil meletakkan kepalaku di punggungnya. Terasa menenangkan, dan aku menyukai itu.  Karena terasa berbeda dengan biasanya, hujan di bulan Oktober akan selalu mengingatkanku akan Dewa dan segala perkataannya hari itu.

PLUVIOPHILETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang