MUHASABAH DAN MUJAHADAH

769 76 4
                                    

Muhasabah (introspeksi diri)
Sesungguhnya seorang muslim itu beramal dalam kehidupan ini siang malam untuk mendapat kebahagiaan diakhirat, menekuni dan memperoleh kemuliaannya dan keridhaan Allah di dalamnya.

Dunia adalah ladang beramalnya, maka dia memperhatikan ibadah-ibadah fardhu yang diwajibkan kepadanya sebagaimana seorang pedagang memperhatikan modal hartanya, dan memperhatikan ibadah-ibadah sunnahnya sebagaimana seorang pedagang memperhatikan keuntungan tambahan atas modal hartanya, serta memperhatikan maksiat dan dosa seperti layaknya serugian didalam perdagangan, lalu dia menyadari sesaat di akhir setiap harinya guna memuhasabah (mengintrospeksi) dirinya atas amal yang telah dilakukan sepanjang harinya.

Apabila dia melihat kekurangan didalam menjalankan ibadah-ibadah  sunnah, maka dia akan mengganti dan menutup kekurangannya. Apabila dia melihat kerugian akibat menerjang larangan-larangan, maka dia segera memohon ampun dan segera kembali kepada Allah dan mengerjakan kebaikan yang menurutnya mampu memperbaiki apa yang telah dia rusak.

Inilah tujuan dari muhasabah diri. Muhasabah merupakan salah satu metode memperbaiki, melatih, mensucikan dan membersihkan diri.

Mujahadah (perang terhadap nafsu)
Yang hendaknya seorang muslim mengetahui bahwa musuh bebuyutan adalah nafsu dirinya sendiri. Nafsu menurut tabi'atnya selalu condong kepada keburukan, dan lari dari kebaikan serta senantiasa menyuruh kepada kejelekan.

Apabila nafsu itu menyukai leha-leha (santai-santai), maka dia membuatnya lelah. Apabila nafsu menginginkam syahwatnya, maka dia menghalanginya. Inilah tujuan mujahadah (perang terhadap nafsu)

Bersambung...

Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan ya

Masih belajar buat menulis cerita bagus, Pastinya masih ada kesalahan ketik juga.

Jangan lupa vote dan coment sebanyak-banyaknya, Biar saya buat ceritanya semakin semangat yah.

Publikasikan 22 Juni 2018

Konsep Hidup Ideal Dalam IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang