Part 2: Tetangga.
Gue belum bilang kan, Komplek gue ini namanya Bakem alias Babakan Empang lalu kenapa Komplek ini dinamakan Bakem? Nah jawabannya gue dapet dari Pak RT langsung, katanya dulunya rumah rumah yang sekarang ini empang, alias kolam. Jadi wilayah komplek gue ini dulunya semuanya kolam sebelum direnovasi jadi rumah rumah kayak sekarang.
Di Komplek Bakem ini terdiri dari beberapa keluarga yang bahagia, mungkin. Disisi kiri gue ada keluarga Teh Eha, punya anak 3 namanya Desi, Gilang, dan Siti. Gue, Gilang, dan Teh Desi sering main bareng.
Teh Desi ini umurnya lebih tua dari gue, tapi dia agak lambat (maaf) jadinya sering kumpul sama yang lebih muda darinya ya walaupun juga kadang Teh Desi ini main sama kakak gue. Sedangkan Gilang sama gue ini seumuran sering banget maen.
Bahkan, gue juga pernah dimandiin bareng sama dia. Nah si Gilang ini punya julukan DELU (Gede Hulu) , katanya kepalanya gede jadi dipanggil DELU.
Disisi kanan gue ada keluarga Teh Elis, keluarga yang menurut gue agak tertutup. Punya 2 anak, satu cewek satu cowok, yang cewek udah teteh teteh lebih tua dari Kakak gue sedangkan sicowok ini umurnya dibawah gue namanya Ade, dipanggilnya Ade Mama karena dia anak Mama.
Ade ini dimanja banget sama keluarganya, ganteng sih tapi jorok, jarang mandi dan emang dia itu kalau mandi cuma pake sapu tangan diairin dan dibasuh kebadan dia kayak bayi aja.
Ade ini juga punya ciri khas unik, dia kemana mana pake kupluk warna krem ada corak ijonya, katanya kepala Ade ini masih empuk kayak bayi makanya dia kemana mana pake kupluk.
Itu beneran! Kepala si Ade ini memang masih empuk.
Gue nggak tau kenapa keluarga ini tertutup padahal rumahnya bener bener deket sama gue, dan jarang berinteraksi beda sama keluarga Mamah Esa, nama aslinya Titin tapi gue panggil Mamah Esa, sapaan akrab karena punya anak cewek tertua yang namanya Resa, jadi gue manggilnya Mamah Esa.
Beda 2 rumah dengan gue, tapi sangat sangat dekat dengan keluarga gue. Mamah Esa ini punya anak 5, emang banyak. 2 cewek, 3 cowok. Yang seumuran sama gue cuma si Agung, cowok goblok dengan banyak goresan dimuka karena sering berantem sama Kakaknya alias Iman. Ada juga nih adiknya Agung, namanya Melsa sering banget juga main sama gue karena usia kita cuma beda setahun. Melsa ini adik kelas gue.
Ah ya, ada pula tetangga baru yang baru pindah ke kompleks bakem ini. Rumahnya tepat didepan rumah gue, punya 1 anak tunggal namanya Arya, dia ini seumuran sama gue dan secara naluri gue temenan sama dia bareng juga sama yang lain. Adanya Arya ini ngebikin suasana pertemanan yang baru lagi karena Arya beda dari yang lain.
Arya ini pindahan dari Kalimantan, Kota yang besar. Dia juga anak orang kaya, punya mainan yang gue dan teman teman yang lain nggak punya. Makanya kita sering main dirumah Arya, karena rumahnya paling gede dan yang paling penting itu disana banyak makanan hehe.
Tetangga tetangga ini juga yang ngajarin gue banyak hal. Mulai dari belajar gosip, terutama Mamah Esa yang dikenal sebagai 'penggosip asal bakem' , gue nggak tau gelar ini bisa dibanggakan atau tidak.
Komplek Bakem ini sangat sangat bersahabat dengan yang namanya gosip, dan juga karena gosip ini tali persaudaraan semakin melebar ketika ada satu gosip dan semua orang tau, tentu saja Mamah Esa menjalankan misinya sendiri dengan awalnya ngumpul ditukang sayur Mang Edi.
Tukang sayur langganan ibu ibu yang kalau udah ngomong ngebikin Mang Edi pegel sendiri karena harus nahan gerobak tapi Ibu Ibu tetap Ibu Ibu, tak ada yang bisa mengalahkan. Mamah Esa dengan lancar menjalankan aksinya ketika Teh Imas datang dan berbicara.
"Eh, kemarin ada apa sih ribut ribut?"
Mamah Esa serasa kepancing dan langsung megang sayur bayam ditangan kanan, memicingkan mata. "Tau nggak eceu? Ih kemarin teh nya bla bla bla bla.."
Ya begitulah kira kira kronologinya.
Lalu, apakah ibu gue sering ikutan gosip?
Ahahahahah tentu saja.
Ibu gue ini bagaikan tangan kanan Mamah Esa. Slalu mencari informasi walau tetap saja Mamah Esa yang slalu dapat lebih dulu. Ditambah ibu gue juga yang ngewarung jadi kalau ada apa apa pasti kumpulnya didepan warung, sambil mengupas daun bawang. Hanya Teh Eha yang hanya diam diam polos mendengarkan, sedangkan Ibu gue dan Mamah Esa masih bersungut semangat.
Nggak lama setelah itu Teh Tia datang. Teh Tia ini adiknya Mamah Esa, memang ya gen darah itu slalu melekat. Mamah Esa yang memegang gelar 'penggosip asal bakem' dan Teh Tia mempunyai gelar 'kompor bakem' alias orang yang slalu ngomporin. Teh Tia ini agak tomboy, punya tato disebelah lengan kiri dan pergelangan kaki.
Teh Tia datang dengan semangatnya dan langsung bergabung dengan Ibu Ibu ini. Dan dengan kompor yang sudah menyala daritadi, Teh tia ngomong. "Emang bener ih, siitumah gitu bla bla bla"
Sedangkan Teh Eha, dengan mata berbinar polos mendengarkan debgan mulut yang terbuka lebar. Gue yang melihatnya hanya bisa menghela nafas merasa kasian melihat Teh Eha yang polos ini kenapa harus ada dikomplek ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
GALUH
RandomKisah seorang cewek yang bernama Galuh. Emang namanya kayak cowok tapi aslinya cewek kok.