1.#Galuh

583 199 141
                                    



Part 1:  Galuh cowok atau cewek?



***

Galuh?


Nama Galuh ini sering dianggap cowok karena apa? Ya karena kebanyakan dari nama Galuh itu cowok. Tapi apa bisa nama Galuh jadi cewek? Oh tentu saja bisa, seperti gue.

Gue cewek, cewek yang sangat menawan dan masih lajang. Umur masih 16 tahun, mau 17 tahun dua bulan kedepan. Awal bercita cita menjadi polwan tapi sekarang nggak, malah pengen jadi orang kaya saja nggak ingin neko neko. Ibu gue yang super santuy nggak pernah larang gue ini itu sehingga gue anaknya frontal, bebas tapi tenang saja gue masih dalam batas wajar.

Gue sering keluar malem, dan pernah juga pulang sangat malem karena nggak sengaja pas maen ketiduran dirumah temen gue yang namanya Arya, iya cowok. Apa ibu gue marah? Nggak. Karena emang gue sama Arya udah temenan sejak kecil.

Ibu gue udah ngechat, "Dimana? Buru balik" (cepat pulang)

Cuman segitu doang, dan pas gue nyampe rumah. Ibu gue cuman biasa, nanyain kenapa telat pulang dan gue ngejelasin semua, Ibu cuma ngangguk santuy.

Sesantuy itu. Tapi jangan salah, ibu gue kalau udah marah monster dalam dirinya keluar gitu aja kayak kyubi, Sekalinya marah ibu gue pasti mendungnya sekampung. Gue nggak pernah nanya ke ibu gue perihal nama gue ini.

Padahal gue sering banget pengen bilang. "Bu kenapa sih kasih nama Galuh? Nggak Kendal Jenner atau Ariana Grande gitu?"


Canda sayang.


Dan ya saat gue masuk sekolah. Gue udah mulai agak risih karena nama ini walau lama kelamaan jadi terbiasa.

Telinga gue sudah bosen mendengarnya. Dari SD sampai SMA sekarang ini semuanya nyebut pertanyaan kayak gini.

"Galuh cewek atau cowok?"

"He nama kamu Galuh?"

"Gue kira cowok elah."

"Buset dah. Pantes tomboy"

"Galuh? Oh cewek."

Pas gue diabsen, guru SD nanya. "Galuh cowok atau cewek?"

Disitu gue nongol, ngangkat tangan yang ngebuat siibu guru ini malu dan senyum canggung. "Oh cewek, namanya cantik banget.."

Nggak natural banget kan?


Dan disamping gue ada Gilang, temen gue juga yang tertawa keras hari itu.

Ada juga nih namanya Bu Ineu, guru killer SD gue yang kalau ketemu gue dan Mama gue langsung nyapa ceria padahal kalau didalam kelas itu menakutkan. Bu Ineu dengan cepat mengubah ekspresi yang ramah keibu gue dan nyapa gue.

"Eh Bunga.. kemarin nilai ulangannya bagus banget, dapet 100 kan? Pinter banget anak ibu.." kata Bu Ineu dengan percaya dirinya ngebikin Ibu gue terdiam, bingung juga napa anaknya dipanggil Bunga.

Tapi lebih bingung gue, gue cuman melongo ngeliat sikap bu Ineu yang nggak seperti biasanya. Apa ibu ini salah makan obat ya??

Ngerasa nggak ada respon, Bu Ineu juga jadi ngangkat alis walau ia agak tersentak ketika ada orang yang ngomong.

"Ini Bunga ya, yang dapat peringkat 1 kemarin?" Kata Ibu Ibu disebelah gue, dan didepannya ada Bunga sama Ibunya.

Disitu Bu Ineu langsung neguk ludah, nggak tau harus gimana lagi dan senyum canggung ke ibu gue lalu pergi.

Gue nggak ngerti alasan Bu Ineu killer ini mendadak jadi baik dan ramah, dan akhirnya pas kelas 5 gue mulai tau alasannya. Fyi, Bunga adalah anak Direktur jadi guru guru dan ibu ibu rempong yang lain slalu mendekati Gadis kembang itu. Mungkin itu alasan Bu Ineu baik.

Nggak lama, masa SMP gue dimulai dan ya semua hal tadi keulang kembali. Tiap giliran gue yang diabsen, semua guru kayak gitu walau kadang ada yang beda sih pas pada saat nentuin kelompok antara cewek dan cowok, nama gue kadang nggak sengaja muncul dikelompok cowok padahal gue cewek dan disitu temen temen gue pada ngakak.

Pada bangsat emang.

Apalagi pas gue udah ke jenjang SMA. Guru sejarah ngabsen gue dan lihat ke jajaran cowok, dengan tampang tak berdosanya bilang.

"Galuh mana galuh, nggak sekolah?" Katanya masih lihat dijajaran cowok. Gue udah ngacungin tangan, karena pas itu gue males banget buat ngomong tapi ni guru sejarah kekeh lihat barisan cowok ngebuat anak anak tertawa kecil dan nunjuk gue.

"Galuh cewek pak, bukan cowo hihi" kata Agung dengan nada yang ngeledek bikin gue menoleh kebelakang natap dia tajam.

Gue senyum canggung natap pak sejarah. "Saya cewek pak."

Guru sejarah langsung dehem nggak jelas, gue tau bapak ini malu dan ngalihin dengan ngabsen yang lain.

Entah karena nama gue, atau emang pada dasarnya lingkungan. Gue tumbuh tomboy, sangat tomboy bahkan dikampung gue ini temen gue rata rata laki laki semua. Dulu gue bahkan sering dimandiin bareng sama temen tetanggaan gue ini. Dan ya julukan gue dari dulu itu 'galuh sitomboy'

GALUHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang