*Procedure Text atau teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi petunjuk/panduan dalam melakukan trik, resep, atau panduan manual.
*Tujuan dari teks prosedur ini : memberikan instruksi untuk melakukan sesuatu secara sistematis
*Generic structure of procedure Text ada tiga jenis yaitu : aim/goal, materials, and steps.
*Aim/goal : berupa judul atau deskripsi dari teks prosedur yang memuat tujuan dari teks prosedur.
*Materials : berupa alat dan bahan yang digunakan pada teks prosedur.
Namun, ada beberapa teks prosedur yang tidak menggunakan materials seperti di bawah ini :1. Teks prosedur yang menjelaskan alat yang bekerja. Contohnya : How to use the television.
2. Teks prosedur yang terdapat peraturan tertentu atau kegiatan tertentu. Contohnya : video game rules.
3. Teks prosedur yang mengajarkan manusia tentang kehidupan. Contohnya : how to be happy, how to get the boyfriend.
*Steps : berisi langkah-langkah yang harus dilakukan secara sistematis agar tujuan dari teks prosedur dapat tercapai.
*Teks prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Menggunakan pola kalimat perintah. Contohnya : Don't mix the egg with milk.2. Menggunakan action verbs seperti : cut, mix, crach, ext.
3. Menggunakan sequnce adverbs seperti : first, second, then, next, finally.
4. Menggunakan simple present tense
5. Menggunakan adverbials (kata keterangan waktu) seperti : cook the mixture for one hour.
*Contoh teks prosedur : (from google)
HOW TO MAKE MANGO JUICE
(cara membuat jus mangga)*Ingredients
1) 2 ripe mangoes (2 buah mangga matang)
2) 1 cup water (satu gelas air)
3) 2 tablespoons sugar (2 sendok gula)
4) A few ice cubes (Sedikit es batu)*Steps
1) Wash the mangoes to remove any dirt. Then peel the ripe mangoes (Cuci mangga untuk membuang kotoran. Kemudian kupas mangganya).
2) Cut the peeled mangoes into small pieces. (Potong mangga yang telah dikupas tadi ke bagaian bagian kecil).
3) Put them in a blender together with crushed ice, water, and sugar. (masukkan ke dalam blender bersama dengan es yang sudah dihancurkan).
4) Blend until smooth. (Blender sampai halus).
5) Run the blended mixture through a sieve. (saring mangga yang telah diblender melalui saringan).
6) Throw away the leftover pulp and mango fibers. (Buang serat dan kotoran mangga).
7) Serve the juice in glasses with a piece of mango attached to the side for garnish. (sajikan jus di dalam gelas dengan potongan mangga di ujung gelas sebagai hiasan).
KAMU SEDANG MEMBACA
JAGO BAHASA INGGRIS BERSAMA Miss Zulfach
Non-Fiction#2 of bahasa Inggris 21/05/2018 Bahasa Inggris gak sesulit apa yang kamu bayangkan. Bahasa Inggris wajib banget di kuasai di era modern saat ini. Miss Zulfach, salah satu tutor bahasa Inggris bersedia membantu kamu. Jangan lupa follow, vote, request...