Seorang muslim memperhatikan segala sesuatu yang telah diberikan Allah kepadanya dengan tiada terhingga, yakni berupa kenikmatan yang tak terhitung, menentukan perjalanan hidupnya hingga hari bertemu Rasulnya. Maka iya bersyukur kepada Allah atas nikmat itu dengan lisannya, dan juga bersyukur dengan anggota badan dengan cara menggunakannya didalam ketaatan kepada Allah SWT.
Allah berfirman;
Wa in ta'udduu ni'matallohi la tushhuuhaa
"Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, maka kalian tidak akan sanggup menghitungnya."(An-Nahl:18)Wa maaa bikum min ni'matin fa minallohi
"Dan apa saja nikmat yang ada padamu maka dari Allah-lah datangnya."(An-Nahl:53)Seorang muslim memperhatikan bahwa Allah mengetahui apa yang dilakukannya dan mengawasi seluruh yang dilakukannya, dan yakin bahwa Allah berkuasa atasnya,dialah yang menguasai dan bahwasanya tidak ada tempat berlindung dan lari kecuali kepadanya semata.
Seorang muslim hendaknya memandang kepada Allah, ketika dia berbuat maksiat atau keluar dari ketaatan kepadanya,bahwa seakan-akan ancamannya telah sampai kepadanya, azabnya seakan telah turun, dan balasannya telah tiba disekitarnya.
Demikian pula ketika dia melakukan ketaatan dan mengikuti syariatnya, maka seakan-akan Allah telah membuktikan janjinya kepadanya. Seolah-olah keridhaan nya telah diberikan, sehingga dengan itu jadilah dia seorang muslim yang berbaik sangka kepada Allah SWT.
Berbaik sangka (husnuzh zhan)
Berburuk sangka (su'u zhan).Kesimpulan: bersyukurlah atas nikmat yang diberikan, rasa malu kepadanya ketika condong kepada perbuatan maksiat, kembali kepadanya secara benar, bertawakal kepadanya serta mengharap rahmatnya, kemudian takut terhadap siksanya.
Semakin tinggi tingkat tamassuk (berpegang teguh) dan semakin seseorang menjaganya, maka semakin tinggi derajatnya.Bersambung...
Masih belajar buat menulis cerita bagus, Pastinya masih ada kesalahan ketik juga.
Jangan lupa vote dan coment sebanyak-banyaknya, Biar saya buat ceritanya semakin semangat yah.
Publikasikan 3 Juni 2018
KAMU SEDANG MEMBACA
Konsep Hidup Ideal Dalam Islam
RandomHanya berbagi ilmu yang saya tahu dan semoga bermanfaat untuk kita semua.