Berhubung kacamataku udah otw ganti bingkai (lagi), tiba-tiba ingin rasanya curcol tentang minus mata :(
Aku lahir dari orang tua yang nggak kacamataan. Dulu aku ngirain mataku bakal baik-baik aja selamanya. Naif banget. Tentu saja aku salah menduga-_-
Aku ingat banget semua bermula saat aku kelas 5 SD. Itu zaman nakal-nakalnya aku. Suka bandel sama orang tua, melanggar segudang peraturan sekolah, mulai belajar mengumpat dan ngomong kasar, nilai turun drastis.
Pas kelas 5 SD juga aku baru kenal yang namanya Facebook. Aku kan suka (banget) sama anime waktu itu, kebetulan di FB aku jumpa banyak temen-temen otaku. Alhasil nyaris sepanjang hari aku di depan laptop terus. Belum lagi ada game kayak Ameba Pico (paling ngangenin), Pet Society, Happy Pet, dll. Asal wi-fi mati malah kayak zombie (ngamuknya).
Sebenarnya menurutku faktor utamanya bukan FB, tapi game online. Aku dulu suka banget sama game online tipe MMORPG. Pas SD ada game yang namanya Canaan Online. Nah, itu kecanduan terparahku. Kadang sampai ketiduran di depan laptop, padahal masih SD, bayangin deh-_-
Sebenarnya sejak pertengahan semester kelas 5 aku udah sadar sih mataku mulai rabun. Aku gak bisa baca tulisan di papan lagi kalo nggak duduk paling depan. Berkali-kali aku ngomong sama orang tua aku, tapi yang ada malah kena omel karena aku sibuk sama laptop terus.
Saking kecanduannya aku waktu itu, aku gak peduli walaupun aku tau mataku mulai rabun. Aku tetap gas terus nonton anime, game online, dan FB-an. Lama-lama aku ngerasain minus aku makin naik. Aku bener-bener gak bisa baca tulisan apa pun lagi di papan tulis.
Waktu kelas 4 SD, aku ingat mataku masih baik-baik aja. Berkat ketidakbisaanku mengontrol diri saat mengenal "internet", mataku rusak dalam hitungan bulan. Secepat itu:')
Aku biarin pandanganku yang buram itu gitu aja. Iya, aku gak pakai kacamata walaupun gak bisa lihat apa pun di papan tulis. Aku melewati satu semester kelas 5, dua semester kelas 6, dan satu semester kelas 7 tanpa bantuan kacamata. Aku kesulitan belajar gara-gara itu, tapi untungnya aku masih bisa mempertahankan nilai.
Aku ingat satu hal yang paling parah. Pas SD kan biasanya diajari perkalian susun ke bawah(?) Nah, aku gak ngerti cara itu sampai aku SMP gara-gara gak kelihatan ke papan tulis dan terlalu malas untuk nanya temen. Parah banget.
Belum lagi waktu kelas 6 ada guru yang suka bacain soal pilihan berganda pas ulangan, terus pilihan A-B-C-D-nya ditulis di papan. Alhasil aku isi ngasal karena gak bisa lihat :') Temen sebangkuku yang jahat pas ditanyai malah nggak mau jawab. Ah, sedih banget kalau teringat masa-masa ini :')
Waktu kelas 7 aku udah gak tahan lagi. Aku serius minta sama orang tuaku buat masang kacamata. Guru-guru juga udah ada sebagian yang tau kalau aku gak bisa lihat dengan baik.
Tiap kali ada catatan di papan tulis, aku pasti nyomot, terus nyalin dari punya temenku. Aku ingat sama satu orang temen yang paling sering kupinjam waktu itu, inisialnya NA. Makasih banget lho kamu yang di sana :'*
Pertama kali aku cek minus, ternyata udah nyampe 2 koma berapa gitu. Langsung tinggi karena aku sebenarnya udah kena minusnya sejak kelas 5. Aku ingat kacamata pertamaku bingkainya warna pink. Unch:3
Jadi begitulah. Kehidupan berkacamataku dimulai sejak kelas 7 setelah menderita menahan rabun jauh selama dua tahun.
Awalnya aku cuma mau pakai pas belajar aja, tapi suatu hari aku iseng pergi ke kantin pakai kacamata. Aku yang selama dua tahun terbiasa gak bisa ngeliat wajah orang-orang di kejauhan sontak terperangah karena tiba-tiba pandanganku jernih:')
Bahkan ngeliat pohon yang daun-daunnya terlihat jelas --bukan cuman buram ijo kayak selama ini-- udah cukup bikin aku bahagia :')
Akhirnya aku gak peduli lagi, yang penting aku bisa melihat dunia dengan jelas, jadi aku pakai kacamata ke mana pun sampai sekarang.
Jadi... ceritaku bersama kacamata belum berakhir di sini. Setelah ini ada yang lebih dramatis dan menyakitkan hati.
Waktu kelas 9, aku cek minus lagi di optik yang berbeda dan ternyata minusku naik jadi minus 3 (aku gak ingat tepatnya berapa, pokoknya sekitar segitu), ditambah silinder 0,5. Nah, aku sampai sekarang gak tau kenapa silinder bisa muncul-_-
Lantaran aku waktu itu suka warna yang norak, aku ganti bingkai kacamata warna merah. Waktu pertama kali aku pakai kacamata baru, aku jalan sempoyongan, rasanya pusing banget, dan butuh waktu banget untuk terbiasa. Bahkan pas keluar dari optik aku hampir terjungkal ke lantai.
Jadi aku menjalani hidup baruku dengan si kacamata merah. Pas aku masuk SMA, beberapa orang langsung ngecap aku sebagai si kacamata merah karena warna kacamataku yang mencolok :')
Suatu hari di pertengahan kelas 10, aku kembali ngecek minus di optik yang berbeda lagi. Guess what? Minusku naik jadi sebelah kiri -4, sebelah kanan -5. Aku hampir nangis di optik waktu itu, serius. Drastis banget naiknya lho :') Pokoknya aku waktu itu terguncang banget, sampai-sampai gak berani main hape lagi (tapi cuma bertahan beberapa hari).
Kata orang optiknya, menurut komputer yang meriksa mata, aku memang ada silinder. Tapi kalau tanpa lensa silinder pun aku gak terganggu, anggap aja silindernya nggak ada. Jadi kacamata baruku setelah kacamata merah nggak ada lensa silinder.
Selama ini aku ngerasa kegiatanku nggak cukup parah untuk bikin minusku naik sedrastis itu. Jadi pas kacamata baruku (warnanya hitam, ada logo Nike di kiri kanan) udah jadi, aku ngerasain ada yang aneh.
(Peristiwa tragis terjadi di sini)
Pas aku pakai kacamata Nike, ternyata kayak nggak ada bedanya dibanding kacamata merahku yang lama. Padahal seharusnya jauh lebih terang dan jernih karena selisih minusnya jauh, kan?
Akhirnya aku sampai pada sebuah kesimpulan. Kacamata merahku itu sejak awal dipasangin lensa -5 padahal dulu aku diperiksa dalam keadaan minus 3. Akhirnya aku tau kenapa pas pertama pakai kacamata merah aku sampai sempoyongan dan hampir jatuh. Ternyata minusnya gak sesuai.
Serius jahat banget itu optiknya. Pas aku liat lagi, ternyata optik itu udah tutup :') Aku jadi semacam korban malpraktik(?) optik gitu ceritanya :') Pantes aja minus aku naik banyak banget, ternyata semua gara-gara kacamata merah syalan :')
Sejak syok denger minus naik drastis, aku mulai takut ngecek minus. Deg-degan banget. Serius deh, momen nunggu diagnosis minus sehabis ngecek di optik itu lebih parah daripada deg-degan ambil nilai pidato di depan kelas :(
Sekarang aku baru lulus kelas 12 dan sama sekali belum pernah ngecek minus lagi walaupun udah sempat ganti kacamata.
Kacamata Nike aku patah pas awal kelas 11. Karena masih terlalu baru untuk diganti, aku lengketin pakai lakban hitam dan aku pakai kayak gitu selama setahun penuh. Lucunya sebagian besar orang nggak sadar. HAHAH:')
Pas naik kelas 12, aku ganti bingkai tanpa cek minus. Kacamata itu yang masih kupakai sampai saat ini dan lagi otw ganti. Kacamata Nike-ku itu cukup pricey, tapi sekali jatuh langsung patah. Sedangkan kacamata yang masih kupakai sampai sekarang ini jauh lebih murah, tapi tahan banting :')
Jujur aja, sampai sekarang hati aku masih belum siap buat cek minus lagi.
Sekarang, aku paling gak bisa kalau disuruh buka kacamata. Alasannya? Minus aku udah tinggi, kalau jalan tanpa kacamata berasa insecure, gak nyaman banget. Kedua, aku gak pede sama wajah aku yang berubah banget, banget, banget, without glasses.
Sampai detik ini aku belum pernah pakai lensa kontak karena gak berani:')
Salah satu wishlist terbesarku adalah hilangin minus dari mataku. Aku ingin cahaya yang ditangkap oleh pupil mataku kembali jatuh tepat di retina :')
Biar gak perlu susah-susah ngelap kacamata karena kabut pas minum atau makan sesuatu yang panas.
Biar pas gerimis aku bisa ngelindungin kepalaku pakai tangan, bukannya sibuk ngelindungin kacamata karena tetes hujan bikin pandanganku terhalang.
Biar aku bisa berkeringat dengan leluasa tanpa sibuk ngelap kabut kacamata akibat keringat di wajah :(
Biar kalau habis keluar dari ruangan ber-AC nggak capek-capek (lagi-lagi) ngelap kabut.
Biar gak perlu capek ngeluarin duit buat upgrade kacamata terus:')
.
.
.Thursday, June 21st, 2018