SU'UDZON

1K 60 1
                                    

Hai guys👋🏻
Sekarangkan kita lagi dihebohkan ni sama virus corona (covid 19) jangan lupa menjaga kebersihan disekitar ya agar kita terhindar dari virusnya dan kalau keluar rumah jangan lupa pakai masker.

Su'udzon atau berburuk sangka adalah salah satu akhlak tercela yang tidak boleh kita miliki. Kenapa? Karena su'udzon bisa membuat perasaan iri hati muncul dan sangat tidak disukai oleh Allah SWT.

Buruk sangka atau su'udzon dapat merusak hati kita, merusak kebahagiaan kita, merusak akhlak kita, dan juga bisa merusak  janji manis Allah kepada kita. Apalagi sampai menuduh temannya telah mengadu domba, bisa kita bayangkan betapa kejamnya kata-kata itu. Mereka itu tidak sadar dengan kata-katanya sendiri, padahal secara tidak dia sadari, dialah yang telah mengadu domba.

Contoh, Adit lagi makan sama 2 temannya tapi 2 temannya ini gak bawa uang, jadi 2 temannya ini cuma nemenin Adit makan dan mereka berdua malah cerita tentang si Adit yang gak mau berbagi makanan atau pinjemin uang.

Ternyata Adit bawa uang cuma cukup buat dia makan sendiri kalau berbagi bertiga takutnya dibilang sok baik jadi dia gak berani berbagi, nah mereka berdua udah berburuk sangka sama si Adit.

Siapapun yang memiliki berburuk sangka terhadap sesama muslim, maka ia wajib bertaubat kepada Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam Surat Al Hujurat 12 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Ada baiknya kita perbanyak husnudzon atau berbaik sangka dengan orang lain karena menurut kalian jahat belum tentu jahat.

Bagaimana caranya agar tidak berburuk sangka?
1. Seringlah ucapkan hal yang baik
2. Jauhilah perbuatan-perbuatan yang mengarahkan untuk berburuk sangka seperti ghibah
3. Biasakan bergaul dengan orang-orang yang baik akhlaknya dan baik pula hatinya.

Kesimpulan
Dimana pun dan berhadapan dengan siapa pun,  janganlah sekali-kali berburuk sangka dan biasakan mengucapkan hal baik.

👇
Vote👍
Kritik & saran✍️
Komentar💌
👆

Bersambung...

Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan ya

Masih belajar buat menulis cerita bagus, Pastinya masih ada kesalahan ketik juga.

Jangan lupa vote dan coment sebanyak-banyaknya, Biar saya buat ceritanya semakin semangat yah.

Konsep Hidup Ideal Dalam IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang