Part 2_Sial!

38 2 0
                                    

Sial!

Hari pertama masuk sekolah setelah lama libur kenaikan kelas adalah saat-saat yang paling gue tunggu. Gue pegel, capek, dan bosan karena nggak ngelakuin apa-apa di rumah. Jadi dengan masuk sekolah gue bisa mainin cewek-cewek dan ngerjain guru.

Temen-temen gue, kayak Alvin dan sebangsanya pada sibuk. Jadi nggak ada yang bisa gue ajak hang out. Alvin keluar kota, Arga keluar negeri, dan Ivan lagi liburan bersama keluarganya ke puncak. Entah kemana. Mungkin puncak gunung, atau kemungkinan lain ke puncak monas. Hahaha. Dia cuma bilang lagi liburan ke puncak ketika gue tanya dia ada acara apa enggak selama libur. Dan gue juga kangen Viola. Ah, rasanya nggak sabar bisa gangguin dia lagi.

Sekarang gue udah sampe di sekolah. Lagi nengok kesana-kemari, siapa tahu aja temen-temen absurd gue yang tidak kalah absurd dari 3 bajaj bakalan nongol dan nyapa gue. Tapi, kayaknya gue terlalu rajin deh. Gue belum liat batang idung tuh orang-orang. Gue cuma ngeliat pak Usman aja lagi ngepelin sekolah. Jadi, gue deketin pak Usman dan berniat nanya ke dia, pada ke mana orang-orang. Belum datang atau pada ngumpet. Kok bisa barengan ya pada nggak dateng ke sekolah, padahal 'kan hari ini senin.

Pas gue deketin, pak Usman malah berjengit kaget sambil ngacungin gagang pelnya ke gue. Gue juga kayak orang pasang kuda-kuda sambil melotot tidak kalah terkejut. Kita saling tatap-tatapan. Pak Usman masang mata elangnya, walau sebenarnya di mata gue itu kayak mata bayi kucing takut dinistain di banding mata elang yang tajam.

"Dih, bapak kira siapa, Den Sssk ... iler toh." ucap Pak Usman sembari nurunin gagang sapunya. Sedangkan gue negakin badan sambil masang telinga lebar-lebar.

"Kok tadi saya kayak dengar bapak manggil saya iler ya, Pak?" Pak Usman tergelak dan kemudian ketawa ngakak. "Maaf, Den. Lidah saya keputer. Makanya namanya itu diganti. Ini di Indonesia. Susah nyebut nama Den Sky, apalagi buat orang kampung kayak saya."

Gue muter mata merasa masa bodoh. Emang gue yang pengen gitu di kasih nama ala-ala barat? Itu emak gue yang ngasih nama, bukan gue. Dan perlu di garis bawahi kalo gue memang blasteran. Karena nyokap gue Jerman asli dan bokap Jawa-Indonesia. Haha. Ralat, maksud gue 'Jerman-Indonesia'

Merasa nggak penting sama nama gue yang udah dinistain, gue berusaha nanya Pak Usman sesuatu yang mengganggu pikiran gue.
"Pak, kok yang lain belum dateng sekolah, ya? Bukannya hari ini udah masuk sekolah?"

Pak Usman natap gue. Lamaaa banget, sampe gue harus nyadarin dia, takutnya dia jatuh cinta, 'kan bisa berabe.

"Pak, saya nanya loh. Yang lain pada kemana? Bukannya hari senin gini biasanya udah pada ngumpul buat upacara ya, pak?"

Pak usman tergelak dan kemudian ketawa ngakak. Gue merinding ngeliatnya. Ketawanya dia serem, lebih serem dari Valak pas nongol tiba-tiba nggak pake bikini. Eh, maksud gue baju. Ah, sama aja. Pokoknya lebih serem dari itu.

Gue bahkan perlu nyadarin dia lagi gegara nanti takutnya justru gue yang jatuh cinta sama dia. Astagfirulloh, amit-amit jabang bayi. Iya-in aja enggak usah protes.

"Pak, saya nanya ini. Kok malah ketawa. Saya nggak ngelawak loh, Pak."

Pak Usman berdiri tegak, berusaha normalin suaranya dari cekikikan yang menyebalkan ditelinga gue. Lantas dia berkata "Maaf, Den Sky. Tapi hari ini tanggal merah."

Duarrr...!

"What the f*ck?" Gue melongo. Mulut gue menganga sampe bukaan maksimal.

"Bapak serius, 'kan? Tapi dikalender saya nggak tangg,-" Gue berhenti, teringat dua orang tuyul yang biasanya nistain gue. Nggak salah lagi ini ulang mereka. "Dasar kakak-kakak biadab!!!"

Gue berbalik dan ingin secepatnya sampe rumah. Gue mau cincang-cincang kedua kakak gue yang kemungkinan besar ngubah kalender gue. Mereka pasti memanipulasi kalender kesayangan gue biar gue diketawain orang-orang sekolah dihari libur. "Arghhh...."

"Loh, Aden Sky mau ke mana?" Pak Usman berteriak, dia bahkan sempat ngejar gue sampe di depan pagar. "Apa sih, Pak? Mau pulang. Ngapain di sini coba. Bapak ngejar saya pasti mau minta tolong, kan?" Pak Usman mengangguk yang ngebuat bola mata gue berputar otomatis.

"Ada yang perlu saya selesaiin, Pak. Saya harus pulang sekarang juga."

"Bukan itu kok, Den. Bapak cuma mau tanya, artinya wat depak itu apa, Den? Tadi bapak dengar Den Sky ngomong gitu."

Gue tampak berpikir, mungkin maksud Pak Usman "What the f*ck" yang tidak sengaja keluar dari mulut gue tadi.

"Oh, itu ... maksudnya 'terima kasih banyak', Pak."

Pak Usman kembali mengangguk. "Oke, makasih infonya, Den." Pak Usman berbalik 'tuk menyelesaikan pekerjaannya. Sementara gue dengan senyum iblis berteriak buat ngingetin dia sesuatu "Pak, ucapin itu kalo bapak berterima kasih ke orang lain. Seperti istri bapak contohnya."

Pak Usman cuma mengangguk mantap. Sedangkan gue berbalik dan bersiul-siul ria. "Anggap aja itu pembalasan karena bapak berani ngetawain gue."

Tinggal ngurus dua orang curut. Gue harus nyusun strategi pembalasan. Pasti sekarang mereka bekerja sama buat ngerjain gue lagi.

"Okay, gue ladenin lo pada." Gue menggumam sambil senyam-senyum gaje ngebayangin rencana yang udah ada dipikiran gue sekarang.

"Tunggu pembalasan gue. Hahaha."

*****

Sun, I love you!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang