Jam sudah menunjukan pukul 5 sore pas Aheng datang bawa martabak keju susu kesukaan gue. Itu anak satu masih banyak gaya, jalannya lebar-lebar, sombong soalnya kakinya panjang. Gue gemes banget pengen geplak kepalanya pake sarung yang lagi nangkring anteng di sofa kosan.
Aheng terus duduk di sebelah gue, senyum tapi bikin geli lo tau, kayak senyum songong gitu. "Ada ape nih, kenapa, kenapa? Sini cerita ke om."
"Gue balik ajadah anjing." Sumpah ya padahal Aheng baru ngomong tapi gue rasanya udah pengen pulang. Benci banget ni candaan begini gak lucu kalau gue lagi bete. Dan gue lagi bete.
Aheng malah cemberut. "Ngambek aja lo kayak siluman kodok. Kenapa sih? Serius nih, gue dengerin."
Gue ngedengus terus ngambil sarung, nutupin muka gue pake itu sarung abis itu ngeraung-raung kayak orang sinting. Aheng anteng aja ngedengerin gue sambil minum milk tea, unbothered banget gitu. Selesai ngeluarin unek-unek, gue rebut milk tea dari tangannya terus gue minum. "Heumm, sopan banget ya Sarah. Bagus, ajaran siapa coba itu?"
"Ajaran Hendery lah, siapa lagi." Jawaban gue itu bikin Aheng cemberut. Agak lucu sebenernya, tapi for the sake of my pride, gue gak mau bilang.
"Udah, cerita aja. Lo kenapa bebi?"
"Nama gue Sarah bukan bebi."
"Mending gue panggil bebi apa babi?"
Gue sok mikir dulu bentar. "Mending babi sih. Denger 'bebi' dari mulut lo tuh ya heng, ngeri mampus."
"Babi." Aheng noyor kepala gue yang masih cemberut. Udah biasa juga, jadi gue gak marah. Aheng ngeliat gue lagi, kali ini agak serius. "Ih serius nih, lo kenapa? Bete amat kayaknya? Abis diputusin?"
"Pacar aja gak punya, gimana mau putus." Abis ngomong begitu, gue langsung nyesel. Aheng ketawa keras banget sampe rebahan, mukanya ngeledek banget. Muka tampol-able.
"Oiya, lupa. Masih gamon dari kating gue yang anak arsi itu ya? Hahahaha."
Demi Allah gue pengen mukul kepala Aheng. Karena niat baik harus langsung dijalanin jadi yaudah gue gebuk kepalanya, bikin dia ngaduh, tapi masih tetep ketawa ngeledek. Nyebelin banget asli.
"Gue tuh heng, belakangan lagi mikir kayak... am I that unworthy of love? Kayak gue tuh jadi mikir lagi apa gue sedingin dan sebitter itu sampe gak ada yang mau sama gue." Aheng langsung berenti ketawa. Dia mendadak udah duduk tegak di depan gue, mukanya agak serius.
Aheng bangun terus ngulurin tangannya. "Mie kocok lesgo."
Gue bangun, nepis itu tangan, terus balik sandaran di sofa kosan Aheng.
"Kan ada martabak. Udah makan ini aja disini."
Aheng duduk lagi di sofa, tapi kali ini jempolnya yang gak sopan itu ngegelitikin telinga gue. "Heng kaki lo diem apa mau gue buntungin?"
"Gue mau masak mie ca, temenin yuk."
Masak mie? Aduh anjing. "Gak ada, gak ada. Gue aja yang masak, lo yang temenin."
"Ya Allah gue tuh cuma mau masak mie, kenapa pada takut banget dah kalau gue masak?"
"Hendery, lo inget gak terakhir lo masak dapur kosan lo kebakaran? Nah, gue sama barudax udah janji ya ke si ibu kos buat gak biarin lo masak sendirian lagi."
Aheng megangin dadanya dengan ekspresi terluka, sok sedih gitu deh. "Katarlaluan sia ka aing."
"Dah, cicing we lah kamu heng. Potongin cengek aja mending."
Gue jalan ke dapur duluan, dia ngikutin di belakang. Pas gue buka lemari mie-nya, Aheng masih lesu. Sebenernya gue tau Aheng bisa masak dan emang sebenernya lumayan jago, tapi dia tuhhhh paling males sama yang namanya nyuci piring. Itu sih salah satu alesan gak dibolehin masak-masak sama yang lain.
Sambil nunggu air mendidih, gue buka hp terus main gardenscapes. Aheng sibuk motongin cabe, tapi sesekali sambil ngintip hp gue.
"Ca, mau nanya serius deh."
Gue yang udah nyelesain tiga level akhirnya ngalihin pandangan ke Aheng. "Iya boleh. Mau nanya apa Heng?"
"Kalau misalnya kita gak temen, misalnya yaa, ada kemungkinan kita bisa jadian gak sih?" Padahal Aheng yang nanya, tapi dia juga yang kayak ragu sama pertanyaannya sendiri.
"Lo kemasukan setan apa mendadak nanya begitu?"
Dia ngangkat bahu. "Gak tau, sih. Gue penasaran aja. Tapi kalau ngeliat tipe-tipe cowok yang lo suka tuh gak gue banget juga, gak sih? Jadi jawabannya pasti enggak."
"Ini gue jadi mempertanyakan eksistensi gue nih kalau lo yang nanya lo juga yang jawab, Heng." Gue cemberut, terus ngeliatin cabe yang lagi diirisin Aheng. "Tapi bisa jadi sih, gue kalau suka orangnya ya gue suka."
"Bahkan kalau dia bukan anak arsi? Mantan lo kan anak arsi."
Dih anjir bodoh banget. Gue toyor aja kepalanya. "Mantan gue satu doang anjrit. Kebetulan aja dia anak arsi. Tapi ya iyalah Hendery, masa iya gue suka apa enggaknya ditentuin dari dia anak arsi atau bukan."
Aheng bikin ekspresi aneh, terus ngangkat bahu. "Siapa tau aja. Btw ini telornya masukin sekarang deh, itu airnya udah mendidih."
Telor udah dimasukin, diikutin mie sama cabe. "Tapi ya Heng, emangnya lo mau sama orang kayak gue? Gue tuh gak attractive gak sih?"
"Kata siapa? Lo tuh attractive tau. Cuma kalau lo dibandingin sama balok kayu, lebih romantis balok kayu."
"Brengseeek." Agak kesel dengernya, tapi dia bener. Jadi gue ketawa aja dan Aheng ikut ketawa kayak gak lama kemudian.
Habis itu gue sama Aheng gak ngobrolin soal topik itu lagi. Dia malah nyuruh gue mijitin bahunya, katanya pegel. Gue bilang aja dia udah kakek-kakek makanya sering encok tuh bahunya.
Gue lagi bawa mie yang baru mateng itu ke ruang tengah pas Yangyang mendadak dateng, nyomot mienya terus lari ke lantai atas.
"Heh bocaaah!" Yangyang bales teriakan Aheng itu dengan sorry kak! dan udah gitu aja. Aheng ngedengus terus mie dengan anteng. Gue gak gitu nafsu makan, jadi cuma nyeruput kuahnya sedikit-sedikit doang. Pedes. Cabenya kebanyakan.
Mie udah abis dan panci udah dicuci (gue yang nyuci, Aheng bantu doa) pas Lucas dan Dejun dateng. Kak Kun sama Kak Winwin dateng gak begitu lama setelahnya, terus gue ikut ngabisin martabak bareng mereka dan pulang ke kosan dianter Aheng naik Abraham (motor vespanya) yang hari itu luarbiasa ganteng.
Sebelum gue masuk kosan, Aheng nepuk kepala gue dua kali. "Dah ya, jangan sedih lagi. Nanti gue beliin es krim satu truk buat lo deh kalau sedih lagi."
Dengernya gue ketawa. Dia mah beneran beli setruk juga bisa. "Oke, oke. Makasih banyak Aheng udah mau nemenin gue hari ini. Besok gue beliin mie kocok Mang Asep."
"Boleh banget dong. Udah sana masuk, dah mau manghrib." Gue ngangguk terus dadah-dadah. Aheng balas ngedadahin, terus dia sama Abraham lama-lama gak keliatan lagi.
Gue tutup pager depan kosan, terus masuk ke dalem dengan suasana hati yang setidaknya, agak lebih baik dari ketika Aheng jemput gue jam 4 sore tadi.
____
Hai jadi kalau kalian liat, iya gue ganti gaya nulisnya karena ngerasa sedikit agak terlalu kaku buat cerita yang sebenernya santai banget.
Gue gatau kalian bakal lebih suka gaya nulis yang mana, tapi jujur agak lebih enjoy yang ini hehe. Regardless, semoga kalian suka yaa!
<3
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku & Aheng
Fanfiction"Sekali teman, tetap teman!" Itu kata tugu yang ada di lapangan kampusnya Aheng. Nah, itulah alasan kenapa aku dan Aheng cuma sebatas temen sampe sekarang. Temen doang ya, gak lebih! (⚠️: contain kinda a lot of harsh words!) sept 2020 - ?