Gua pun mengikuti upacara dengan khidmat.
(walau dalam artian khidmat gua sambil nglamun sepanjang upacara, tanpa memahami serta mendengarkan sang pembina upacara yang nyerocos ngalor-ngidul)
Gua cuma ikutan tepuk tangan jika ada yang tepuk tangan, entahlah mereka tepuk tangan untuk apa? gua kagak peduli. Gua mah sabodo teuing:)
Kayaknya tadi fira bilang deh kalo gua sekelas sama dian, tapi dian mana yak? kok gak keliatan batang idungnya.
***
pas upacara selesai...
"hei mbak gab kok diem aja sih dari tadi, saya perhatiin juga buru-buru ngibrit pas upacara selesai?"
(gua yang pas itu lagi nglamun jijay sambil jalan cepet-cepet ke kelas karna gua lagi mikirin tas gua yang ada di atas meja guru, takut kalo ketemu kakak-kakak tatib yang murah kata dalam urusan nyemprot adek kelas, kaget).
"eh.. lu yan, bikin gua kaget aja lu! main nongol aja, emang situ dari mana pas upacara gua cari kagak ada?"
"ealah mbak.. mbak.. orang saya disebelah kanan mbak toh! mbaknya aja yang nglamun sepanjang upacara", ujar dian dengan logat jawanya yang kental, sekental susu full cream.
"masak? iya sih.. gua emang nglamun, tapi gua lagi nglamunin tas gua nih yang gua taruh di atas meja guru gara-gara gak kebagian bangku"
"waduh.. bahaya itu mbak kalo sampek kepergok guru atau kakak kelas, bisa-bisa mbaknya di kira nggak sopan"
"lha itu alesan gua kenapa gua buru-buru ngibrit!, eh yan yuk buruan"
"hayuk mbak"
***
"huh lega! akhirnya tasku terselamatkan"
Dengan cepat gua menyampirkan tas dipunggung dan keluar mencari tukang kebun. Bukan tanpa alasan, gua mau tanyain apa masih ada bangku lebih.
***
Untung aja gua masih kebagian bangku, walaupun gua kebagian bangku kuliah yang mejanya nempel sama kursi. Dan gua juga duduk di depan sendiri pojok sebelah kanan tepat dipinggir jendela tanpa urutan shaf. Walhasil aku menjadi paling aneh di kelas tersebut, karna khusus di kelasku saja yang memakai bangku besi warna putih panjang yang dapat memuat 6 anak.
Gua mencoba untuk tidak menampakkan muka memelasku, meskipun hal tersebut membuatku sangat malu sekali.
Lamunanku seketika buyar...
"siapa yang di kelas ini tadi terlambat", ujar kakak tatib yang tiba-tiba nongol dengan suara lantangnya.
Gua seketika diam, membeku. Bukan, bukan membeku, melainkan terkejut dengan mulut terbuka tanpa gerak. Mengundang seekor lalat masuk. Gua tersedak. Ya gua seketika terbatuk-batuk sampai mukaku memerah bak kepiting rebus.
Bukannya menolong, kakak tatib tersebut malah melontarkan sebuah pertanyaan konyol yang menurutku tak perlu dijawab.
"kamu kenapa dek?"
(et dah bocah! kagak liat apa gua lagi batuk. Emangnya gua dikira lagi apa? nyanyi?)
"batuk kak", ujarku dengan bodohnya.
"iya saya tahu, maksud saya kenapa kok bisa batuk sampai sebegitunya? emang kamu sakit? kalo sakit ke uks sana gih!", suaranya yang tadi lantang kini melembut.
"oh nggak kok kak, saya cuma keselek liur saya sendiri tadi", bohongku.
"oh yaudah kalo begitu. Oke. Saya ulangi pertanyaan saya kepada kalian tadi! siapa di kelas ini yang tadi terlambat?", suaranya yang tadi melembut kini kembali seperti semula.
(aduh mati gua!!!)
Dengan ragu-ragu, gua mulai angkat tangan. Sambil tengok kanan-kiri, mencari tahu apakah gua ada temennya terlambat.
Tapi hasilnya. NIHIL. Cuma gua yang angkat tangan di kelas ini. Itu tandanya cuma gua satu-satunya yang terlambat.
Kakak kelas yang tadinya lembut padaku, langsung menoleh dengan tatapan yang mengerikan. Dengan seringai yang sedikit tercetak di sudut bibirnya. Beserta mata dingin bak elang hendak menerkam mangsanya.
(mampus gua).
***
Hey guys! apa kabar? salken ya!
Di tunggu komen-komennya ya?
Walau cuma sedikit gak papa, yang penting bermanfaat!.
KAMU SEDANG MEMBACA
choice
Teen FictionApa jadinya jika kamu disukai oleh 2 cowok yang tak lain adalah kakak kelasmu, dan mereka mempunyai cara dan karakter yang saling bertolak belakang? Hal ini terjadi pada siswi baru yang bernama gabriel, dia cantik dan murah senyum, kadang rada bloon...