Sebelum ada kesalahpahaman, gue harus ngasih tau dulu siapa itu Jingga.
Jingga itu nama anaknya adik kelas Aheng pas SMA. Iya, anak. Bukan nama adik kelasnya. Kalau nama adik kelasnya mah Terra.
Jadi cerita ini diawali dengan the very usual bestie-date di PVJ, baru beres nonton film dan lagi mau makan sambil nyari-nyari restoran yang keliatannya enak.
Pas di eskalator, ada anak kecil yang ngeliatin gue sama Aheng. Gue senyum kecil dan dadah-dadah ke si adek sementara Aheng ngeliatin doang sambil senyum. Untuk beberapa saat, gue gak gitu mikirin bakal ada apa karena yang ada di kepala gue cuma makanan.
"Lho? Terra?" Suara Aheng bikin gue nengok. Lah? Dia tau si anak kecil?
Tapi ternyata bukan si anak kecil yang dia panggil. Ternyata perempuan yang lagi gendong si anak kecil yang dia panggil. Gue ngernyit. Kok Aheng tau namanya?
"Aheng kenal sama yang gendong si adek?" Gue bisik-bisik dan dia ngangguk.
"Terra, kan? Terra ini adik kelas gue pas SMA."
"Mana gue tau?? Eh tapi lo kan SMA di Beijing?"
"Sampe semester awal kelas 11. Abis itu kan gue lanjut di Jakarta."
Gue sama Aheng sibuk ngobrol sampe gak sadar kalau Terra lagi ngeliatin dengan bingung. Pinggang Aheng gue senggol dan cowok itu balik fokus ke Terra.
"Kak Hendery? Sama pacarnya ya?"
Aheng diem, gue juga diem. Gak nyampe lima detik kemudian, gue sama Aheng udah nyangkal dengan panik. "Temen doang! Temen doang, gaada hubungan lebih dari temen."
"Bener! Kita cuma temen." Gue ikut nyangkal sambil ngangguk dan ngacungin jempol. Terra keliatan agak bingung tapi ngangguk aja.
"Oh iya aku sama Aheng— maksudnya Hendery, aku sama Hendery mau makan. Kamu mau kemana, Terra?" Akhirnya gue yang nanya lagi soalnya Aheng sibuk main sama si adek.
"Mau makan juga kak." Dia jawab sambil senyum. Manis banget.
Ya Allah ini cewek cantik banget deh. Terra ini ya, kalau kalian mau tau, CANTIK BANGET. Matanya cantik, bulu matanya lentik, kulitnya keliatan halus, mukanya keliatan ramah dan senyumnya manis banget. Cantik dah pokoknya.
Akhirnya Aheng ngomong tuh. "Kalau gitu barengan aja. Mau gak?"
Gue sih gak masalah. Terra juga gak masalah jadi yaudahlah kita bertiga jalan bareng ke sebuah restoran ramen. Selama perjalanan, Aheng sibuk ngobrol sama Terra. Gue mendadak berasa jadi orang ketiga, cuma gue diem aja. Lagian gue bingung jg kalau disuruh nimbrung.
Nah disini, pas makan ini, barulah gue tau kalau nama si adik itu Jingga dan dia anaknya Terra. Iya, anak. Anak kandung bukan keponakan.
Ini gue gak ngejudge sama sekali ya. Apalagi karena gue tau alesan Terra (dijodohin dan mau gak mau harus nikah) dibalik punya anak di umur yang masih tergolong muda. Lagian Terra keliatannya ibu yang baik kok, jadi why would I ikut campur urusan pribadinya?
Nah masalahnya gue orangnya awkward dan bingung harus ngapain atau ngerespon apa supaya kedengeran sopan. Ujung-ujungnya gue cuma ngeliatin Aheng sama Terra ngobrol. Aheng sambil gendong Jingga dan gue... ngaduk-ngaduk iced ocha dengan menyedihkan.
Ini kali ya rasanya jadi that plus one friend kalau diajak orang pacaran :(
Anywaysss, tapi abis itu mereka ngajak gue ngobrol. For approximately 5 menit abis itu ngobrol berdua lagi. Dan gue bukannya apa ya, mohon maaf nih ya, gue gak cemburu atau apa tapi halo bestie... apa gue udah berubah jadi hollow man sampe ngga dianggap ada lagi kah??
Jadi sambil setengah dongkol setengah gemes ngeliat Aheng main sama Jingga, gue cetak cetok hp ngechat kakak gue. Yang sebenernya bakal gue hindarin buat chat di hari-hari normal yang tenang karena dia dijamin bisa ruin my day in a minute on good days.
Kebetulan hari gue udah ruined, mending sekalian aja gue chat Kak Sinon. Nama aslinya sih Iqbal. Kagak tau itu Sinon dari mana cuma yaudahlahya, gue juga dari Sarah jadi Caca. Gue gak bisa berkomentar atau ngehujat. Soalnya gue juga sama aja.
Gue cuma ngechat kakak gue itu dengan halo kakakku tersayang dan gak lama kemudian, chat gue dibales dengan judes.
LAGI BIMBINGAN. JANGAN GANGGU. PERGI SONO LU.
Yak hee lah.
Padahal niat gue biar bisa memperbaiki mood gue sedikit dengan cara berantem sama kakak gue tapi tidak bapak ibu, ternyata dia juga lagi sibuk bimbingan. Jadi yaudah gue coba ngechat yang lain.
Ironisnya, malah mantan gue, Haris Abimanyu yg ngechat duluan. Minta tolong bantu cariin kado buat kakak perempuannya (yang gue kenal baik) dan kebetulan dia lagi di Bandung jadi gue suruh aja dia ke tempat gue sekarang.
Semacem minta tolong biar bisa keluar dari situasi awkward ini gitu lah.
Gue taro hp gue, ikut nimbrung sebentar sebelum ngabisin makanan gue. Jingga masih dipangku Aheng dengan lucunya, ketawa-ketawa setiap kali Aheng nunjukin muka aneh.
"Papa!"
Jingga nunjuk-nunjuk Aheng sambil ketawa dan manggil dia papa. Gue diem. Aheng diem. Terra diem. Ini... ini situasi apaan ya...
Terra ketawa kecut terus ngambil Jingga dari pangkuan Aheng. Mereka saling liat-liatan sebelum nunduk. Gue udah beneran gak tau harus apa, gak tau mau ngomong apa dan cuma bisa *stare in disbelief* sebelum balik ngeliat hp gue.
"Ca?" Gak tau gimana bisa, Aheng sama Haris manggil gue dalam waktu bersamaan. Gue langsung nengok ke Haris dan rasanya mau ngerengek karena seneng.
"Ayisss!!" Gak sengaja, gue manggil Haris pake panggilan semasa masih pacaran. Hahahahhaa I wanna hit myself.
Aheng ngeliatin Haris, bingung. "Lho Haris? Ada apa?"
"Ah? Gue kira Sarah udah bilang kalau dia mau nemenin gue nyari kado buat kakak gue. Kamu belum kasih tau Dery soal ini, Ca?"
"Ohhh iya sori gue lupa bilang Heng. Tadi lo sibuk ngobrol sama Terra, gue gak enak kalau nyela. Duluan, ya? Nanti kasih tau harga makanan gue ya? Nanti gue gantiin uangnya lewat gopay!"
Gue langsung buru-buru bangun dari duduk gue, rapihin baju dan dadah-dadah ke Jingga sebelum ngekor di belakang Haris. Sebelum keluar dari restoran, gue bisa liat Terra yang ngeliatin Aheng terus nunduk dan Aheng yang keliatan agak sinis.
Pas udah agak jauh, Haris ketawa cekikikan. "Ohh jadi gue ini tim SAR darurat ya?"
Gue pukul aja itu lengannya. "Mana ada! Gue cuma gak nyaman aja jadi third wheel dan kebetulan kamu lagi mau nyari kado buat Kak Emi, jadi yaudaaaah."
"Kamu cemburu tau, bukan gak nyaman." Haris ngerangkul gue dan gue cuma geleng-geleng sambil berdecak.
"Mana ada. Sekali teman tetap teman."
"Mana ada teman yang ngeliatin sinis pas tadi gue dateng buat jemput kamu."
Gue sama Haris saling liat-liatan sebentar, berantem tanpa suara sebelum akhirnya gue nyerah dan ikut dia jalan kaki ke parkiran tempat motornya diparkir. Katanya dia gak mau nyari kado di mall, males.
___
Hikaru Haris Abimanyu
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku & Aheng
Fanfiction"Sekali teman, tetap teman!" Itu kata tugu yang ada di lapangan kampusnya Aheng. Nah, itulah alasan kenapa aku dan Aheng cuma sebatas temen sampe sekarang. Temen doang ya, gak lebih! (⚠️: contain kinda a lot of harsh words!) sept 2020 - ?